Membantu pemasok untuk berkembang, secara berkelanjutan

Kami memperoleh minyak sawit mentah dan minyak inti sawit untuk kegiatan usaha hilir dari pabrik kelapa sawit (PKS) milik sendiri serta lebih dari 400 PKS pihak ketiga. Bahan baku untuk PKS ini dipasok dari perkebunan inti Perusahaan, perkebunan pihak ketiga, ribuan petani perorangan, serta agen dan pengepul yang membeli dari petani.Jumlah pemasok ini sangatlah besar. Dengan membantu para pemasok agar dapat beroperasi secara lebih efisien dan berkelanjutan, kami akan mampu mentransformasi industri sawit sehingga terus berkembang dan lebih bertanggung jawab.

Jasa dan program pendukung

Kami bekerja sama dengan pemasok sawit untuk membantu mereka memenuhi dan menjaga kepatuhan pada Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG), meningkatkan produktivitas dan hasil panen melalui praktik agronomi yang baik, menjaga kemamputelusuran rantai pasok mereka, dan banyak lagi. Kami melakukannya melalui berbagai inisiatif.
Keterlibatan peran yang lebih luas
1
SMARTSEED (Social and Environmental Excellence Development)

SMARTSEED adalah forum tahunan bagi pemasok tempat mereka dan pemangku kepentingan industri terkait diundang untuk membahas isu keberlanjutan di industri sawit serta berbagi praktik terbaik. SMARTSEED membantu pemasok meningkatkan kesadaran umum tentang praktik industri yang bertanggung jawab, serta membangun jaringan bersama pemangku kepentingan lainnya.

2
Layanan bantuan 24 jam bagi pemasok lewat email

Pemasok dapat bertanya atau meminta bantuan lewat support@sinarmas-agri.com.

3
Perangkat transformasi

Silakan mengakses penilaian mandiri pemasok, template, formulir, referensi, video, tolok ukur, dll. di situs kami (lihat di bawah). Materi tambahan lain bisa diperoleh sesuai permintaan melalui email ke alamat ini.

deep engagement

Keterlibatan peran secara mendalam
1
SMART SPOT (Sustainable Palm Oil Training)

SMART SPOT adalah pelatihan yang mengusung tema tertentu yang diprakarsai Perusahaan, dengan melibatkan sejumlah pemasok yang menghadapi isu serupa dan/atau di daerah yang sama. Kami juga sering melibatkan pemangku kepentingan lain, seperti pemerintah dan organisasi/lembaga swadaya masyarakat (LSM). Pendekatan ke lebih dari satu pihak yang dijalankan SMART SPOT sangat mendukung tercapainya solusi bersama melalui diskusi kelompok.

2
SMART STAR (Supplier Training for Action Request)

SMART STAR adalah pelatihan privat yang diberikan sesuai permintaan pemasok. Pelatihan ini hanya terdiri dari satu sesi pelatihan yang berfokus pada satu aspek, dan dapat dilaksanakan di kantor kami atau lokasi yang ditentukan pemasok.

Kutai
Smart deal
3
SMART DEAL (Development by Engagement, Action and Learning)

SMART DEAL merupakan program pelatihan mendalam tentang isu yang menjadi prioritas sesuai penilaian internal terhadap pemasok. Pelatihan ini terdiri dari beberapa lokakarya intensif dan verifikasi terhadap pemasok tentang cara memperbaiki praktiknya agar lebih berkelanjutan. SMART DEAL dilaksanakan di lokasi pemasok melalui beberapa kunjungan selama program berjalan.

4
SMART Reach (Remote Engagement, Assessment and Conference Call from Home)

Kami melakukan penilaian pemasok secara sistematis dan mengadakan kunjungan lokasi bagi pemasok prioritas untuk mengidentifikasi aspek perbaikan yang dibutuhkan. Selama masa pandemi, dengan berlakunya pembatasan perjalanan, SMART Reach memungkinkan kami agar tetap terhubung dengan pemasok secara virtual. Ketahui lebih lanjut cara kerja kunjungan lokasi jarak jauh ini.

Dukungan bagi petani

Dengan kurang lebih dua juta petani yang mengontrol lebih dari 44 persen perkebunan kelapa sawit di Indonesia, petani merupakan mata rantai pasokan penting dan sekaligus pemangku kepentingan kunci dalam perjalanan keberlanjutan kami.Kami juga membantu petani-petani independen mendapatkan pinjaman bebas bunga selama masa penanaman kembali melalui Program Peremajaan Petani Independen. Dengan menjalankan program ini untuk menopang penghidupan petani selama masa tanaman belum menghasilkan, mereka akan terdorong untuk meremajakan lahan dengan benih unggul untuk produktivitas lahan yang lebih tinggi. Informasi selengkapnya bisa didapatkan di Laporan Tahunan Terintegrasi kami.

Support for smallholder

Penanganan keluhan dan dukungan

Keluhan adalah masalah atau pengaduan yang diangkat pihak eksternal. Kami mendukung pemasok yang terlibat atau disinggung dalam keluhan yang disampaikan oleh pemangku kepentingan eksternal. Bergantung sifat kasusnya, kami dapat memberikan bantuan mulai dari analisis spasial, kunjungan lokasi, dan penyiapan rencana tindakan perbaikan.

Referensi

Dokumen yang dapat diunduh Tautan Beguna
Formulir pendaftaran pemasok produk CPO/PK
Peraturan pemerintah Indonesia
Formulir pendaftaran pemasok produk PKO
Daftar periksa Penilaian Mandiri Pemasok
Daftar regulasi ISPO
Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG)
Pedoman penerapan kemamputelusuran
RSPO
Penanganan keluhan: Yang perlu Anda ketahui