Ruang Berita

Berita Pers

Tapian Nadenggan serukan lingkungan investasi yang aman setelah demonstran mengganggu kegiatan operasi yang telah berjalan sesuai regulasi yang berlaku


24 September 2020 – PT Tapian Nadenggan, sebuah perusahaan berbasis kelapa sawit yang beroperasi di Kalimantan Tengah, anak perusahaan Sinar Mas Agribusiness and Food, menyerukan lingkungan investasi yang aman dan kondusif. Baru-baru ini, sekitar 20 orang mendatangi areal perkebunan untuk melakukan pemblokiran operasional perusahaan, sebagai bagian dari aksi unjuk rasa dari adanya klaim sengketa tanah.

Tanah yang disengketakan telah memperoleh Hak Guna Usaha (HGU) sejak tahun 2005 dan area tersebut telah melalui proses verifikasi dan audit untuk mendapatkan izin, termasuk pemberian ganti rugi atas lahan kepada masyarakat yang berhak. PT TN juga telah melalui serangkaian proses audit untuk mendapatkan sertifikasi RSPO dan ISPO.

Meskipun dengan bukti yang kuat dan legalitas telah diperoleh perusahaan, namun sejak tahun 2017 perusahaan bersedia mendengarkan dan melalui proses mediasi ketika kami menerima keluhan dari sekolompok masyarakat. Sejak saat itu, PT TN selalu bersikap terbuka dan kooperatif. Di tahun 2018, PT TN mendukung upaya pemerintah daerah untuk melakukan upaya verifikasi dari klaim tersebut. Pada tahun 2019 – hasil verifikasi dari tim pemerintah daerah menyatakan bahwa pemerintah daerah menolak tuntutan kelompok Suhardi dan kawan-kawan.

Kami terbuka terhadap umpan balik yang bersifat nyata dan konstruktif. Kami juga akan terus mendorong proses mediasi jika hal tersebut masih diperlukan. Namun, kami juga ingin mendorong lingkungan investasi yang aman, agar perusahaan kami dan perusahaan lainnya di Kalimantan Tengah dapat beroperasi dengan aman.

Fokus utama kami adalah memastikan kelangsungan bisnis di semua lini operasi kami, terutama untuk menyediakan bahan makanan bagi rakyat Indonesia; dan untuk terus memberikan pekerjaan dan pendapatan bagi lebih dari 170.000 karyawan di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi wulan.suling@sinarmas-agri.com

| | |