Ruang Berita

Berita Pers

Upaya Perusahaan dalam Memastikan Kesehatan dan Keselamatan Karyawan pada Pabrik Rungkut


SURABAYA, 11 Mei 2020

PT SMART Tbk berkoordinasi dengan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Rungkut, Surabaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerja serta masyarakat di sekitar area pabrik Rungkut, Surabaya.

Sejak Perusahaan mendapatkan informasi terkait beberapa kluster penyebaran Covid-19 di Surabaya pada pertengahan April, Perusahaan telah melakukan upaya-upaya proaktif untuk memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan kami.

Sebagai bagian dari screening awal, Perusahaan telah melakukan rapid test kepada 140 karyawan Perusahaan yang tinggal ataupun memiliki keluarga/tinggal dengan orang yang bekerja di area kluster yang telah teridentifikasi. Pada minggu ini kami akan menyelesaikan rapid test kepada seluruh 900 karyawan dan outsourcing yang bekerja di pabrik Perusahaan.

Para karyawan yang mendapatkan hasil rapid test non-reaktif dan tidak menunjukan gejala Covid-19 dapat kembali bekerja. Karyawan yang hasilnya nanti menunjukan gejala Covid-19 ataupun memiliki hasil rapid test reaktif akan langsung melakukan isolasi mandiri, dan melakukan swab test di tempat yang ditentukan Perusahaan.

Sebagai bentuk upaya Perusahaan untuk memitigasi penyebaran Covid-19 di area Perusahaan, selain secara proaktif melakukan pelacakan dan rapid test terhadap karyawan berisiko, Perusahaan juga menerapkan SOP secara ketat untuk memastikan para karyawan yang masuk bekerja berada dalam keadaan sehat.

Perusahaan juga melakukan koordinasi rutin dengan Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 pemerintah daerah Surabaya dalam langkah-langkah mitigasi yang diambil serta melaporkan secara rutin kegiatan operasional perusahaan kepada Kementerian Perindustrian.

Pelaksanaan operasional Perusahaan dilakukan dengan menerapkan sistem manajemen keamanan pangan (Food Safety Management) dan CPPOB (Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik) untuk memastikan kualitas produk terbaik dan aman untuk dikonsumsi.

Merupakan fokus utama dari Perusahaan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan kami dan memutus rantai penyebaran Covid-19 secepatnya. Kami ingin menghimbau kembali agar para karyawan dan juga masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masing-masing dengan menerapkan pola hidup sehat, yaitu: mencuci tangan secara reguler, menerapkan social distancing dan menggunakan masker ketika keluar rumah dan selama bekerja.

Press Release: Proactive Measure to Ensure Health and Safety of Our Employees in Rungkut Factory

| | |