menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food Berikan Beasiswa Kepada Enam Siswa dari Kapuas Hulu untuk Lanjutkan Edukasi ke Perguruan Tinggi

Posted: Jan 10, 2018 3 minute read SMART 333 views

PONTIANAK, 10 Januari 2018 – Sinar Mas Agribusiness and Food, melalui unit usahanya PT Kartika Prima Cipta (KPC) menyerahkan dana bantuan Beasiswa SMART kepada enam siswa/i berprestasi dari Kabupaten Kapuas Hulu untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (PT).

“Kami berharap melalui program Beasiswa SMART anak-anak muda berprestasi dari desadesa binaan akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dan mengejar cita-cita mereka,” ungkap Susanto Yang CEO Perkebunan wilayah Kalimantan Barat, Sinar Mas Agribusiness and Food.

Dalam acara penyerahan Beasiswa SMART di kantor perwakilan Sinar Mas Agribusiness and Food di Pontianak, Rabu (10/1), enam siswa/i dari Kabupaten Kapuas Hulu menerima bantuan dana masing-masing sebesar Rp 64 juta. Bantuan dana ini akan digunakan untuk biaya kuliah, perlengkapan kuliah, dan juga biaya hidup.

Susanto menambahkan, ”Program beasiswa ini akan terus berjalan dengan proses perekrutan terakhir di 2020 untuk mendukung pendidikan bagi 40 calon siswa/i hingga level sarjana (S1) dari tiga Kecamatan yaitu Suhaid, Semitau, dan Silat Hilir dari Kabupaten Kapuas Hulu.”

Selain pemberian dana, para calon siswa akan mendapatkan bimbingan belajar selama 6 bulan yang meliputi persiapan tes 1-3 bulan dan uji coba seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan untuk membantu para calon siswa mendapatkan nilai yang cukup untuk diterima di universitas negri setempat. Setelah siswa diterima dan mulai berkuliah, perusahaan akan melakukan pendampingan selama 3-6 bulan untuk membantu para siswa beradaptasi.

Program Beasiswa SMART ini juga diharapkan membuka kesempatan bagi para anak-anak perempuan dari desa binaan untuk mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke PT, terutama di bidang-bidang studi Sains, Teknologi, Teknik Mesin dan Matematika (STEM) yang hingga kini masih belum banyak diambil oleh para mahasiswi. UNESCO mengatakan jurusan STEM merupakan pekerjaan yang akan banyak dicari di masa depan (job of the future) yang dapat mendorong kesejahteraan individu dan masyarakat sekitarnya, melalui inovasi dan kreativitas. Sehingga sangatlah penting terbukanya kesempatan-kesempatan seperti ini.

Pada putaran pertama, perusahaan mengumumkan enam siswa/i yang mendapatkan Beasiswa, yaitu:

  • Alda Elfiana dari Desa Marsedan Raya dengan jurusan kuliah Kesehatan Lingkungan
  • Lina dari Desa Menapar dengan jurusan kuliah Akutansi
  • Septiana Rita dari Desa Menapar dengan jurusan kuliah Akutansi
  • Susiana Ikat dari Desa Menapar dengan jurusan kuliah Akutansi
  • Yunus Sawang Budiman dari Desa Tua Abang dengan jurusan kuliah Teknik Pertanian
  • Sahrul Gunawan dari Desa Madang Permai dengan jurusan kuliah Teknik Mesin

Untuk program Beasiswa SMART perusahaan telah menyiapkan total bantuan dana sebesar Rp 2,82 miliar untuk 40 anak yang akan diberikan hingga 2020. Proses pendaftaran Beasiswa tahap selanjutnya akan kembali dibuka pada bulan Maret – April 2018. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Perusahaan, kunjungi www.smart-tbk.com

– Selesai –

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 486.000 hektar (termasuk kebun milik petani swadaya) per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 3,4 miliar per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

 

Untuk pertanyaan media lebih lanjut:
Wulan Suling
Head of Media & Event
[email protected]

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail