menu bar
close-grey

Terhubung bersama para karyawan melalui lomba fotografi

Posted: Dec 09, 2022 3 minute read SMART 125 views

Kami baru saja menyelesaikan kegiatan Tantangan Fotografi 2022 yang kami selenggarakan sepanjang bulan Oktober lalu. Kegiatan tahunan ini mendorong para karyawan Perusahaan untuk mengambil foto sebagai bagian dari kompetisi dan membagikannya kepada kami. Berbagai kategori foto, yaitu Inspirasiku, Perempuan di Balik Layar, Komunitas Peduli, Sisi Alam Liar, dan Aksi Teknologi, memberikan gambaran mengenai apa yang dirasakan dan digagas oleh para karyawan Perusahaan.

Sebagai contoh, kategori ‘Inspirasiku’ memungkinkan kami memahami motivasi yang dicari dan diperoleh karyawan di lingkungan kerja mereka. Lomba ini juga memberi kami kesempatan untuk mengapresiasi orang-orang yang telah menginspirasi para karyawan.

Sementara itu, kategori ‘Perempuan di Balik Layar’ mengangkat profil para kolega perempuan yang seringkali kurang terlihat di dalam industri kelapa sawit yang secara tradisional didominasi kaum laki-laki ini.

Sebagai bagian dari kompetisi ini, kami ingin berbagi cerita tentang bagaimana para karyawan, dengan beragam fungsi dan kapasitas, bersatu untuk membantu masyarakat pedesaan di dalam dan di sekitar area konsesi. Kategori ‘Komunitas Peduli’ menyoroti berbagai upaya di bidang tersebut dan menyajikannya kepada audiens.

Selain bekerja bersama penduduk dari berbagai desa dan masyarakat pedalaman, banyak pula di antara kami yang bertugas di tengah alam. Untuk merayakan keanekaragaman hayati dan menggarisbawahi pentingnya pelestarian kekayaan flora dan fauna, kategori ‘Sisi Alam Liar’ dikhususkan bagi rekan-rekan fotografer “Nat Geo” di Perusahaan.

Upaya kami untuk melindungi umat manusia dan Bumi juga bergantung pada penguasaan teknologi mutakhir. Dari lapangan hingga pusat penelitian dan pengembangan (R&D) Perusahaan, teknologi memiliki peran tak terpisahkan dalam perjalanan keberlanjutan kami. Kategori ‘Aksi Teknologi’ mengangkat pentingnya peran R&D dalam memadukan teknologi dengan inovasi proses dan pengetahuan para ahli dalam membangun solusi berkelanjutan di sepanjang rantai pasok.

Semua kategori ini, yang telah diseleksi secara saksama, menyampaikan nilai-nilai serta misi Perusahaan sebagai produsen minyak kelapa sawit bertanggung jawab.

Para karyawan kami dari berbagai fungsi dan lokasi menantikan kegiatan ini guna mengekspresikan gagasan kreatif mereka melalui beragam kategori tersebut. Kegiatan seni ini membantu kami mengidentifikasi bakat-bakat di dalam Perusahaan dan mendorong agar semakin banyak orang yang tertarik untuk mengikuti Tantangan Fotografi.

Selama bertahun-tahun, kegiatan tahunan ini telah menarik animo dan dukungan yang tinggi dari para karyawan. Pada tahun pertama, kami menerima 700 entri foto, dan naik hampir dua kali lipat menjadi 1.200 foto pada tahun berikutnya. Kami memecahkan rekor lagi tahun ini dengan menerima kurang lebih 1.500 entri foto.

Tahun ini, Perusahaan juga memperkenalkan kategori People’s Choice yang berhasil menjaring partisipasi online besar-besaran dari pengikut akun media sosial kami. Engagement akun Instagram Perusahaan meroket hingga 200.000, atau meningkat 83% dibanding tahun lalu. Sebanyak 5.350 pengikut baru juga didapatkan berkat popularitas kompetisi ini.

Tiga besar pemenang ketiga

Tahun ini, Eri Diana Sugara, seorang Tank Officer di Pabrik Rafinasi Tarjun, berhasil mengabadikan gambar penuh inspirasi tentang keteguhan dan tekad rekan kerjanya dalam sesi praktik modul pelatihan yang penuh tantangan baik secara fisik maupun mental. Foto ini menjadi kesaksian istimewa mengenai sikap karyawan saat bekerja dalam kategori Inspirasiku. Foto ini berhasil membuat Eri memenangkan hadiah ketiga.

Pemenang Ketiga
Foto pemenang hadiah ketiga di bawah kategori ‘Inspirasiku’.

Pemenang kedua

Pemenang hadiah kedua, Tri Holan Tambunan, seorang Asisten Agronomi dari Bukit Perak Estate, yang seolah dengan mudah menangkap kegembiraan dari seorang pekerja bersama pendampingnya saat istirahat makan siang dalam kategori ‘Perempuan di Balik Layar’. Foto ceria ini juga menjadi favorit di antara pengikut Instagram kami dan berhasil meraih penghargaan People’s Choice.

Pemenang Kedua
Foto pemenang hadiah kedua di bawah kategori ‘Perempuan di Balik Layar’.

Pemenang utama

R&D Implementation Technologist kami, Abdul Hafiedh, berhasil membawa pulang hadiah utama tahun ini. Di industri yang umumnya didominasi kaum lelaki, karya fotonya yang menjadi pemenang di kompetisi ini menampilkan bahwa kaum perempuan sebagai pelaku yang sama pentingnya di kategori ‘Perempuan di Balik Layar’. Dalam foto ini, seorang pekerja perempuan tengah melakukan prosedur pengelasan yang dianggap lebih lazim untuk dilakukan kaum lelaki.

Pemenang utama
Foto pemenang hadiah utama di bawah kategori ‘Perempuan di Balik Layar’.

Itulah tiga besar pemenang ajang lomba foto tahun ini. Silakan mengunjungi akun Instagram Perusahaan untuk melihat selengkapnya daftar pemenang Tantangan Fotografi 2022.

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan, sebagai jantung dan inti bisnis Perusahaan, yang telah berkontribusi terhadap keberhasilan kegiatan ini dari tahun ke tahun. Dukungan Anda sungguh luar biasa dan menginspirasi. Sampai jumpa tahun depan!

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail