menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food Gelar Apel Siaga Api Cegah Karhutla

Posted: Apr 10, 2018 2 minute read SMART

Riau, 4 April 2018 – Sinar Mas Agribusiness and Food melalui anak usahanya PT Ivo Mas Tunggal (IMT) yang beroperasi di Kabupaten Siak melaksanakan Apel Siaga Api dan simulasi kebakaran sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla).

Upaya perusahaan dalam menghadapi bahaya karhutla mendapat tanggapan positif dari pemerintah setempat. Apel siaga api yang dihadiri oleh lebih dari 175 peserta tersebut dipimpin oleh Danramil Kandis Kapten Imam Karmani dan dihadiri oleh Kapolsek Kandis Kompol Panangian Samosir SH MM melalui Kanit Binmas IPDA Suwondo, RC Manager PT IMT Regional Siak Septianus Harianja, Lurah dan Penghulu Kampung, Tokoh Masyarakat Sujatno Kribo, M Nur Azmal, dan Masyarakat Siaga Api dari 10 desa di sekitar perkebunan perusahaan, yaitu Desa Belutu, Desa Sungai Gondang, Desa Jambai Makmur, Desa Samsam Desa Telaga Samsam, Desa Kandis Kota, Desa Bekalar, Desa Libo Jaya.

Septianus Harianja, Regional Controller PT IMT regional Siak dalam sambutannya mengatakan, “Sejak Februari lalu, Riau sudah memasuki fase pertama musim kemarau dimana titik-titik panas telah terdeteksi di berbagai tempat di Riau. Saya ingin mengajak semua pemangku kepentingan untuk waspada dan siaga dan saling bekerjasama dalam mencegah kebakaran terjadi.”

Sejak 2016, perusahaan PT IMT bekerjasama dengan masyarakat desa di sekitar kebun dan membentuk wadah yang diberi nama Masyarakat Siaga Api (MSA). Salah satu bentuk dukungan yang diberikan perusahaan adalah dengan memberikan pembinaan kepada MSA yang dari 10 desa tersebut. Selain mendapatkan pelatihan secara teratur, perusahaan juga memberikan Alat Pelindung Diri terhadap kebakaran.

“Saya sangat berterima kasih kepda Masyarakat Siaga Api (MSA) yang telah menjaga kebun kita dan desa-desa sekitar bebas dari bahaya kebakaran. Saya berharap melalui kegiatan kerjasama antara perusahaan, pemerintah, Masyarakat Siaga Api dan juga masyarakat setempat dapat terjalin. Bersama-sama kita bisa mensinergikan langkah kita dalam upaya pencegahan dan penganggulangan kebakaran kebun, hutan dan lahan, ujar Septianus.

– Selesai –

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 486.000 hektar (termasuk kebun milik petani swadaya) per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 3,4 miliar per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992. Untuk informasi mengenai perusahaan, kunjungi: www.smart-tbk.com

Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi
media@sinarmas-agri.com

fb twitter linkedin mail