Keberlanjutan bermula sejak dini

PT SMART Tbk bersama dengan induk perusahaan kami, Golden Agri-Resources (GAR), memahami bahwa untuk memenuhi komitmen keberlanjutan, bahan baku (sawit maupun non-sawit) harus diadakan dari pemasok bertanggung jawab yang menerapkan standar tinggi dalam produksi seperti kami. Praktik pengadaan Perusahaan bisa dilihat dari pedoman yang ada di KSLG dan Kebijakan Pengadaan yang Bertanggung jawab (Responsible Sourcing Policy).

Kami menegaskan pentingnya pedoman tersebut kepada semua pemasok, dan menanamkan investasi penting beserta sumber daya yang diperlukan untuk membantu rantai pasok melakukan perubahan dan perbaikan.

Tempat pembelian kami

Sebagai perusahaan agrobisnis sawit, sebagian besar bahan baku kami bersumber dari produk sawit. Minyak sawit mentah (CPO) dan minyak inti sawit (PK) diadakan dari 46 pabrik kelapa sawit (PKS) milik GAR dan lebih dari 400 PKS pihak ketiga di Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan, Perusahaan sedang berupaya untuk mencapai 100% kemamputelusuran. Untuk memastikan pemasok pihak ketiga beserta agen dan petani kelapa sawit mematuhi pedoman yang kami berlakukan, dibutuhkan adanya peran serta pemasok, evaluasi, dan pelatihan yang ekstensif.

responsible sourcing

Mendukung petani swadaya kelapa sawit

Petani swadaya kelapa sawit adalah bagian penting dalam rantai pasok sawit di Indonesia. Lebih dari dua juta petani mengelola sekitar 40% dari total area perkebunan kelapa sawit di negara ini. Perusahaan meyakini bahwa peningkatan kesejahteraan petani swadaya yang disertai penanaman praktik yang bertanggung jawab adalah kunci dalam peningkatan industri sawit.

Petani plasma

Selama hampir tiga dekade, Program Plasma kami telah membantu sekitar 70.000 petani plasma dalam menerapkan praktik pertanian yang bertanggung jawab. Kami bukan pemilik perkebunan mereka, tetapi kami memasukkan petani plasma dalam sistem manajemen Perusahaan. Kami menyediakan benih dengan tingkat produktivitas tinggi serta pupuk berkualitas kepada petani plasma, dan memberikan pelatihan tentang praktik pertanian yang baik secara teratur. Pada tahun 2019, petani binaan mampu menghasilkan CPO sekitar 4,8 ton/hektar, yang tergolong sebagai capaian tertinggi di Indonesia.

responsible sourcing

Petani swadaya sawit independen

Kami juga membantu ribuan petani swadaya independen melalui prakarsa bantuan teknis dan finansial sebagai bagian dari misi transformasi industri sawit.

Peremajaan tanaman menggunakan benih produktivitas tinggi dan berkualitas merupakan fokus kami bersama petani swadaya independen. Meskipun demikian, hilangnya potensi pendapatan saat menunggu tanaman baru agar bisa menghasilkan sering menghalangi banyak petani swadaya dalam melakukan peremajaan yang dibutuhkan guna meningkatkan penghasilan dari tanaman mereka.

Program Peremajaan Tanaman untuk Petani Swadaya Independen memberikan akses pembiayaan kepada petani yang dapat membantu menopang kehidupan mereka selama empat tahun, yaitu masa yang dibutuhkan sampai tanaman baru bisa menghasilkan. Sejak tahun 2014, Sinar Mas Agribusiness and Food telah membantu petani swadaya independen dalam memperoleh pinjaman sebesar hampir Rp 400 miliar dari bank-bank milik pemerintah.

Secara khusus, Perusahaan telah memberikan bantuan dan kredit bebas bunga kepada petani swadaya independen melalui Program Pengembangan Petani Sawit di Kalimantan Timur sejak tahun 2013. Petani dapat memperoleh benih berproduktivitas tinggi, pupuk dan herbisida, serta akses untuk penyewaan alat berat di bawah harga pasar. Hingga saat ini, kami telah menyalurkan pencairan dana sebesar lebih dari Rp 30 miliar dalam bentuk pinjaman bebas bunga dan bantuan lain.

responsible-sourcing
Baca lebih lanjut tentang upaya kami dalam membantu petani sawit