Tentang kami

PT SMART Tbk (SMART) adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terintegrasi dan terkemuka di Indonesia yang berkomitmen pada produksi minyak sawit yang berkelanjutan.

Perkebunan kelapa sawit SMART mencakup lebih dari 138,000 hektar (termasuk plasma).  Aktivitas utama kami adalah penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi minyak sawit (CPO) dan inti sawit, dan pemrosesan CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shorteningbiodiesel dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia. SMART juga mengoperasikan 16 pabrik kelapa sawit, 5 pabrik pengolahan inti sawit dan 4 pabrik rafinasi di Indonesia.

Selain minyak curah dan industri, produk turunan SMART juga dipasarkan dengan berbagai merek seperti Filma dan Kunci Mas.  Saat ini, merek-merek tersebut diakui kualitasnya dan memiliki pangsa pasar yang signifikan di segmennya masing-masing di Indonesia.

Didirikan tahun 1962, SMART tercatat sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992 dan berkantor pusat di Jakarta. Sebagai anak perusahaan dari Golden Agri-Resources (GAR), SMART juga mengelola kegiatan usaha di sektor oleokimia, dibawah Sinar Mas Oleochemical, SMART Research Institute (SMARTRI), dan SMART Biotechnology Centre sebagai bagian dari kegiatan operasionalnya.

Sejarah Kami

1962
  • Didirikan dengan nama PT Maskapai Perkebunan Sumcama Padang Halaban.
1992
  • Mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.
2002
  • Mulai fokus ke bisnis utama dengan menjual perkebunan teh dan pisang.
  • Menerima sertifikasi ISO 9001 untuk manajemen kualitas pabrik kelapa sawit.
2005
2008
  • Pabrik rafinasi terakreditasi dengan sertifikat ISO 22000 atas manajemen keamanan pangan.
  • Membangun pabrik rafinasi baru di Kalimantan Selatan.
2011
  • Menerima Sertifikasi RSPO yang pertama.
2012
2014
2015
  • Meningkatkan kapasitas oleokimia di Belawan sebesar 152.000 ton per tahun.
2016
  • Mengoperasikan pabrik biodiesel pertama di Kalimantan Selatan dengan kapasitas 300.000 ton per tahun.
2017
  • Menyelesaikan pabrik biodiesel yang ke-dua di Marunda dengan kapasitas tahunan 300.000 ton.
  • Meluncurkan material tanam baru berkualitas unggul – Eka 1 dan Eka 2.
  • Menjadi pemenang Sustainable Business Awards Indonesia 2017 untuk kategori Penggunaan Lahan, Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan dalam dua tahun berturut-turut.
  • Menerima penghargaan Social Business Innovation Award 2017 untuk kategori Perkebunan dari majalah Warta Ekonomi.
  • Mencapai 100% Kemamputelusuran ke Perkebunan atas seluruh pabrik kelapa sawit milik sendiri.

Golden Agri-Resources

Golden Agri-Resources Ltd (GAR), induk perusahaan SMART adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia. Perkebunan kami berlokasi di Indonesia dan kami mengelola lebih dari 500,000 hektar perkebunan kelapa sawit (termasuk petani plasma). GAR merupakan perusahaan agribisnis terdepan dan terintegrasi mulai dari pembenihan hingga produk akhir – termasuk penanaman kelapa sawit dengan para petani lokal hingga memproduksi produk makanan bagi masa kini dan masa depan.

Keberlanjutan merupakan bagian penting dari bisnis kami dan kami dipandu oleh Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG). KSLG adalah roadmap yang kami bagikan dengan para karyawan, petani, pemasok, dan pelanggan karena kami bekerja sama untuk mewujudkan visi GAR atas industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

GAR meyakini bahwa perkebunan kelapa sawit adalah cara yang efektif untuk menciptakan lapangan kerja dan mengentaskan kemiskinan, serta memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memperoleh penghidupan yang lebih baik bagi mereka. Sebagai salah satu perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia, yang beroperasi sebagian besar di daerah pedesaan dan terpencil, kami tidak hanya berperan aktif dalam mensejahterakan para karyawan, tetapi juga masyarakat luas di mana kami beroperasi.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Singapura pada tahun 1999 dengan kantor perusahaan yang berlokasi di Singapura. GAR memiliki beberapa anak perusahaan lainnya, seperti PT Dami Mas Sejahtera, produsen dan pemasok benih DxP bersertifikat; dan berbagai unit usaha kami di Tiongkok.

Sinar Mas Oleochemical

Sinar Mas Oleochemical memberikan solusi lengkap untuk pasokan oleokimia dalam bentuk asam lemak, gliserin, dan pelet sabun (soap noodle). Kantor penjualan global (Global Sales Office) Perusahaan berpusat di Singapura, dan kantor cabangnya tersebar di kawasan Asia, Eropa, Amerika Utara, Afrika, Timur Tengah, dan India.

Dengan rangkaian produk yang terbuat dari minyak dan lemak alami yang pengadaannya dilakukan secara bertanggung jawab dari minyak sawit dan minyak inti sawit, Sinar Mas Oleochemical beserta rantai pasoknya telah mengantongi sertifikat RSPO dan GMP untuk bahan kosmetik dan bersertifikasi GMP+B2 untuk keamanan pangan. Semua produk yang dihasilkan juga telah bersertifikat Halal, Kosher, dan ISO (9001: 2008 & 14001: 2004).

Sinar Mas Oleochemical didirikan pada tahun 1993. Perusahaan adalah entitas anak dari PT SMART Tbk, yang dimiliki oleh Golden Agri-Resources (GAR).

SMART Research Institute (SMARTRI)

SMART Research Institute (SMARTRI) mendukung pembangunan berkelanjutan dari SMART, melalui inovasi, pengembangan praktik terbaik, dan program pembiakan kelapa sawit yang terbaru. Berlokasi di Riau, Indonesia, banyak program penelitian kami yang lintas disiplin, seperti berbagai program pembiakan untuk mengembangkan bahan tanam yang tahan penyakit (misalnya terhadap penyakit Ganoderma), tahan kekeringan atau lebih efisien dalam penyerapan dan penggunaan nutrisi, serta penelitian atas penghitungan karbon dan penilaian keanekaragaman hayati dalam perkebunan kami.

Lembaga penelitian kami bersertifikat ISO 9001-2008, dan laboratorium analisisnya bersertifikat ISO 9001-2008 serta terakreditasi ISO 17025.

SMART Biotechnology Centre

SMART Biotechnology Centre adalah sebuah fasilitas penelitian di Sentul, Bogor yang dijalankan oleh Divisi Produksi Tanaman dan Bioteknologi SMART. Fasilitas ini bertindak sebagai pusat inovasi, melalui berbagai perbaikan kultur jaringan yang dimunculkan untuk meningkatkan kualitas stok benih yang menghasilkan produktivitas lebih tinggi per hektarnya.