Investor

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (Kode Saham: SMAR), tercatat di Bursa Efek Indonesia, adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen dan agribisnis berbasis kelapa sawit yang terkemuka. Bisnis operasi kami yang terintegrasi secara vertikal merupakan salah satu yang paling efisien dan menerapkan teknologi yang terdepan di industri. Kami terus melangkah menuju tahapan transformasi bisnis selanjutnya, dengan perubahan fokus dari pertumbuhan menjadi profitabilitas, melalui optimalisasi penciptaan marjin di sepanjang operasi yang terintegrasi secara vertikal.

Profil Perusahaan

Didirikan pada tahun 1962, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (“SMART” atau “Perseroan”) adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia. Aktivitas utama Perseroan dimulai dari penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (“TBS”) menjadi minyak sawit (“CPO”) dan inti sawit (“PK”), pemrosesan CPO menjadi produk industri dan konsumen seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia.

Perseroan mengelola kebun kelapa sawit di Indonesia seluas hampir 138.600 hektar, termasuk lahan plasma, dengan tingkat produktivitas di atas rata-rata industri yaitu sebesar 19,5 ton per hektar. 16 pabrik kelapa sawit kami memproses TBS menjadi CPO dan PK, dengan total kapasitas sebesar 4,2 juta ton per tahun.

CPO diproses lebih lanjut menjadi produk bernilai tambah, baik curah, industri maupun bermerek, melalui pabrik rafinasi kami dengan kapasitas 2,9 juta ton per tahun. PK juga diproses lebih lanjut di pabrik pengolahan inti sawit dengan kapasitas 810 ribu ton per tahun, memproduksi minyak inti sawit dan bungkil inti sawit yang bernilai tinggi.

SMART juga memasarkan dan mengekspor produk konsumen berbasis kelapa sawit. Selain minyak curah dan minyak industri, produk turunan SMART juga dipasarkan dengan beberapa merek, seperti Filma® dan Kunci Mas®. Saat ini, merek-merek tersebut diakui kualitasnya dan memiliki pangsa pasar yang signifikan di segmennya masing-masing di Indonesia.

Grafik Harga Saham

Grafik Tiga Bulan
E5H