Kemitraan sebagai landasan dalam mencapai tujuan

Perkebunan kelapa sawit yang dikelola secara bertanggung jawab adalah langkah efektif dalam menciptakan lapangan kerja dan memberantas kemiskinan, serta membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Sebagai salah satu perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia, yang umumnya beroperasi di daerah pedalaman dan terpencil, Perusahaan berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan serta kesejahteraan masyarakat luas di kawasan tempat Perusahaan beroperasi.

Akan tetapi, penerapan cara terbaik untuk mewujudkan operasi yang berkelanjutan sering kali menuntut solusi baru yang inovatif. Kami memahami bahwa hal ini hanya dapat dicapai melalui kerja sama dengan ahli terkait dan pemangku kepentingan utama.

Perusahaan melaksanakan berbagai program dalam berbagai aspek berikut ini:

Pengembangan petani kelapa sawit

Kesehatan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan

Peta interaktif di bawah ini menunjukkan proyek kemasyarakatan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Arahkan kursor ke atas titik yang bertanda khusus untuk informasi lebih lanjut.

close

Belitung (2 Desa)

Project dengan 3 desa:
Sayuran, Lada organik and kerupuk ikan

Vegetables

Sayuran

organic pepper

Lada organik

Fish Crackers

Kerupuk ikan

close

Kalimantan tengah
(15 Desa)

Project dengan 15 desa:
Padi sawah, kopi, madu, sayuran, babi, sirup rosela and ikan air tawar di Sungai Rungau

paddy-rice

Padi sawah

Vegetables

Sayuran

Coffee

Kopi

Honey

Madu

Freshwater Fish

Ikan air tawar

Roselle Syrup

Sirup Rosela

Pigs

Babi

close

Riau (15 Desa)

Project wirausaha dengan 15 desa:
Jahe merah, ikan air tawar, kambing, sayuran, pisang & tempe dan padi sawah di Siak

ginger

Jahe

goat

Kambing

Freshwater fish

Ikan air tawar

Vegetables

Sayur

Banana and Tempe

Pisang & Tempe

Paddy Rice

Padi sawah

Palm Sugar

Gula aren

close

Jambi
(3 Desa)

Project dengan 3 desa:
Padi, sayuran, tanaman obat dan herbal

Paddy Rice

Padi sawah

Vegetables

Sayuran

medical plant and herbs

Tanaman obat dan herbal

close

Kalimantan Barat
(22 Desa)

Project dengan 24 Desa:
Padi, Moringa, madu, sayuran, Ikan air tawar, babi, kambing, telur dan ayam di Kapuas Hulu

Padi

Padi sawah

Moringa

Moringa

Sayur

Sayuran

Madu

Madu

Ikan air tawar

Ikan air tawar

Ayam

Ayam

Kambing

Kambing

Telur

Telur

Program Kemitraan

Pembangunan berkelanjutan membutuhkan kemitraan kuat antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil. Banyak dari program yang kami jalankan bersifat kerja sama kemitraan. Dengan kemitraan, Perusahaan dapat memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang tepat untuk melaksanakan, meningkatkan, dan mendukung kesinambungan program secara efektif. Model kemitraan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing program.

Program rehabilitasi gambut guna menanggulangi perubahan iklim

PT SMART Tbk (SMART) bersama dengan induk perusahaan kami, Golden Agri-Resources (GAR), L’Oréal, dan SouthPole Group bekerja sama dalam program rehabilitasi dan konservasi lebih dari 2.000 hektar lahan gambut terdegradasi di anak perusahaan kami, PT Agro Lestari Mandiri (PT AMNL), yang berlokasi di Kalimantan Barat.

Program ini meliputi manajemen hidrologi dan pemulihan ekologi lahan gambut di desa sekitar. Di samping rehabilitasi lebih dari 2.000 hektar lahan gambut, 600 hektar dialokasikan untuk program mata pencaharian berkelanjutan bagi sembilan desa di sekitar konsesi. Program ini membantu penduduk desa menanam sendiri bahan pangan yang lebih bervariasi. Kelebihan hasil panen kemudian dapat dijual di pasar setempat untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Mitra

Southpole

FIELD

Transitions

Baca lebih lanjut tentang program tersebut di bawah ini:
Mata Pencaharian Alternatif
Rehabilitasi
Pencegahan Kebakaran
partnership image
Pertanian kopi milik masyarakat

Perusahaan bertujuan membangun ketahanan masyarakat pedesaan. Kami membantu desa menjamin ketahanan pangan sekaligus melestarikan lingkungan hidup. Program Konservasi Hutan Desa di Kabupaten Gunung Mas dan Seruyan mencakup pengembangan dan peningkatan budi daya kopi dan pertanian organik.

Kami juga membantu kepala desa menyusun rencana konservasi agar kawasan lindung dapat memberikan jasa ekosistem. Coka Coffee (pembeli, pengolah, dan pedagang kopi) ikut berperan dalam program SESAMA yang memberi petani pelatihan tentang budi daya kopi melalui Praktik Pertanian Berkelanjutan dan menyiapkan lahan pertanian tanpa menggunakan metode bakar.

Sampai saat ini, empat desa (dua desa di Kabupaten Gunung Mas dan dua di Kabupaten Seruyan) telah menerima bantuan teknis dan finansial kami serta mitranya, Wageningen University (WUR), untuk mengembangkan lebih banyak lahan pertanian organik dan kopi.

Mitra

Wageningen University & Research

Proyek tanaman kelor
Pada tahun 2014, anak perusahaan GAR, yaitu PT Kartika Prima Cipta (PT KPC), menggandeng Yayasan Dian Desa untuk membantu masyarakat sekitar dalam budi daya, pemrosesan, hingga pemasaran produk jadi tanaman kelor. Pada tahun 2019, masyarakat setempat telah menanam lebih dari 23.000 bibit dan menghasilkan produk seperti serbuk daun kelor, serbuk batang kelor, serbuk biji kelor,dan serbuk kulit biji kelor untuk dijual.

Proyek ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial (CSR), yang juga mencakup rintisan skema pertanian organik dan kegiatan lain dalam rangka memperluas dan menambah sumber penghasilan masyarakat.

Mitra

Yayasan Dian Desa

Program pemetaan petani

Perusahaan bekerja sama dengan Neste, salah satu konsumen terbesar Perushaan, dalam meningkatkan keberlanjutan petani kelapa sawit independen, dengan memberikan Sertifikasi Kelompok Tani untuk memperoleh pasokan minyak kelapa sawitminyak kelapa sawit besertifikasi. Program ini berlangsung di Indonesia dan difokuskan pada kelompok tani di Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Tujuan kami adalah membimbing petani independen dalam menerapkan praktik berkelanjutan serta mendapatkan akses pasar yang lebih luas. Hal ini sejalan dengan kebijakan keberlanjutan Perusahaan dan Neste.

Partners

Neste

SPKS

Proyek Pedesaan untuk untuk petani kelapa sawit
(Smallholder Rurality Project)
PT SMART Tbk (SMART), Nestlé, dan Earthworm Foundation berkolaborasi untuk membantu petani di Langga Payung, Sumatera. Kami memetakan perkebunan petani sawit dan melatih masyarakat di tiga desa tentang teknik Pemetaan Partisipatif untuk Tata Guna Lahan dalam rangka pembangunan kapasitas masyarakat.

Perusahaan juga memberikan pelatihan tentang pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal yang ada serta teknik pertanian terbaik yang dapat meningkatkan hasil serta kesehatan tanah. Petani juga diberdayakan agar dapat berbagi pengetahuan dengan warga masyarakat yang lain.

Kami membuat plot percontohan program hortikultura dalam rangka mendorong diversifikasi mata pencaharian serta memperkuat ketahanan pangan. Tanaman baru yang diperkenalkan adalah jagung manis, tomat, kacang merah, kacang tanah, bawang, dan padi.

Mitra

Nestlé

Earthworm Foundation

Pelajari lebih lanjut tentang Smallholder Rurality Project

Penilaian HAM

Bekerja sama dengan Nestlé, Danish Institute of Human Rights, dan Earthworm Foundation, GAR  mengadakan penilaian ketenagakerjaan di empat pabrik pemasok yang meyuplai salah satu pabrik rafinasinya, yaitu PT SMART Tbk Belawan.

Program ini mengevaluasi kondisi terkini serta implementasi peraturan ketenagakerjaan di lima pemasok Nestle-GAR yang berlokasi di Sumatera, Riau, dan Kalimantan.

Kami memetakan dan mengidentifikasi petani sawit independen serta sumber penghasilan alternatifnya, dan saat ini membantu mereka mencari mitra untuk meningkatkan skala perkebunan mereka.

Mitra

Neste

Danish Institute of Human Rights

Prakarsa Kehidupan Pedesaan yang Layak (Decent Rural Living Initiative)

Program Decent Rural Living Initiative (DRLI) dimulai pada tahun 2017. Perusahaan berkolaborasi dengan Wilmar, Sime Darby, Cargill, dan Musim Mas dalam rangka menangani berbagai isu terkait HAM dan hal-hak pekerja dalam industri sawit di Indonesia.

Empat aspek potensial untuk kolaborasi mencakup:

  1. Membuat program kesadaran hak, yang berfokus pada kesehatan dan keselamatan kerja
  2. Meningkatkan konektivitas telekomunikasi di pedesaan
  3. Memprakarsai proses dialog sosial dengan pekerja dan serikat pekerja di Sumatera Selatan dalam rangka pengesahan Perjanjian Kerja Bersama
  4. Meningkatkan kesejahteraan keluarga di lahan konsesi

Solusi kolaboratif ini membawa tiga hasil berikut:

  1. Berbagi data di dalam kelompok kolaborasi untuk mengimplementasikan solusi pada skala yang lebih besar serta memetik pelajaran dari praktik baik yang telah dilaksanakan peserta
  2. Menyediakan perangkat untuk memahami dan mengukur dampak jangka panjang dari program yang ada
  3. Setiap komponen saling melengkapi komponen lainnya dan bersama-sama memberikan kontribusi dalam mendukung program DRLI secara nyata dan sistematis

Itulah beberapa program yang memungkinkan Anda untuk berkontribusi langsung agar dapat membawa dampak positif bagi kehidupan. Jika tertarik mendukung salah satu program atau menjadi sponsor bersama untuk suatu program, kirimkan email ke [email protected]

Memberships

AVPN
Kami adalah anggota AVPN, yaitu pembangun ekosistem untuk sektor investasi sosial. Misi AVPN adalah pemanfaatan sumber daya secara efektif dalam rangka menghadapi tantangan sosial utama di Asia saat ini dan masa yang akan datang.Kami melakukan upaya bersama AVPN untuk mewujudkan investasi dan kemitraan yang berdampak positif dengan tujuan meningkatkan keberlanjutan dan kualitas program CSR.

AVPN
Food Industry Asia (FIA)

Sebagai produsen bahan baku dan makanan, Perushaan merupakan bagian dari FIA, yaitu sebuah inisiatif bersama perusahaan makanan dan minuman terkemuka. FIA bertujuan meningkatkan peran industrinya sebagai mitra tepercaya dalam merumuskan kebijakan berbasis sains di kawasan Asia.

FIA
Global Agribusiness Alliance (GAA)

GAA adalah aliansi sektor swasta internasional yang bertujuan mendayagunakan kemampuan kolektif yang dimiliki sektor agribisnis global dalam menghadapi tantangan lingkungan, sosial, dan keberlanjutan guna menguatkan ketahanan petani di seluruh dunia.

Perusahaan duduk di dalam keanggotaan komite pengarah dan memimpin kelompok kerja bidang kesejahteraan petani di GAA.

GAA
High Carbon Stock Approach (HCSA)

Kami adalah pemrakarsa HCSA melalui kemitraan dengan Earthworm Foundation dan Greenpeace pada tahun 2011. Saat ini, HCSA adalah metode yang sudah teruji yang membedakan kawasan hutan untuk dilindungi dan dilestarikan dari lahan terdegradasi dengan nilai karbon dan keanekaragaman hayati rendah yang bisa dikembangkan. Pendekatan ini telah dipercaya dan diterima secara luas untuk melaksanakan komitmen pada upaya mengentikan laju deforestasi di daerah tropis, sekaligus menjamin hak dan penghidupan masyarakat lokal.

Kami adalah anggota HCSA Executive Committee dan berbagai kelompok kerja yang terus berupaya mengembangkan pendekatan ini serta menerapkannya secara praktis dan efektif.

HCSA
High Conservation Value Resource Network
(High Conservation Value Resource Network) HCVRN
HCVRN adalah organisasi berbasis keanggotaan yang berjuang untuk melindungi Nilai Konservasi Tinggi di daerah tempat ekspansi kegiatan kehutanan dan pertanian yang dapat membahayakan kawasan hutan penting, keanekaragaman hayati, serta penduduk setempat. Jaringan ini dibentuk oleh organisasi-organisasi yang menerapkan dan mendukung Pendekatan NKT.Kami duduk dalam kepengurusan yang bertanggung jawab memantau kesinambungan pengembangan standar dan kinerja organisasi.

HCVRN
PISAgro

PISAgro bertujuan mendorong kemitraan publik-swasta sebagai cara yang hemat biaya dalam memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat luas di Indonesia. PISAgro memiliki 10 kelompok kerja yang meliputi sawit, hortikultura, dan kedelai.

Kami merupakan anggota kelompok kerja PISAgro yang menangani peningkatan hasil pertanian/perkebunan.

PISAgro
Tropical Forest Alliance (TFA)

Kami adalah anggota aktif TFA sebawai wadah kemitraan publik-swasta di tingkat global. Anggota bertindak sukarela, secara individual maupun kolektif, untuk mengurangi deforestasi di kawasan tropis yang terkait dengan pengadaan komoditas seperti minyak kelapa sawitminyak kelapa sawit, kedelai, daging sapi, serta pulp dan kertas

tfa