Ruang Berita

Teknologi dan R&D

Video: Penelitian keanekaragaman hayati serangga di perkebunan kelapa sawit dalam program BEFTA


Ketika Anda membayangkan perkebunan kelapa sawit, apa yang terlintas di pikiran Anda? Apakah barisan pohon kelapa sawit yang rindang? Bagaimana dengan buah sawit berwarna oranye kemerahan yang dipanen untuk diambil minyaknya? Atau mungkin suara serangga yang hidup di antara dedaunan pohon kelapa sawit dan di dalam tanah.

Ya, itu benar – perkebunan kelapa sawit penuh dengan keanekaragaman hayati serangga, dan mereka memiliki kontribusi sangat besar terhadap keberlangsungan suatu ekosistem. Dalam upaya lebih memahami keanekaragaman hayati di perkebunan kami, tim SMART Research Institute (SMARTRI) bekerja sama dengan Departemen Zoologi Universitas Cambridge melalui program yang disebut BEFTA.

BEFTA adalah singkatan dari Biodiversity and Ecosystem Function in Tropical Agriculture, sebuah program yang bertujuan untuk mengkaji peran keanekaragaman hayati terhadap fungsi dan produktivitas ekosistem. Melalui BEFTA, para peneliti dari SMARTRI dan Universitas Cambridge melakukan studi lapangan di perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food untuk memahami cara kerja ekosistem perkebunan kelapa sawit. Pada akhirnya, tujuan perusahaan adalah untuk melakukan praktik pengelolaan habitat yang akan bermanfaat bagi keanekaragaman hayati serangga sehingga mencapai produktivitas minyak sawit yang lebih baik.

Para peneliti dalam program BEFTA dari SMARTRI dan Universitas Cambridge. Foto oleh Dr. Edgar Turner.

Dr. Edgar Turner, kurator serangga di Museum Zoologi Universitas Cambridge, dan salah satu perintis program BEFTA, berbagi pemikiran tentang pentingnya pekerjaan yang dilakukan dalam program ini.

“Jika kita dapat mengelola kelapa sawit secara berkelanjutan, jika kita dapat memaksimalkan produktivitasnya, hal ini akan menyelamatkan kawasan hutan di tempat lain. Jadi, saya melihat hal ini sebagai manfaat besar dari semua teknologi baru ini, semua pemahaman baru tersebut, termasuk pekerjaan yang telah kami lakukan bersama SMARTRI untuk memahami bagaimana keanekaragaman hayati dalam suatu ekosistem juga dapat membantu mendukung produktivitas dan keberlanjutan jangka panjang. ” Dr. Edgar Turner, Universitas Cambridge

Simak terus berbagai upaya yang dilakukan perusahaan dalam bidang penelitian berkelanjutan dengan berlangganan newsletter di sini

| | |