Tentang kami

Direksi

Direksi adalah organ Perseroan yang menjalankan tindakan pengurusan untuk mencapai visi dan misi Perseroan demi kepentingan terbaik Perseroan. Direksi juga bertanggung jawab mewakili Perseroan baik di dalam dan di luar pengadilan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar Perseroan.

Direksi bekerja berdasarkan Piagam Direksi dan Kode Etik Perusahaan.  Piagam Direksi merupakan pedoman yang mengikat bagi setiap anggota Direksi untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka secara efektif dan sesuai dengan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Secara umum, tugas utama Direksi adalah sebagai berikut:

  • Menjalankan pengurusan untuk kepentingan Perseroan sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan;
  • Menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) dan Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”) lainnya sesuai peraturan perundang-undangan dan Anggaran Dasar; dan
  • Dalam rangka mendukung efektivitas pelaksanaan tugasnya, Direksi dapat membentuk komite.

Berdasarkan Anggaran Dasar, Direksi terdiri dari sedikitnya tiga anggota, di mana penunjukkan dan pemberhentian masing-masing anggota dilakukan melalui RUPS.  Masa jabatan Direksi berakhir pada saat penutupan RUPST yang ke-lima setelah tanggal pengangkatan.

Sesuai keputusan RUPST tanggal 9 Juni 2015, Direksi terdiri dari enam anggota yang akan menjabat sampai dengan tahun 2020. Salah satu dari anggota Direksi merupakan Direktur Independen. Hal ini sesuai dengan peraturan Bursa Efek Indonesia, yang mengharuskan minimal satu dari anggota Direksi merupakan Direktur Independen.

Saat ini, anggota Direksi adalah sebagai berikut:

Direktur Utama : Jo Daud Dharsono
Wakil Direktur Utama : Edy Saputra Suradja
Wakil Direktur Utama : Jimmy Pramono
Direktur : DR. ING Gianto Widjaja
Direktur : Agus Purnomo
Direktur Independen : Ir. Lukmono Sutarto
  • Jo Daud Dharsono

    Direktur Utama

    Bapak Jo Daud Dharsono, 60 tahun, Warga Negara Indonesia, pertama kali diangkat sebagai Direktur Utama pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) Perseroan tanggal 9 Juni 2015.

    Beliau terlibat aktif di organisasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) sebagai Ketua Bidang Sustainability sejak tahun 2015.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri International Conference on Oil Palm and Environment (ICOPE) ke-5 dengan topik Sustainable Palm Oil and Climate Change: the Way Forward through Mitigation and Adaptation yang diselenggarakan oleh PT SMART Tbk bersama dengan Centre de Coopération Internationale en Recherche Agronomique pour le Développement (“CIRAD”) dan World Wildlife Fund (“WWF”) Indonesia; dan forum diskusi bertajuk Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016.

    Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Trisakti, Jakarta pada tahun 1984. Pada tahun 1975, beliau mengawali karirnya di Kantor Akuntan Drs. Hadi Sutanto & Co., koresponden dari Price Waterhouse & Co. Mulai tahun 1982, beliau menjabat sebagai Manajer Operasional PT Salindo Perdana Leasing Indonesia sampai dengan 1985 dan tenaga pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas sampai dengan 1997.  Pada tahun 1985, bergabung dengan PT SMART Tbk, di mana beliau menjabat berbagai posisi penting dan terakhir sebagai Direktur Utama.

    Bapak Jo Daud Dharsono memiliki hubungan afiliasi dengan PT Purimas Sasmita, pemegang saham utama.

  • Edy Saputra Suradja

    Wakil Direktur Utama

    Bapak Edy Saputra Suradja, 57 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai Wakil Direktur Utama pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015. Beliau bertanggung jawab atas pengawasan dan pengelolaan operasi perkebunan.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri International Conference on Oil Palm and Environment (ICOPE) ke-5 dengan topik Sustainable Palm Oil and Climate Change: the Way Forward through Mitigation and Adaptation yang diselenggarakan oleh PT SMART Tbk bersama dengan CIRAD dan WWF Indonesia; dan beragam forum diskusi di antaranya yang bertajuk Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; Hal-hal tentang Pengampunan Pajak; serta sosialisasi “Yuk Nabung Saham” bersama PT Bursa Efek Indonesia (“BEI”).

    Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Katolik Parahyangan, Bandung pada tahun 1985. Beliau memulai karirnya sebagai Kepala Seksi Akuntansi PT Sadang Mas sebelum menjabat sebagai Direktur PT SMART Tbk pada tahun 2004.

    Bapak Edy Saputra Suradja memiliki hubungan afiliasi dengan PT Purimas Sasmita, pemegang saham utama.

  • Jimmy Pramono

    Wakil Direktur Utama

    Bapak Jimmy Pramono, 53 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai Wakil Direktur Utama pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015. Beliau bertanggung jawab atas pengelolaan Corporate Finance. Beliau juga merangkap sebagai Sekretaris Perusahaan.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri seminar-seminar yang berkaitan dengan Financial Market Outlook dan Economic Update, dan berbagai lokakarya tentang Keterbukaan Informasi Emiten dan Perusahaan Publik yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun BEI.

    Beliau lulus dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, jurusan Akuntansi pada tahun 1987. Beliau memulai karirnya di Kantor Akuntan Publik Drs. Utomo & Co. (Arthur Andersen) sebagai auditor. Pada tahun 1996, beliau mulai bergabung dengan PT SMART Tbk sebagai Assistant Vice President Finance.

    Bapak Jimmy Pramono memiliki hubungan afiliasi dengan PT Purimas Sasmita, pemegang saham utama.

  • DR. ING. Gianto Widjaja

    Direktur

    Bapak Gianto Widjaja, 66 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai Direktur pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015. Beliau bertanggung jawab atas pengawasan dan pengelolaan operasi hilir Perseroan.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri lokakarya tentang Keterampilan Negosiasi yang diselenggarakan oleh Indonesia Training Institute & Consulting Services (Intrinsics) dan seminar bertajuk 2016 Market Outlook dan Economic Update, keduanya dipresentasikan oleh Bank Julius Baer & Co. Ltd. (Singapore) dan diselenggarakan oleh PT Sinarmas Sekuritas. Beliau juga menghadiri beberapa forum diskusi dengan topik diantaranya Poros Maritim Internasional dan Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan 2016; Hal-hal tentang Pengampunan Pajak; Prospek dan Tantangan Perekonomian Indonesia; serta sosialisasi “Yuk Nabung Saham” bersama BEI.

    Beliau memperoleh gelar Sarjana Teknik Kimia dari Technische Hochschule Darmstadt, Jerman, pada tahun 1973 serta memperoleh gelar Master dan Doktor dari universitas yang sama pada tahun 1975 dan 1978. Beliau memulai karir sebagai tim Divisi Diversifikasi PT Djarum pada tahun 1979 dan kemudian menjadi Direktur pada berbagai perusahaan dalam Kelompok Usaha Gudang Garam. Beliau bergabung dengan PT BASF Indonesia pada tahun 1997 dengan posisi terakhir sebagai Direktur.

  • Agus Purnomo

    Direktur

    Bapak Agus Purnomo, 58 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai Direktur pada RUPST Perseroan tanggal 9 Juni 2015 dan bertanggung jawab di bidang Sustainability dan Strategic Stakeholder Engagement  Perseroan.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri berbagai konferensi, seminar dan forum diskusi di bidang Sustainability baik dalam kapasitasnya sebagai pembicara maupun peserta, di dalam negeri maupun luar negeri, yang di antaranya diselenggarakan oleh Center for International Forestry Research (CIFOR), Tropical Forest Alliance 2020 – World Economic Forum (WEF), Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), Asian Development Bank (ADB), Global Initiatives, CIRAD dan French National Research Agency (ANR), Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Global Alliance for Climate-Smart Agriculture (GACSA), Ernst & Young (EY) Executive Forum Committee, The Nature Conservancy (TNC) Indonesia, dan Badan Restorasi Gambut Indonesia.

    Beliau memperoleh gelar Master of Business Administration dari Prasetya Mulya Management Institute, Indonesia pada tahun 1985, serta gelar Master Degree in Urban Environmental Policy dari Tufts University, Amerika Serikat pada tahun 1994.  Beliau pernah menjabat berbagai posisi di pemerintahan, lembaga multilateral, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) internasional dan nasional yang berfokus pada bidang kelestarian selama lebih dari 30 tahun. Beliau pernah menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Perubahan Iklim (2010-2014), Staf Khusus Menteri di Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia (2004-2009), Penasihat Bidang Lingkungan di World Bank, dan Direktur Eksekutif WWF Indonesia. Beliau bergabung dengan Perseroan pada tahun 2014.

  • Ir. Lukmono Sutarto

    Direktur Independen

    Bapak Lukmono Sutarto, 59 tahun, Warga Negara Indonesia, diangkat sebagai Direktur Independen pada RUPST Perseroan pada tanggal 9 Juni 2015 dan bertanggung jawab dalam hal corporate affair Perseroan.

    Selama tahun 2016, beliau menghadiri  berbagai seminar antara lain: seminar tentang Program Studi Hubungan Internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi; seminar berjudul Tinjauan Kebijakan Terkait Daya Saing dan Infrastruktur di Indonesia yang diselenggarakan oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS); dan juga seminar Indonesia Economic Outlook 2017 dengan topik Conquering the Challenge of the Economic Integration yang diadakan oleh Universitas Indonesia.  Beliau juga menghadiri forum yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri dengan topik Bisnis Kelapa Sawit dan Pulp and Paper Indonesia; serta forum bisnis Indonesia – Jerman yang diadakan oleh KADIN di Berlin, Jerman.

    Beliau lulus dari Fakultas Teknik Mesin Universitas Trisakti pada tahun 1984. Beliau memulai karirnya sebagai Direktur di PT Hadinata Brothers & Co dan PT Asia Putra Perkasa.

    Bapak Lukmono Sutarto tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan anggota Dewan Komisaris, Direksi maupun pemegang saham utama dan pengendali Perseroan.