Ruang Berita

Oleokimia

Sinar Mas Oleochemical – 25 tahun memenuhi kebutuhan oleokimia dunia


Setelah bekerja di Sinar Mas Oleochemical selama  satu bulan, saya dipercaya untuk membantu menyiapkan acara perayaan salah satu pencapaian terbesar perusahaan – ulang tahun yang ke-25. Ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk mengenal lebih banyak orang dan lebih memahami cara kerja bisnis ini. Oleh karena itu saya langsung menyingsingkan lengan baju dan mulai bekerja.

Kami mengadakan acara selama dua hari pada 5 dan 6 September di Medan, Indonesia, yang merupakan lokasi sebagian besar kegiatan operasional perusahaan. Lebih dari 150 orang konsumen, pegawai pemerintah, pemasok, bankir, dan awak media berpartisipasi untuk mengenal unit operasional perusahaan dari dekat. Pabrik Belawan adalah pemberhentian pertama dalam kunjungan ini di mana para tamu mempelajari bagaimana bahan baku seperti Crude Palm Kernel Oil (CPKO) dan Refined Bleached Deodorised Palm Stearin (RBDPS) diproduksi. Di sini, Sinar Mas Oleochemical berkesempatan menunjukkan pemrosesan bahan mentah, dan proses pengendalian mutu ketat yang dibutuhkan dari tahap awal agar dapat dihasilkan produk akhir bermutu tinggi.

Para tamu mengunjungi fasilitas perusahaan.

Instalasi pabrik untuk produksi oleokimia adalah tujuan selanjutnya dan menjadi sorotan pada hari itu. Para tamu melihat fasilitas utama produksi, laboratorium pengendalian mutu, pabrik sabun (soap noodle), dan gudang perusahaan. Kunjungan ini menjadikan para pemangku kepentingan lebih dekat dengan para karyawan dan juga lebih mengetahui proses produksi oleokimia berkualitas tinggi yang diharapkan dari merek dagang Sinar Mas Oleochemical. Para peserta kunjungan juga berkesempatan untuk mempelajari upaya keberlanjutan melalui lokakarya yang diadakan MD of Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement Agus Purnomo. Lokakarya tersebut menjelaskan pendekatan holistik Sinar Mas Agribusiness and Food terhadap keberlanjutan dalam bisnis ini, khususnya mengenai kemamputelusuran, serta upaya perusahaan membantu masyarakat di sekitar kawasan operasional untuk tumbuh kembang bersama-sama. Setelah itu, para tamu diantar untuk berkeliling menikmati Medan sebagai kota budaya, yang terkenal memiliki perpaduan menarik warisan budaya Belanda, Tiongkok, dan Peranakan yang tercermin dalam masakan dan kuliner yang lezat.

Puncak acara ini adalah gala dinner untuk merayakan perkembangan perusahaan dan, yang lebih penting, sumber daya manusia (SDM) yang telah berkontribusi dalam perjalanan perusahaan. Hebatnya, ada 90 karyawan yang telah bekerja di perusahaan selama lebih dari 20 tahun, dengan delapan di antaranya bekerja sejak awal perusahaan merintis bisnisnya.

Jesslyne Widjaja (kanan), Director of Corporate Strategy and Business Development Sinar Mas Agribusiness and Food, memberikan penghargaan atas masa bakti yang lama kepada Plant Manager Sabar Sitorus (kiri), yang telah bekerja di perusahaan selama 25 tahun.

Bisnis ini berawal dari kesadaran CEO dan Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food, Franky Widjaja, bahwa produk rafinasi berbasis minyak sawit akan memainkan peran yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari. Ada celah di segmen ini dan beliau mempunyai visi tentang sebuah perusahaan yang mampu melayani kebutuhan ini. Bermodalkan latar belakang pendidikannya di Jepang, dia membuat kesepakatan dengan empat perusahaan besar Jepang untuk merintis Sinar Oleochemical International. Pabrik produksi pertama, yang mulai beroperasi September 1994, menjadi pabrik oleokimia yang memiliki tekonologi paling lengkap di Indonesia. Dengan efisiensi proses kerja ala Jepang dan usaha tim perintis, pekerjaan pun berjalan dengan baik. Produksi komersial pertama dimulai pada Januari 1995, kurang dari dua tahun setelah peletakan batu pertama di bulan April 1992. Dalam waktu satu tahun setelah mulai berproduksi secara komersial, perusahaan memperoleh standar ISO dan Sertifikasi Halal yang memungkinkan produk digunakan di segmen pasar yang lebih ketat dan maju.

Seiring berjalannya waktu, fokus pada kualitas dan keunggulan membuka jalan bagi perusahaan untuk memperluas dan membangun pabrik produksi kedua di lokasi yang ada pada tahun 2013, memperkenalkan rangkaian produk baru seperti soap noodle dan asam oleat. Pada tahun 2014, pabrik produksi tersebut juga menerima sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang menunjukkan bahwa sebagai sebuah perusahaan, Sinar Mas Oleochemical siap dan berkomitmen untuk melayani segmen pasar yang lebih ketat dan mendapatkan keuntungan dari industri ini.

(Kiri) Konsumen dan para tamu bergabung dalam tarian perayaan. (Kanan) Memperkuat persahabatan dan upaya kolaboratif di masa depan.

Secara pribadi, saya dapat mengapresiasi fokus yang diberikan pada kualitas di seluruh rantai nilai; dari pemeriksaan bahan baku seperti CPKO dan RBDPS hingga produk jadi seperti gliserin dan soap noodle. Setelah berdialog dengan pelanggan selama acara berlangsung, terlihat bahwa penghargaan mereka atas dedikasi perusahaan pada kualitas sangatlah jelas. Jangkauan akreditasi yang luas menunjukkan perhatian perusahaan pada kualitas, sistem serta SDM, dan kami pun terus berusaha untuk mencapai standar yang lebih tinggi di semua bidang.

Ini benar-benar merupakan perjalanan transformatif bagi Sinar Mas Oleochemical, dan pelajaran utama yang saya petik sebagai bagian dari acara perayaan dan tonggak pencapaian ini adalah bagaimana karyawan yang berdedikasi benar-benar menjadi tulang punggung setiap organisasi. Entah itu dalam hal menyiapkan acara dua hari, atau berkembang bersama perusahaan selama 25 tahun, memiliki SDM yang tepat dapat menghasilkan perubahan yang besar.

Yash Mavani adalah  Eksekutif di Kantor CEO Sinar Mas Oleochemical. Dia bergabung dengan perusahaan pada pertengahan tahun 2018 setelah menyelesaikan pendidikan sarjana bidang Ekonomi dan Keuangan di Singapore Management University.

| | |