Ruang Berita

Petani Swadaya

Video: Bagaimana program Desa Makmur Peduli Api membantu kehidupan masyarakat?


Program bebas api Sinar Mas Agribusiness and Food yaitu Desa Makmur Peduli Api (sebelumnya dikenal dengan Desa Siaga Api) dilaksanakan melalui kerja sama antara warga desa dan kelompok masyarakat adat yang tinggal di daerah rawan kebakaran. Program ini dirancang untuk meminimalkan insiden kebakaran hutan dan kabut asap melalui langkah pencegahan jangka pendek dan jangka panjang.

Hal pertama yang kami lakukan ketika melibatkan kedua kelompok ini adalah dengan memberikan pendidikan serta menyediakan fasilitas dan peralatan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Selanjutnya kami menerapkan pendekatan jangka panjang dengan mengajarkan metode pertanian organik dan ekologis dalam budidaya tanaman sayur. Metode ini memberikan manfaat bagi masyarakat seperti meningkatkan ketahanan pangan, menghemat pengeluaran untuk bahan makanan, memberikan penghasilan tambahan melalui penjualan panen sayuran dan yang paling penting pembukaan lahan dilakukan tanpa bakar.

Dalam waktu kurang dari dua tahun program ini berhasil mengurangi insiden kebakaran dan titik api di mana program ini dijalankan. Namun, tantangan masih ada karena tradisi dan pola pikir yang terkadang sulit diubah. Simak wawancara kami dengan CEO Perkebunan Sinar Mas Wilayah Kalimantan Barat Susanto Yang untuk mengetahui lebih lanjut tentang program Desa Makmur Peduli Api, perkembangannya, dan hasil yang sudah dicapai hingga saat ini.

| | |