Tentang kami

Dewan Komisaris

Dewan Komisaris adalah organ Perseroan yang mengawasi kebijakan Direksi dan memberikan saran kepada Direksi dalam melaksanakan tugas manajemennya.

Dewan Komisaris bekerja berdasarkan Piagam Dewan Komisaris dan Kode Etik Perusahaan. Piagam Dewan Komisaris merupakan pedoman yang mengikat bagi setiap anggota Dewan Komisaris untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka secara efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Secara umum, tugas utama Dewan Komisaris adalah sebagai berikut:

  • Mengawasi kebijakan pengurusan dan pelaksanaannya serta memberikan nasihat kepada Direksi;
  • Membentuk komite-komite untuk mendukung efektivitas pelaksanaan tugas Dewan Komisaris serta melakukan evaluasi atas kinerja masing-masing komite;
  • Menyelenggarakan RUPST dan RUPS lainnya sesuai peraturan perundang-undangan dan Anggaran Dasar; dan
  • Mengambil alih sementara pengurusan Perseroan jika Perseroan tidak memiliki seorangpun anggota Direksi.

Berdasarkan Anggaran Dasar, Dewan Komisaris terdiri dari sedikitnya tiga anggota, di mana penunjukkan dan pemberhentiannya dilakukan melalui RUPS. Masa jabatan Dewan Komisaris berakhir pada saat penutupan RUPST yang ke-lima setelah tanggal pengangkatan.

Sesuai keputusan RUPST tanggal 9 Juni 2015, Dewan Komisaris terdiri dari delapan anggota yang akan menjabat hingga RUPST tahun 2020.  Empat anggota Dewan Komisaris merupakan Komisaris Independen.  Hal ini sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI), yang mengharuskan lebih dari 3o%  dari jumlah anggota Dewan Komisaris merupakan Komisaris Independen.

Anggota Dewan Komisaris Perseroan adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama : Franky Oesman Widjaja
Wakil Komisaris Utama : Muktar Widjaja
Wakil Komisaris Utama : Budi Wijana
Komisaris  : Rafael Buhay Concepcion, Jr.
Komisaris Independen : Prof. Dr. Teddy Pawitra
Komisaris Independen : Prof. Dr. Susiyati B. Hirawan
Komisaris Independen : Drs. Endro Agung Partoyo
Komisaris Independen : Hikmahanto Juwana, S.H.
  • Franky Oesman Widjaja

    Komisaris Utama

    Bapak Franky Oesman Widjaja, 59 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai Komisaris Utama berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (”RUPST”) Perseroan tanggal 9 Juni 2015. Beliau juga menjabat sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan, serta Komisaris Utama PT Dian Swastatika Sentosa Tbk dan PT Plaza Indonesia Realty Tbk.

    Beliau terlibat aktif dalam berbagai organisasi, dan saat ini menjabat sebagai Co-Chairman Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture (”PISAgro”); Co-Chair World Economic Forum (“WEF”): Grow Asia, dan anggota WEF: Global Agenda Trustee bidang Ketahanan Pangan dan Pertanian Dunia. Selain itu beliau juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (“KADIN”) bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan; anggota Dewan Pembina Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (“GAPKI”); anggota Dewan Pengarah Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI); anggota Dewan Penasehat Asosiasi Emiten Indonesia (AEI); serta anggota Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO).

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri berbagai seminar, konferensi, dan rapat pimpinan nasional, baik dalam kapasitasnya sebagai pembicara maupun peserta, antara lain: International Conference on Oil Palm and Environment (ICOPE) ke-5 dengan topik Sustainable Palm Oil and Climate Change: the Way Forward through Mitigation and Adaptation yang diselenggarakan oleh PT SMART Tbk bersama dengan Centre de Coopération Internationale en Recherche Agronomique pour le Développement (“CIRAD”) dan World Wildlife Fund (“WWF”) Indonesia; konferensi bertajuk Inovasi Rantai Nilai Sektor Agro dalam Mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk Petani yang diselenggarakan oleh KADIN, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (“ISEI”) dan PISAgro; Annual Grow Asia Forum ke-3 dengan topik Improving Agribusiness Sector Addressing the World’s Food Demand yang diadakan oleh WEF; Rapat Pimpinan Nasional KADIN bertajuk Pemerintah Bersama Dunia Usaha Mendorong Percepatan Laju Pertumbuhan Sektor Riil; serta sosialisasi “Yuk Nabung Saham” bersama PT Bursa Efek Indonesia (“BEI”)

    Beliau memperoleh gelar Bachelor of Commerce dari Universitas Aoyama Gakuin, Jepang pada tahun 1979. Beliau memiliki berbagai pengalaman manajerial dan operasional yang luas yang diperolehnya dari posisinya di berbagai bisnis, seperti kertas, properti, kimia, telekomunikasi, jasa keuangan dan agribisnis. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama PT SMART Tbk, serta anggota Dewan Komisaris di PT Duta Pertiwi Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk dan PT Puradelta Lestari Tbk.

    Bapak Franky Oesman Widjaja memiliki hubungan afiliasi dengan Bapak Muktar Widjaja, Wakil Komisaris Utama; PT Purimas Sasmita, pemegang saham utama; dan Golden Agri-Resources Ltd. (“GAR”), pemegang saham pengendali.

  • Muktar Widjaja

    Wakil Komisaris Utama

    Bapak Muktar Widjaja, 62 tahun, Warga Negara Indonesia, ditunjuk sebagai Wakil Komisaris Utama berdasarkan RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015. Beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Duta Pertiwi Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, dan PT Puradelta Lestari Tbk.

    Pada tahun 2016, beliau berpartisipasi dalam seminar bertajuk 2016 Market Outlook yang dipresentasikan oleh Bank Julius Baer & Co. Ltd. (Singapore) dan diselenggarakan oleh PT Sinarmas Sekuritas; serta lokakarya bertajuk Dana Investasi Real Estate yang diadakan oleh Jakarta Property Institute.

    Beliau memperoleh gelar Bachelor of Commerce dari Universitas Concordia, Kanada pada tahun 1976. Beliau mengawali karirnya dengan bergabung dalam bisnis keluarga kemudian berkecimpung di bidang properti sejak tahun 1986. Selama kurun waktu tahun 1982 sampai 2008, beliau memegang beberapa jabatan penting di berbagai perusahaan di industri properti, jasa keuangan, agribisnis, kimia, dan kertas. Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama di Perseroan, anggota Direksi pada PT Duta Pertiwi Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk dan PT Tjiwi Kimia Tbk, serta anggota Dewan Komisaris di PT Sinar Mas Multiartha Tbk, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk serta PT Dian Swastatika Sentosa Tbk.

    Bapak Muktar Widjaja memiliki hubungan afiliasi dengan Bapak Franky Oesman Widjaja, Komisaris Utama, dan GAR, pemegang saham pengendali.

  • Budi Wijana

    Wakil Komisaris Utama

    Bapak Budi Wijana, 58 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai Wakil Komisaris Utama pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015.

    Pada tahun 2016, beliau menghadiri International Conference on Oil Palm and Environment (ICOPE) ke-5 dengan topik Sustainable Palm Oil and Climate Change: the Way Forward through Mitigation and Adaptation yang diselenggarakan oleh PT SMART Tbk bersama dengan CIRAD dan WWF Indonesia; CEO Forum bertajuk 2016 Economic Outlook yang diadakan oleh Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ; dan forum diskusi bertajuk Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016.

    Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta pada tahun 1986 dan memperoleh gelar Magister Manajemen dari Universitas Tarumanagara, Jakarta pada tahun 1995. Beliau memulai karirnya sebagai auditor pada Kantor Akuntan Publik Atmaja & Co. dan bergabung dengan PT SMART Tbk pada tahun 1989 sebagai Manajer Akuntansi hingga diangkat menjadi Direktur pada tahun 2003.

    Bapak Budi Wijana memiliki hubungan afiliasi dengan PT Purimas Sasmita, pemegang saham utama.

  • Rafael Buhay Concepcion, Jr.

    Komisaris

    Bapak Rafael Buhay Concepcion, Jr., 50 tahun, Warga Negara Filipina, ditunjuk sebagai Komisaris pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015.  Beliau juga menjabat sebagai anggota Komite Nominasi dan Remunerasi Perseroan.

    Pada tahun 2016, beliau menghadiri CEO Forum bertajuk 2016 Economic Outlook yang diselenggarakan oleh Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ; Innovation Forum berjudul Indonesia in a Digital World yang diadakan oleh McKinsey & Company; Barclays Asia Forum 2016 dengan topik Change is the Only Constant; dan juga berbagai lokakarya yang diselenggarakan Perseroan di antaranya tentang: Finance Leadership Visioning and Allignment yang merupakan kerja sama dengan Accenture; serta sosialisasi  “Yuk Nabung Saham” bersama BEI.

    Beliau memperoleh gelar Bachelor of Science in Economics dari University of the Philippines pada tahun 1988. Melalui beasiswa dari SGV Filipina, beliau memperoleh gelar Master in Business Management dari Asian Intitute of Management, Filipina pada tahun 1992. Beliau memulai karirnya sebagai corporate planning di San Miguel Corporation, Filipina kemudian bergabung di Pilipinas Shell Petroleum Corporation di mana beliau bekerja di proyek regional dan mempunyai pengalaman sebagai corporate and financial planning. Beliau bergabung dengan PT SMART Tbk sejak tahun 1997 dan menjabat sebagai Direktur pada tahun 2004.

    Bapak Rafael Buhay Concepcion, Jr. memiliki hubungan afiliasi  dengan GAR, pemegang saham pengendali.

  • Prof. Dr. Teddy Pawitra

    Komisaris Independen

    Bapak Teddy Pawitra, 81 tahun, Warga Negara Indonesia, pertama kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen pada RUPST Perseroan tanggal 20 Juni 2002. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi (“KNR”) Perseroan, Komisaris Independen dan Ketua KNR PT Duta Pertiwi Tbk dan PT Bumi Serpong Damai Tbk, Komisaris Independen PT Puradelta Lestari Tbk, Direktur Utama PT Swadayanusa Kencana Raharja, Guru Besar Luar Biasa pada Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, serta Guru Besar Tetap Program Pascasarjana Ilmu Manajemen, Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya.

    Pada tahun 2016, beliau mengikuti beragam forum diskusi diantaranya dengan topik Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; serta Hal-hal tentang Pengampunan Pajak. Beliau juga menghadiri konferensi bertajuk Inovasi Rantai Nilai Sektor Agro dalam Mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk Petani yang diselenggarakan oleh KADIN, ISEI dan PISAgro.

    Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Umum dan Perusahaan dari Universitas Airlangga, Surabaya, dan gelar Master of Business Administration dari University of Minnesota, Amerika Serikat serta gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Ekonomi (Cum Laude) dari Universitas Airlangga, Surabaya (bekerja sama dengan Erasmus University, Rotterdam). Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Komite Audit PT SMART Tbk, PT Duta Pertiwi Tbk, dan PT Bumi Serpong Damai Tbk, Komisaris Independen PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, serta Komisaris Utama PT Bank Internasional Indonesia Tbk. Beliau mengawali karirnya di kantor akuntan Drs. Utomo & Mulia, dan pernah menduduki jabatan Direktur di PT Gading Mas Surabaya serta sebagai Direktur Utama di beberapa perusahaan terkemuka dari Mercedes Benz Indonesia, yakni PT Star Motors Indonesia, PT German Motors Manufacturing, PT Star Engines Indonesia, dan PT Lima Satrya Nirwana. Beliau juga pernah menjadi Guru Besar Tetap pada Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara.

    Bapak Teddy Pawitra tidak mempunyai saham baik langsung maupun tidak langsung pada Perseroan; tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama atau pengendali Perseroan; serta tidak mempunyai  hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.

  • Drs. Endro Agung Partoyo

    Komisaris Independen

    Bapak Endro Agung Partoyo, 63 tahun, Warga Negara Indonesia, pertama kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen pada RUPST Perseroan tanggal 5 Juni 2012.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri forum diskusi dengan topik Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; serta konferensi bertajuk Inovasi Rantai Nilai Sektor Agro dalam Mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk Petani yang diselenggarakan oleh KADIN, ISEI dan PISAgro.

    Beliau adalah alumni AKABRI Bagian Kepolisian tahun 1977 dan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian dari Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada tahun 1986 serta memperoleh gelar Master of Engineering Science (M.Eng.Sc) untuk bidang studi Transportation Engineering dari University of New South Wales, Sidney, Australia. Selama tahun 1989 sampai dengan 2003, beliau mengikuti beberapa pendidikan singkat tentang lalu lintas di luar negeri, antara lain Traffic Law Enforcement di Inggris, Traffic Safety di Swedia, Driving License Administration dan Senior International Traffic Officer di Jepang. Di dalam negeri, beliau juga pernah mengikuti Kursus Manajemen Pertahanan dan Keamanan Bidang Logistik, serta Kursus Reguler Angkatan 39 (KRA 39) Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di tahun 2006.

    Beliau mengakhiri tugas sebagai anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi dan jabatan terakhir sebagai Deputi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia Bidang Koordinasi Keamanan Nasional. Pada tahun 2011, beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Tim Nasional Penyelesaian Konflik Pertanahan di Mesuji, Lampung dan Sumatera Selatan. Kemudian pada tahun 2011 sampai 2012, beliau menjabat sebagai Ketua Tim Pengamanan Obyek Vital Nasional Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral.

    Bapak Endro Agung Partoyo tidak mempunyai saham baik langsung maupun tidak langsung pada Perseroan; tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama atau pengendali Perseroan; serta tidak mempunyai  hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.

  • Prof. Dr. Susiyati B. Hirawan

    Komisaris Independen

    Ibu Susiyati B. Hirawan, 70 tahun, Warga Negara Indonesia, pertama kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen pada RUPST Perseroan tanggal 15 Mei 2008. Saat ini, beliau juga menjabat sebagai Ketua Komite Audit Perseroan, Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Duta Pertiwi Tbk, PT Bumi Serpong Damai Tbk, dan PT Puradelta Lestari Tbk. Beliau juga adalah pengajar di tingkat sarjana dan pascasarjana (program magister dan doktoral) pada Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak tahun 1972.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri seminar yang bertajuk Maximising Collaboration, Optimising Opportunities dan Overcoming Challenges, Maximising Profits yang keduanya diselenggarakan oleh Malaysian Palm Oil Council (MPOC); the 12th Indonesian Palm Oil Conference and 2017 Price Outlook bertopik Palm Oil Development: Harmonising Market, Society and the State yang diadakan oleh GAPKI; forum diskusi mengenai Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; Prospek dan Tantangan Perekonomian Indonesia; serta sosialisasi “Yuk Nabung Saham” bersama BEI. Beliau juga menghadiri konferensi bertajuk Inovasi Rantai Nilai Sektor Agro dalam Mendukung Implementasi Financial Inclusion untuk Petani yang diselenggarakan oleh KADIN, ISEI dan PISAgro.

    Beliau memperoleh gelar sarjana dari Universitas Indonesia jurusan Ekonomi Perusahaan serta memperoleh gelar Diploma in Development of Finance, Master of Social Science in Development Administration dan Doctor of Philosophy in School of Public Policy dari University of Birmingham, Inggris. Pada tahun 2006, beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap pada Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

    Beliau pernah menduduki posisi Komisaris di beberapa perusahaan milik negara seperti PT (Persero) ASABRI, PERUM PERUMNAS, PT Pupuk Sriwijaya, PT Danareksa dan Komisaris Utama PT Rekayasa Industri. Beliau menjabat sebagai Deputi Bidang Ekonomi, Sekretaris Wakil Presiden Republik Indonesia pada tahun 2000 sampai dengan 2007. Karir beliau di lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia dimulai sebagai Kepala Biro Analisa Keuangan Daerah pada tahun 1992 dan kemudian menjabat sebagai Direktur Jendral Lembaga Keuangan pada tahun 1998 sampai 2000. Beliau pernah menjabat sebagai Komisaris Independen dan Ketua Komite Audit PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. Selain itu, beliau juga pernah mengajar di beberapa universitas seperti Universitas Tarumanagara, STEKPI dan Lembaga Administrasi Negara.

    Ibu Susiyati B. Hirawan tidak mempunyai saham baik langsung maupun tidak langsung pada Perseroan; tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama dan pengendali Perseroan; serta tidak mempunyai  hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.

  • Hikmahanto Juwana, S.H.

    Komisaris Independen

    Bapak Hikmahanto Juwana, 51 tahun, Warga Negara Indonesia, pertama kali ditunjuk sebagai Komisaris Independen pada RUPST Perseroan tanggal 25 Juni 2013. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT Aneka Tambang (Persero) Tbk dan PT Unilever Indonesia Tbk, pengajar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia sebagai Guru Besar Hukum Internasional, serta anggota komite atau tim hukum pada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (“BUMN”), Kementerian Pertahanan, ASEAN, Arbiter Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi, dan anggota Badan Supervisi Bank Indonesia.

    Selama tahun 2016, beliau berpartisipasi aktif sebagai panelis, pembicara atau narasumber maupun instruktur dalam berbagai seminar, lokakarya, diskusi panel, forum dan pelatihan sebagian besar di bidang hukum, perundang-undangan dan hubungan lintas negara, yang di antaranya diselenggarakan oleh lembaga-lembaga pemerintahan Republik Indonesia seperti berbagai Kementerian, Badan Keamanan Laut, Dewan Ketahanan Nasional, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Badan Narkotika Nasional (BNN); lembaga pendidikan seperti Universitas Atmajaya, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Paramadina, Universitas Pattimura, dan Universitas Trisakti; kedutaan besar dari negara Korea dan Singapura; BUMN seperti Pertamina, Telkom, dan Jasindo; serta berbagai pihak swasta.

    Beliau memperoleh gelar sarjana dari Universitas Indonesia, gelar Master dari Keio University, Jepang dan gelar Doktor dari University of Nottingham, Inggris. Beliau pernah menjadi Asisten Pengacara di Kantor Pengacara OC Kaligis, SH & Associates, Konsultan Hukum di Kantor Hukum Lubis, Ganie, Surowidjojo, Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan berbagai posisi di lembaga pemerintahan Republik Indonesia, seperti Staf Ahli Menteri Koordinator Perekonomian, Anggota Komite Pengawas Perpajakan Departemen Keuangan, Tim Pakar Bidang Hukum Internasional Kejaksaan Agung, anggota Dewan Pakar Hukum Departemen Kehakiman, dan anggota Dewan Kehormatan Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia.

    Bapak Hikmahanto Juwana tidak mempunyai saham baik langsung maupun tidak langsung pada Perseroan; tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Perseroan, anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama atau pengendali Perseroan; serta tidak mempunyai  hubungan usaha baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan kegiatan usaha Perseroan.