Ruang Berita

Teknologi dan R&D

Teknologi Mutakhir + Pengalaman Mendalam sebagai Petani = Rumusan Sukses Kelapa Sawit Berkelanjutan


Dalam menanggapi kebakaran dan kabut asap tahun lalu, Pemerintah Indonesia memberlakukan moratorium pengembangan kelapa sawit yang baru pada awal tahun ini. Banyak pihak menyambut baik pengembangan ini dan melihatnya sebagai hal penting untuk mengatasi deforestasi. Sebagai hasil dari moratorium, industri saat ini perlu mencari cara untuk menghasilkan lebih banyak dari lahan yang sudah ditanami daripada membuka lahan baru untuk meningkatkan pendapatan. PT SMART sepenuhnya mendukung moratorium tersebut – nyatanya, sebelum moratorium dikeluarkan, kami telah berfokus pada produksi efisien yang berkelanjutan.

PT SMART percaya bahwa pendekatan dan metode berbasis ilmiah serta penggunaan teknologi baru adalah kunci untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai kelapa sawit berkelanjutan. Ini adalah prinsip utama dalam Kebijakan Peningkatan Hasil kami yang sekarang merupakan bagian tak terpisahkan dari Kebijakan Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

Salah satu pendekatan ini menggunakan sistem pertanian presisi. Di kantor pusat kami di Jakarta dan Singapura, kami dapat menggunakan teknologi satelit untuk memantau perkebunan petak demi petak.

Kami memiliki pusat pemantauan canggih yang dikenal sebagai War Room yang melayani berbagai bidang usaha di Sinar Mas Group termasuk PT SMART. Pemantauan ini memainkan peran penting dalam pencegahan dan pengelolaan kebakaran hutan menggunakan citra dari satelit NASA (Terra/Aqua MODIS) dan pendeteksian data titik panas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia melalui program “Sipongi”. Untuk pemantauan cuaca, kami menggunakan data MTSAT-2 dan Himawari (Badan Meteorologi Jepang) oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Global Forest Watch. Citra satelit memungkinkan kami memantau semua perkebunan yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia.

Peralatan lain seperti drone berkamera digunakan untuk memeriksa kondisi pohon kelapa sawit. Hal ini meningkatkan efisiensi dalam pemantauan kondisi daun kesehatan perkebunan.

Drones being used to monitor our plantations
Drone digunakan untuk memantau perkebunan.

Pusat penelitian dan pengembangan (litbang) dan bioteknologi perusahaan berperan sebagai penghubung inovasi, pengembangan bibit unggul, meningkatkan pendekatan Pengelolaan Hama Terpadu, dan memberi pelatihan bagi staf kami dan petani kecil mengenai praktik agronomi terbaik dan terbaru seperti pemberian pupuk yang tepat waktu dan jumlah yang tepat. Lebih dari 400 petani kecil telah dilatih oleh perpanjangan tangan dari Litbang kami, SMARTRI dalam beberapa tahun terakhir. Para petani ini kemudian dapat membagikan pelajaran yang mereka dapat kepada komunitas setempat.

Sebagai tanda komitmen kami dalam menggunakan Litbang untuk terus melakukan perbaikan, PT SMART mengeluarkan lebih dari USD21 juta untuk kegiatan Litbang di tahun 2014 dan 2015. Fokus Perusahaan pada Litbang dan teknologi dipuji dalam laporan Morgan Stanley tentang perusahaan pada awal tahun ini.

Sementara kami terus mencari perangkat dan teknologi terbaru dan terbaik untuk meningkatkan produktivitas, kami tidak melupakan status kami sebagai salah satu perusahaan perkebunan terbesar yang telah lama beroperasi di Indonesia. Pada akhirnya, pencapaian hasil terbaik bergantung pada para pekerja di lapangan, yang memanfaatkan pengetahuan mereka sebagai petani sekaligus menggabungkan pengetahuan dan pengalaman dengan teknologi terbaru.

“Sebagai petani, semangat dan disiplin dalam masyarakat sama pentingnya. Banyak karyawan muda kami di perkebunan merasa antusias terhadap teknologi baru. Teknologi membantu kami untuk berada di garis depan kepemimpinan industri, dan sangat penting bagi kami untuk terus mengembangkan cara yang lebih inovatif dan berkelanjutan dalam mengelola perkebunan kami. Namun demikian kami harus menyeimbangkannya dengan dasar-dasar praktik agronomi yang baik – kami harus memeriksa setiap pohon (agar kelapa sawit tumbuh dengan baik) dan melakukan tugas rutin kami setiap hari,” ujar The Biao Ling, Managing Director Operations 1 PT SMART.

Anda dapat menemukan pendekatan inovatif kami yang lain bagi kelapa sawit berkelanjutan dalam Laporan Keberlanjutan 2015 di sini.

| | |