Tentang kami

Komite Audit

Komite Audit (“KA”) membantu Dewan Komisaris dalam menjalankan fungsi pengawasannya. Tanggung jawab KA adalah menilai apakah laporan keuangan dan operasional yang dibuat oleh Direksi dapat diandalkan, juga untuk memastikan bahwa kebijakan pengendalian serta penegakan hukum dan peraturan telah diterapkan dalam bisnis Perusahaan.

KA beranggotakan para profesional independen dan diketuai oleh Komisaris Independen. KA bertindak independen dalam melaksanakan tugas dan tanggung-jawabnya.

KA melaksanakan tugas mereka sesuai dengan Piagam Komite Audit dan Kode Etik yang telah disetujui oleh Dewan Komisaris.

Saat ini, KA terdiri dari tiga anggota yang akan menjabat sampai dengan 2020. Anggota dari KA adalah sebagai berikut:

Ketua : Prof. DR. Susiyati B. Hirawan
Anggota : Herawan Hadidjaja
Anggota : Ketut Sanjaya

  • Prof. DR. Susiyati B. Hirawan

    Ketua Komite Audit

    Ibu Susiyati B. Hirawan, 70 tahun, Warga Negara Indonesia, pertama kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen pada RUPST Perseroan tanggal 15 Mei 2008. Beliau juga ditunjuk sebagai ketua Komite Audit oleh Dewan Komisaris Perseroan pada 28 Juli 2010. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Duta Pertiwi Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, dan PT Puradelta Lestari Tbk. Beliau juga adalah pengajar di tingkat sarjana dan pascasarjana (program magister dan doktoral) pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 1972.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri seminar yang bertajuk Maximising Collaboration, Optimising Opportunities dan Overcoming Challenges, Maximising Profits yang keduanya diselenggarakan oleh Malaysian Palm Oil Council (MPOC); the 12th Indonesian Palm Oil Conference and 2017 Price Outlook bertopik Palm Oil Development: Harmonising Market, Society and the State yang diadakan oleh GAPKI; forum diskusi mengenai Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; Prospek dan Tantangan Perekonomian Indonesia; serta sosialisasi “Yuk Nabung Saham” bersama BEI. Beliau juga menghadiri konferensi bertajuk Inovasi Rantai Nilai Sektor Agro dalam Mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk Petani yang diselenggarakan oleh KADIN, ISEI dan PISAgro.

    Beliau memperoleh gelar sarjana dari Universitas Indonesia jurusan Ekonomi Perusahaan serta memperoleh gelar Diploma in Development of Finance, Master of Social Science in Development Administration dan Doctor of Philosophy in School of Public Policy dari University of Birmingham, Inggris. Pada tahun 2006, beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap pada Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

    Beliau pernah menduduki posisi Komisaris di beberapa perusahaan milik negara seperti PT (Persero) ASABRI, PERUM PERUMNAS, PT Pupuk Sriwijaya, PT Danareksa dan Komisaris Utama PT Rekayasa Industri. Beliau menjabat sebagai Deputi Bidang Ekonomi, Sekretaris Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 2000 sampai dengan 2007. Karir beliau di lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia dimulai sebagai Kepala Biro Analisa Keuangan Daerah pada tahun 1992 dan kemudian menjabat sebagai Direktur Jendral Lembaga Keuangan pada tahun 1998 sampai 2000. Beliau pernah menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. Selain itu, beliau juga pernah mengajar di beberapa universitas seperti Universitas Tarumanagara, STEKPI dan Lembaga Administrasi Negara.

    Ibu Susiyati B. Hirawan tidak mempunyai saham baik langsung maupun tidak langsung pada Perseroan; tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama dan pengendali Perseroan; serta tidak mempunyai  hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.


  • Herawan Hadidjaja

    Anggota Komite Audit

    Bapak Herawan Hadidjaja, 65 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai anggota Komite Audit oleh Dewan Komisaris Perseroan pada tanggal 29 April        2015. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai anggota Komite Audit di PT Dian Swastatika Sentosa Tbk, PT Duta Pertiwi Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk dan PT Sinar Mas Multiartha Tbk, Komisaris PT OTO Multiartha, PT Summit Oto Finance dan PT OKI Pulp and Paper Mills.

    Pada tahun 2016, beliau menghadiri beragam seminar dan konferensi, di antaranya yaitu seminar yang diselenggarakan oleh Malaysian Palm Oil Council (MPOC) yang bertajuk Maximising Collaboration, Optimising Opportunities; dan Overcoming Challenges, Maximising Profits. Beliau juga menghadiri 2016 Risk and Governance Summit dengan topik Ethical Governance: the Soul of Sustainability yang diadakan oleh OJK; the 12th Indonesian Palm Oil Conference and 2017 Price Outlook bertajuk Palm Oil Development: Harmonising Market, Society and the State yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (“GAPKI”); konferensi tentang Inovasi Rantai Nilai Sektor Agro dalam Mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk Petani yang diadakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (“KADIN”), Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (“ISEI”) dan Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture (“PISAgro”); forum diskusi yang membahas tentang Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; Prospek dan Tantangan Perekonomian Indonesia; serta sosialisasi “Yuk Nabung Saham” bersama BEI.

    Beliau memperoleh gelar Bachelor of Mathematics dari University of Waterloo, Ontario, Kanada pada tahun 1975 dan Bachelor of Commerce dari University of Windsor, Ontario, Kanada pada tahun 1976. Beliau pernah menjabat sebagai Senior Marketing Officer PT Orient Bina Usaha Leasing, Kepala Bagian Akuntansi dan Asisten Manajer Pemasaran PT Laurel Pharmaceutical Industry, Manajer Akuntansi Continental Oil Company of Indonesia (CONOCO-Indonesia), Direktur Utama PT Sinar Mas Multiartha Tbk, Komisaris PT Certis Cisco (dahulu PT Cisco Mas Sekurititama), Komisaris Utama PT Sinar Mas Multifinance dan PT AB Sinar Mas Multifinance serta Direktur Utama PT OKI Pulp and Paper Mills.

    Bapak Herawan Hadidjaja tidak mempunyai saham baik langsung maupun tidak langsung pada Perseroan; tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama dan pengendali Perseroan; serta tidak mempunyai  hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan


  • Ketut Sanjaya

    Anggota Komite Audit

    Bapak Ketut Sanjaya, 65 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai anggota Komite Audit oleh Dewan Komisaris Perseroan pada tanggal 29 Oktober 2015. Beliau saat ini juga menjabat sebagai anggota Komite Audit PT Bank Sinarmas Tbk serta Komisaris Independen dan anggota Komite Audit PT Golden Energy Mines Tbk.

    Pada tahun 2016, beliau menghadiri the 12th Indonesian Palm Oil Conference and 2017 Price Outlook bertajuk Palm Oil Development: Harmonising Market, Society and the State yang diadakan oleh GAPKI; konferensi tentang Inovasi Rantai Nilai Sektor Agro dalam Mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk Petani yang diselenggarakan oleh KADIN, ISEI dan PISAgro; forum diskusi yang membahas tentang Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; Hal-Hal tentang Pengampunan Pajak; serta sosialisasi “Yuk Nabung Saham” bersama BEI.

    Beliau memperoleh gelar sarjana dari Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 1977, dan gelar Master dari Arthur D. Little, Management Education Institute, Boston, Amerika Serikat pada tahun 1984.  Selama 30 tahun beliau meniti karirnya di Bank Indonesia dengan posisi terakhir sebagai Peneliti Senior dan Direktur Pengawasan Bank. Beliau juga pernah menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Barclays Indonesia.

    Bapak Ketut Sanjaya tidak mempunyai saham baik langsung maupun tidak langsung pada Perseroan; tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama dan pengendali Perseroan; serta tidak mempunyai  hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.