menu bar
close-grey

Sinarmas Cepsa Pte. Ltd. Teken Perjanjian untuk Memperluas Produksi Bahan Baku Kimia Berbasis Nabati

Posted: Nov 10, 2022 2 minute read SMART 121 views

8 November 2022 – Sinarmas Cepsa Pte Ltd (SCPL) beserta perusahaan induknya, yakni perusahaan kimia CEPSA dan Sinar Mas Agribusiness and Food, menandatangani Nota Kesepahaman hari ini untuk memperluas produksi bahan baku kimia berbasis nabati di area SCPL yang berlokasi di Lubuk Gaung, Indonesia. Area ini memiliki posisi yang ideal untuk melayani konsumen di seluruh dunia. Fasilitas yang ada saat ini sudah memulai produksinya sejak tahun 2017 dan saat ini telah beroperasi secara maksimal.

SCPL memiliki ambisi kuat untuk bertumbuh beriringan dengan pertumbuhan rantai nilai dari alkohol lemak, dengan pembangunan berkelanjutan sebagai jantung dari strategi dan kegiatan operasionalnya. Permintaan dunia terhadap asam lemak dan alkohol alami didorong oleh meningkatnya permintaan terhadap produk pembersih rumah tangga dan produk perawatan pribadi, dan juga oleh meningkatnya permintaan terhadap larutan berbasis nabati berkelanjutan di berbagai industri yang dilayani oleh SCPL.

Perluasan usaha ini diharapkan dapat meningkatkan strategi pertumbuhan SCPL, agar dapat berkontribusi memecahkan permasalahan lingkungan, termasuk permasalahan iklim, serta mendukung praktik pertanian berkelanjutan di Indonesia. Sementara menunggu keputusan investasi akhir, produksi tambahan ini akan menambah lapangan pekerjaan dan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Bahan kimia alternatif berbasis nabati yang berkelanjutan adalah persyaratan utama bagi konsumen serta pasar yang kami layani,” ujar Kung Chee Wan, CEO dari SCPL. “Kami bersemangat untuk tumbuh bersama konsumen kami dan meningkatkan skala rantai pasok terintegrasi berkelanjutan dan mampu ditelusuri,” tambahnya.

Tentang Cepsa

Cepsa adalah grup energi dan kimia global yang beroperasi pada setiap tahap rantai nilai minyak dan gas bumi. Cepsa juga memproduksi produk dari bahan mentah berbasis nabati dan beroperasi di sektor bahan bakar terbarukan. Cepsa memiliki pengalaman selama 90 tahun serta tim berisikan lebih dari 10.000 karyawan, yang memadukan keunggulan teknis dan kemampuan beradaptasi. Cepsa beroperasi di lima benua.

Tentang Cepsa Química

Cepsa Química adalah pemimpin dunia di bidangnya dan sedang memimpin peralihan menuju kimia berkelanjutan, dengan komitmen yang jelas yakni untuk memerangi perubahan iklim serta transisi menuju ekonomi sirkular non-fosil. ini juga memimpin produksi LAB di dunia, yakni bahan baku utama yang digunakan dalam deterjen yang dapat terurai (biodegradable), dan Cepsa Química merupakan perintisnya. Selain itu, perusahaan ini juga menjadi nomor satu dalam produksi cumene, produk antara yang digunakan dalam produksi fenol dan aseton, yang merupakan bahan baku utama untuk pembuatan plastik, di mana Cepsa Química merupakan produsen terbesar kedua di dunia.

Cepsa Química saat ini mempekerjakan lebih dari 1.000 orang dan memiliki pabrik di tujuh negara di seluruh dunia (Spanyol, Jerman, Brasil, Kanada, Cina, Indonesia, dan Nigeria).

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sebagai perusahaan agribisnis terintegrasi, Sinar Mas Agribusiness and Food menghadirkan rantai pasokan end-to-end yang efisien, mulai dari produksi yang bertanggung jawab hingga pengiriman ke seluruh dunia. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budi daya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia.

Produk perusahaan dikirimkan kepada basis pelanggan yang beragam di lebih dari 100 negara melalui jaringan distribusi global dengan kemampuan pengapalan dan logistik, pemasaran berdasarkan area tujuan, penyulingan di darat, dan operasi ex-tank di berbagai negara. Sinar Mas Agribusiness and Food juga memiliki bisnis penunjang lainnya seperti produk berbahan dasar kacang kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail