Kegiatan usaha kami

Perkebunan kelapa sawit PT SMART Tbk (SMART) mencakup sekitar 137.100 hektar (termasuk plasma). Aktivitas utama kami terdiri dari penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi minyak sawit (CPO) dan inti sawit (PK), hingga memprosesnya menjadi produk industri dan konsumen seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia. SMART juga mengoperasikan 16 pabrik kelapa sawit, 4 pabrik pengolahan inti sawit dan 4 pabrik rafinasi di Indonesia.

Selain minyak curah dan minyak industri, produk turunan SMART juga dipasarkan dengan berbagai merek, seperti Filma dan Kunci Mas. Saat ini, merek-merek tersebut diakui kualitasnya dan memiliki pangsa pasar yang signifikan di segmennya masing-masing di Indonesia.

rantai nilai bisnis
Per 31 Desember 2021



Golden Agri-Resources (GAR), induk perusahaan SMART yang beroperasi di bawah merek Sinar Mas Agribusiness and Food, adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia.

Perkebunan kami berlokasi di Indonesia dan kami mengelola lebih dari setengah juta hektar perkebunan kelapa sawit (termasuk plasma). GAR merupakan perusahaan agribisnis terdepan dan terintegrasi mulai dari pembenihan hingga produk akhir – termasuk penanaman kelapa sawit dengan para petani lokal hingga memproduksi produk makanan bagi masa kini dan masa depan.

Keberlanjutan merupakan bagian penting dari bisnis kami dan kami dipandu oleh Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG). KSLG adalah roadmap yang kami bagikan dengan para karyawan, petani, pemasok, dan pelanggan karena kami bekerja sama untuk mewujudkan visi GAR atas industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Singapura pada tahun 1999.

Didirikan tahun 1993, Sinar Mas Oleochemical (PT Soci Mas) memberikan solusi terpadu di bidang pasokan oleokimia dalam bentuk asam lemak, gliserin, dan sabun berbentuk mie (soap noodle).

Kantor penjualan global kami berada di Singapura, dan kami memiliki kantor perwakilan di Asia, Eropa, Amerika Utara, Afrika, Timur Tengah, dan subkontinen India.

Dengan produk berbahan lemak dan minyak alami yang diadakan secara bertanggung jawab dari minyak kelapa sawit dan minyak inti sawit, Sinar Mas Oleochemical beserta rantai pasoknya memiliki sertifikasi RSPO dan GMP untuk bahan baku kosmetik dan sertifikasi GMP+B2 untuk keamanan pangan. Semua produk kami juga memiliki sertifikasi Halal, Kosher, dan ISO (9001:2008 & 14001:2004).

Jelajahi rangkaian produk oleokimia di sini

Pabrik biodiesel kami pertama kali didirikan di bawah bendera ini pada tahun 2016, selaras dengan kebijakan biodiesel Pemerintah Indonesia. Kami mengoperasikan satu pabrik biodiesel di kawasan Jakarta dan satu pabrik lain di Kalimantan Selatan dengan total kapasitas 2.000 ton/hari.

Selengkapnya tentang produksi biodiesel dapat disimak di tautan ini.