Ruang Berita

Tokoh

SMART Raih Tiga Penghargaan Sustainability


Perusahaan kami berhasil meraih tiga buah penghargaan atas upayanya dalam menjalankan praktik-praktik keberlanjutan (sustainability), di dua acara penghargaan yang berbeda kemarin malam di Jakarta.

“SMART menargetkan untuk menyelesaikan sertifikasi RSPO pada tahun 2020 dan berkomitmen pada konservasi dan perlindungan area hutan dengan stok karbon tinggi. GAR bekerja sama dengan The Forest Trust dan Greenpeace telah mengembangkan metodologi ilmiah yang efisien untuk mengidentifikasi area-area konservasi tersebut,” demikian hal ini dikutip oleh SBA pada malam penghargaan.”

Penghargaan pertama yang diberikan adalah Sustainable Business Awards (SBA) Indonesia 2016 dari Global Initiatives untuk kategori Penggunaan Lahan, Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan. Penghargaan ini diberikan setelah melalui proses penilaian ketat yang dilakukan oleh tim Global Initiative, dan diverifikasi oleh PwC Consulting. National Advisory Board yang terdiri dari para pakar sustainability juga ikut berpartisipasi dalam penilaian ini.

93_sba

Executive Director PT SMART Tbk Ibu Jesslyne Widjaja menerima penghargaan Sustainable Business Awards (SBA) Indonesia 2016 dari Ibu Puan Maharani Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

93_sbi
Direktur Utama PT SMART Tbk Bapak Daud Dharsono menerima dua penghargaan Social Business Innovation Award 2016 untuk kategori Corporate Social Responsibility dan Sustainability dan Green CEO Award 2016 pada acara yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi.

Penghargaan ini sangat berarti bagi kami di SMART, di mana kami mendapatkan apresiasi atas upaya yang telah kami lakukan selama ini, termasuk upaya kami dalam melestarikan lingkungan, serta menjaga keanekaragaman hayati yang ada di wilayah kami. Kami berkomitmen untuk menjaga kawasan konservasi dengan luas kurang lebih 75.000 hektar, serta menerapkan kebijakan Zero Tolerance yaitu kebijakan perusahaan yang tidak mentoleransi tindakan perburuan, memelihara, melukai, mencelakakan dan terutama menghilangkan nyawa satwa liar yang langka dan terancam punah, seperti salah satu kegiatan kami dalam upaya melindungi Orangutan.

Kami juga melakukan pendekatan kepada masyarakat, memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga fungsi lahan agar tidak dialihfungsikan – hal ini penting untuk menjaga ketahanan pangan. Proses ini melibatkan aktivitas konsultasi dengan masyarakat setempat untuk merencanakan kegiatan konservasi bersama.

Dalam acara malam penghargaan lainnya, kami meraih Social Business Innovation Award dari Warta Ekonomi, yang berkonsultasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, atas kontribusi perusahaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) dan keberlanjutan. Penghargaan ini melalui proses seleksi yang melibatkan lebih dari 500 perusahaan di Indonesia. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama kami Bapak Daud Dharsono juga dinobatkan sebagai Green CEO 2016.

93_daud

Bapak Daud Dharsono dalam kunjungannya ke Orangutan Care Center dan Quarantine yang didirikan oleh Orangutan Foundation International

Bapak Daud Dharsono mengatakan, “Saya merasa terhormat telah terpilih memperoleh penghargaan ini dari begitu banyak rekan-rekan terhormat lainnya. Di SMART, kami percaya bahwa pertumbuhan ekonomi dapat berjalan seiring dengan upaya melindungi lingkungan dan terima kasih kepada Warta Ekonomi atas penghargaan yang diberikan kepada SMART atas program-program konservasi lingkungan dan aktivitas sosial kami selama ini.”

Lalu, apa langkah selanjutnya?

Tentu saja, penghargaan ini sangat berarti bagi seluruh pihak yang telah membantu perusahaan meraih penghargaan ini. Namun, apa langkah selanjutnya? Tentu saja kami tidak boleh berpuas diri. Proyek-proyek dan inisiatif-inisiatif yang selama ini kami lakukan baik dengan masyarakat setempat, pemasok, ataupun mitra konservasi, dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang nyata, dan juga untuk menjawab tantangan yang sangat kompleks. Kami berperan serta dalam membantu upaya bersama dalam membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik, namun kami tidak dapat terlu lama berpuas diri dengan capaian saat ini, karena masih banyak hal yang memerlukan waktu dan perhatian. Tantangan-tantangan baru akan terus muncul dan memacu kami untuk bertumbuh dan berusaha lebih baik lagi.

Penghargaan ini tentu memberikan dorongan bagi kami untuk meraih capaian yang lebih tinggi lagi. Ini merupakan panggilan bagi seluruh karyawan untuk terus berupaya meningkatkan kinerja sosial dan lingkungan kami dengan lebih baik lagi.

| | |