Ruang Berita

Blog

55 Tahun SMART

Oleh: Wulan Suling Dirilis: Februari 6, 2017 428 views Tags: ,

Ini adalah tahun yang sangat istimewa untuk PT SMART Tbk (SMART) karena tahun ini menandai kiprah 55 tahun perusahaan di bidang agribisnis ini.

SMART merintis kegiatan usahanya pada tanggal 18 Juni 1962 dengan nama PT Maskapai Perkebunan Sumcama Padang Halaban. Pada awalnya, Perusahaan juga mengelola perkebunan teh dan pisang. Baru pada tahun 2002 Perusahaan memutuskan untuk fokus pada minyak kelapa sawit dan menjual usaha perkebunan yang lain.

Menengok kembali perjalanan di masa lalu, Perusahaan telah mencapai banyak sekali kemajuan dari sebuah bisnis yang mengelola kurang lebih 7.000 ha areal perkebunan pada tahun 1960. Dewasa ini SMART mengelola hampir 140.000 ha perkebunan kelapa sawit, termasuk didalamnya kebun plasma. Perusahaan juga mengoperasikan 16 pabrik kelapa sawit (PKS), empat pabrik pengolahan inti sawit, dan empat pabrik rafinasi di seluruh Indonesia. Dan pada tahun 1992, Perusahaan mencatatkan dirinya di Bursa Efek Jakarta.

Eka Tjipta Widjaja founding father of Sinar Mas
Eka Tjipta Widjaja, pendiri Sinar Mas

Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Sebagai salah satu perusahaan minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia, SMART memiliki dampak signifikan di daerah tempat Perusahaan beroperasi. Salah satu contoh paling jelas adalah jumlah lapangan kerja yang telah diciptakan Perusahaan selama bertahun-tahun. Sekitar 25 tahun yang lalu, Perusahaan hanya memiliki sekitar 7.000 karyawan, namun saat ini ada lebih dari 51.000 tenaga kerja yang diserap dari angkatan kerja Indonesia – meningkat tujuh kali lipat dari sebelumnya.

SMART juga telah memainkan peran penting dalam menghadirkan perubahan positif bagi banyak masyarakat di daerah pedesaan. Perusahaan membantu meningkatkan taraf hidup tidak hanya melalui kesempatan kerja, tetapi juga penyediaan layanan kesehatan dasar, infrastruktur publik, menggalakkan usaha kecil dan mikro yang membantu masyarakat, dan menyelenggarakan pendidikan yang penting bagi generasi yang akan datang.

Menetapkan standar baru dalam produktivitas

Selama bertahun-tahun SMART terus berupaya untuk meningkatkan dan menetapkan standar mutu dan produksi. Dengan kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) melalui SMART Research Institute, perkebunan yang dimiliki dibangun dengan menggunakan teknik terbaru dan bibit unggulan, yang semuanya merupakan bagian dari fokus Perusahaan pada pertumbuhan berkelanjutan. Pada tahun 2012, Perusahaan membukukan rekor produksi minyak sawit mentah (CPO) sebanyak 765.000 ton. Dan saat ini produktivitas rata-rata Perusahaan tercatat sekitar 4,9 ton CPO per ha yang melebihi rata-rata nasional.

Pada tahun 2002, sertifikasi ISO 9001 diraih untuk manajemen mutu PKS dan setahun kemudian Perusahaan memperoleh sertifikasi ISO 14001 untuk pengelolaan lingkungan. SMART adalah salah satu perusahaan yang sejak awal menerapkan standar produksi minyak sawit berkelanjutan dan bergabung dengan Roundtable for Sustainable Palm Oil (RSPO) pada tahun 2005.

Perusahaan tidak hanya memiliki keahlian budidaya tanaman kelapa sawit, tetapi selama lebih dari 25 tahun juga telah memproduksi produk rafinasi curah yang dijual untuk keperluan industri. Produk SMART merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan Anda dapat temukan produk olahan kami melalui merek-merek seperti Filma dan Kunci Mas di setiap supermarket di Indonesia.

Sumber daya manusia (SDM) – resep utama kesuksesan Perusahaan

Perkembangan SMART menjadi perusahaan minyak kelapa sawit besar di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi orang-orang yang bekerja di SMART. Sumber daya manusia adalah kunci penting yang membantu Perusahaan untuk terus menghadapi perubahan dan menjawab berbagai tantangan baru.

SDM adalah kunci kesuksesan Perusahaan
SDM adalah kunci kesuksesan Perusahaan

Sepanjang tahun 2017, Perusahaan akan menyajikan kisah tentang prestasi yang dicapai dan karyawan dari berbagai unit kerja yang telah berjasa mengantarkan Perusahaan hingga menjadi seperti sekarang ini.