menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food mencetak dua kemenangan di Sustainable Business Awards 2021

Posted: Dec 16, 2021 3 minute read SMART 353 views

Jakarta, 16 Desember 2021 – Perusahaan kelapa sawit global Sinar Mas Agribusiness and Food berhasil meraih dua kategori dalam Sustainable Business Awards (SBA) 2021, yaitu Supply Chain Management and Business Ethics & Responsibility, serta penghargaan capaian khusus sebagai kategori kedua – Community and Land Use & Biodiversity.

Tahun ini, SBA berfokus memberikan penghargaan kepada organisasi yang telah melakukan upaya nyata mengurangi jejak karbon (carbon footprint) mereka di Asia. Chief Sustainability and Communications Officer, Sinar Mas Agribusiness and Food, Anita Neville menerima penghargaan dari Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Grace Fu.

Anita menerima penghargaan
Chief Sustainability and Communications Officer, Sinar Mas Agribusiness and Food, Anita Neville menerima penghargaan dari Menteri Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Grace Fu.

“Sinar Mas Agribusiness and Food melakukan upaya keberlanjutan melalui penerapan praktik yang bertanggung jawab dalam operasional sehari-hari. Kami menyadari langkah ini sebagai satu-satunya cara untuk memastikan bisnis kami berkembang. Kami bangga bahwa upaya kami mendapatkan pengakuan, dan kami berharap penghargaan ini meningkatkan kesadaran dan pengetahuan publik akan upaya luar biasa yang tengah berlangsung saat ini di sektor industri kelapa sawit untuk menjawab tantangan mendesak seperti perubahan iklim,” kata Anita.

Pada tahun 2021, Sinar Mas Agribusiness and Food mencapai 95 persen kemamputelusuran hingga ke perkebunan (traceability to the plantation) untuk seluruh rantai pasokannya. Kemamputelusuran hingga ke perkebunan telah menjadi landasan penting bagi Perusahaan untuk mendorong penerapan praktik produksi berkelanjutan, serta memperkuat hubungannya dengan pemasok dari semua lini.

Misalnya, melalui Program KSATRIA Sawit, Perusahaan telah memetakan petani, agen dan pemasok, dan menawarkan dukungan untuk penerapan praktik keberlanjutan mereka. Inisiatif ini telah berlangsung sejak 2019, dan lebih dari 80.000 petani di Indonesia telah berpartisipasi.

Sertifikat Penghargaan Sustainable Business Award 2021 untuk Sinar Mas Agribusiness and Food/Golden Agri-Resources

Keterlibatan aktif Perusahaan dengan pemasok juga telah mendorong upaya untuk mengurangi efek gas rumah kaca (GRK) terkait dengan pembukaan hutan. Sinar Mas Agribusiness and Food saat ini telah mengkonservasi sekitar 78.000 hektar hutan dalam konsesinya di Indonesia, sejalan dengan Kebijakan Konservasi Hutan yang diluncurkan pada tahun 2011. Luasan area konservasi ini lebih luas dari ukuran Singapura. Selain itu, perusahaan melibatkan masyarakat lokal melestarikan 43.000 hektar hutan, dan memberi dukungan pemasok untuk melindungi 100.000 hektar lainnya.

Sinar Mas Agribusiness and Food juga menerapkan Kebijakan Tanpa Membakar (zero burning policy) secara konsisten, yang berlaku sejak 1997. Lebih dari 90 desa saat ini mengikuti program pencegahan kebakaran bersama yang berfokus pada pelatihan masyarakat setempat untuk memadamkan kebakaran, yang dikenal sebagai Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Kebakaran dan titik api telah menurun selama lima tahun terakhir.

Tidak hanya itu, Perusahaan menjalankan program kemasyarakatan yang bertujuan untuk memberikan pendapatan tambahan dan meningkatkan ketahanan pangan bagi 60 masyarakat desa melalui pertanian organik dan tanaman komersial. Program ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat lokal bahwa mereka tidak perlu menggunakan api untuk membuka lahan atau membuka lebih banyak hutan untuk kebutuhan dasar mereka.

SBA telah diselenggarakan sejak tahun 2012 di lima negara, yaitu Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Thailand. Tahun ini, 100 peserta mengikuti Singapore Awards yang memiliki 12 kategori utama. Jumlah peserta tahun ini meningkat dari tahun lalu yang hanya 87 peserta, dan sebanyak 24 organisasi membawa pulang penghargaan tersebut.

SBA adalah acara yang diselenggarakan oleh Global Initiatives (GI) – sebuah perusahaan yang berbasis di Singapura yang berfokus pada isu-isu seputar keberlanjutan dan data science. Didirikan pada tahun 2006, GI memiliki sejarah panjang berkolaborasi dengan lembaga multilateral seperti afiliasi PBB, regulator, perusahaan, dan akademisi.

===Selesai===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 536.877 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 Juni 2021. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati. Didirikan pada 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$2,2 miliar per 30 Juni 2021. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen.

GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1992. Sinar Mas Agribusiness and Food berfokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Produk perusahaan dikirimkan kepada basis pelanggan yang beragam di lebih dari 70 negara melalui jaringan distribusi global dengan kemampuan pengapalan dan logistik, pemasaran berdasarakan area tujuan, on-shore refining dan ex-tank operations di berbagai negara. Sinar Mas Agribusiness and Food juga memiliki bisnis penunjang lainnya seperti produk berbahan dasar kacang kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Beni Wijaya
Corporate Communications Officer
beni.wijaya@sinarmas-agri.com

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail