menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food luncurkan dua edisi baru buku cerita anak “Rumbun dan Sahabat Rimba” untuk mempromosikan edukasi pencegahan kebakaran di sekolah

Posted: Sep 12, 2022 5 minute read SMART 148 views

Riau, 31 Agustus 2022 – Sinar Mas Agribusiness and Food hari ini meluncurkan edisi kedua dan ketiga buku cerita anak “Rumbun dan Sahabat Rimba” di Siak, Riau, sebagai bagian dari program jangka panjang pencegahan kebakaran berbasis masyarakat Desa Makmur Peduli Api (DMPA). Buku cerita ini diharapkan akan membantu guru untuk memberikan edukasi kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tentang pentingnya mencegah kebakaran hutan, dan melestarikan lahan gambut.

Edisi pertama buku cerita ini diluncurkan di dan sekitar wilayah operasional perusahaan yang rawan kebakaran. Bekerja sama dengan dinas pendidikan dan guru setempat, edisi pertama buku cerita “Rumbun dan Sahabat Rimba” memberikan informasi yang mudah dipahami kepada anak-anak SD tentang kebakaran hutan dan tindakan pencegahannya. Sekitar 6.000 buku cerita tersebut dibagikan ke sekolah-sekolah di daerah rawan kebakaran seperti di Sumatra, Kalimantan dan Papua. Selanjutnya, dalam beberapa bulan ke depan sekitar 7.500 buku cerita “Rumbun dan Sahabat Rimba” edisi dua dan tiga akan dibagikan kepada anak-anak, guru dan masyarakat di seluruh area perkebunan Perusahaan yang berada di daerah rawan kebakaran.

Pendongeng cilik, Felicia Christine Loveilius mendongeng di hadapan siswa siswi Sekolah Dasar (SD)

Septianus Harianja, Vice President Agronomy Sinar Mas Agribusiness and Food untuk area Riau mengatakan, “Upaya mitigasi kebakaran Perusahaan antara lain berfokus pada solusi jangka panjang untuk mencegah kebakaran hutan di dalam dan sekitar area konsesi kami. Anak-anak adalah masa depan kami dan pendidikan dini tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan merupakan hal yang penting. Dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan para guru, kami berharap dapat menumbuhkan pemahaman siswa tentang kebakaran hutan, dampaknya terhadap ekosistem, dan langkah-langkah pencegahan proaktif yang dapat dimulai sejak usia muda.”

Menyusul keberhasilan peluncuran edisi pertama di tahun 2020, kedua edisi baru ini memberikan pengenalan kepada anak-anak akan kelompok-kelompok yang terlibat dalam manajemen dan pencegahan kebakaran, alat dan perlengkapan yang digunakan, serta pentingnya menjaga lahan gambut. Di acara peluncuran yang diselenggarakan di Riau, sekitar 75 siswa, guru dan kepala sekolah dari beberapa sekolah di Siak mengikuti kegiatan mendongeng, permainan edukasi gambut, pengenalan sarana dan prasarana pemadam kebakaran lahan, dan simulasi secara langsung cara memadamkan api oleh tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) Perusahaan dan Masyarakat Siaga Api (MSA).

Simulasi pemadaman api oleh Tim Kesiapsiagaan Tanggap Darurat (KTD) Sinar Mas Agribusiness and Food dan Masyarakat Siaga Api (MSA) binaan Perusahaan kepada siswa-siswi SD dan SMP

Sebagai bagian dari pendekatan multi-stakeholder kami untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, kami juga telah bermitra dengan Manggala Agni, yang biasa dikenal sebagai Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di bawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk memperkuat kemampuan pencegahan kebakaran tim kami. Edwin Putra, S.Hut, M.Si, Koordinator Wilayah Manggala Agni Provinsi Riau mengatakan, “Misi kami adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran, baik terhadap sumber daya hutan maupun masyarakat. Melalui inisiatif ini, generasi muda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebakaran hutan dan didorong untuk memberikan advokasi praktik-praktik yang bertanggung jawab terkait pencegahan dan pengendalian kebakaran.”

Pendekatan terpadu untuk pencegahan kebakaran
Kebakaran hutan dan lahan gambut di Indonesia adalah salah satu masalah lingkungan yang paling menahun di negara ini. Sebagai Perusahaan agribisnis berkelanjutan dengan kegiatan operasional perkebunan di Indonesia, Sinar Mas Agribusiness and Food berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya secara bertanggung jawab untuk melindungi lingkungan dan ekosistem yang penting bagi masyarakat setempat dan juga bisnis kami. Melalui kepatuhan yang ketat terhadap Kebijakan Nihil Bakar, 99,97 persen area Sinar Mas Agribusiness and Food bebas kebakaran selama tahun 2021.

Sebelumnya, pada tahun 2016, Sinar Mas Agribusiness and Food meluncurkan DMPA, yang mencakup berbagai inisiatif yang dirancang untuk mencegah dan mengelola kebakaran, termasuk penyebaran lebih dari 10.000 Personil Tanggap Darurat yang bersiaga di seluruh perkebunan kami.

Tim Fire and Peat Management Sinar Mas Agribusiness and Food mengenalkan sarana dan prasarana pemadam kebakaran pada siswa Sekolah Dasar dan Menengah.

Program DMPA membangun kapasitas masyarakat lokal untuk mencegah dan mengatasi kebakaran melalui pelatihan pencegahan kebakaran, penyediaan infrastruktur dasar pemadam kebakaran, dan membangun proses peringatan dini untuk menghadapi risiko kebakaran. Hingga saat ini, 90 desa telah terdaftar dalam program DMPA di Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

“Pencegahan kebakaran hutan dan lahan dimulai dengan pendidikan. Buku cerita Rumbun dan Sahabat Rimba adalah sarana yang sangat baik untuk mendorong para siswa bertindak sebagai agen perubahan untuk mencegah dan melindungi lingkungan kita dari kebakaran hutan dan lahan. Anak-anak sangat senang membaca buku cerita dan kemudian membagikan pengetahuan yang mereka dapatkan kepada orang lain,” pungkas Diky Ardianto, Guru SMP Negeri 6 Kandis, Riau.

Untuk informasi lebih lanjut tentang program pencegahan kebakaran Sinar Mas Agribusiness and Food, silakan kunjungi: https://www.smart-tbk.com/fire-prevention/

===SELESAI===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 537.720 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 Juni 2022. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Didirikan pada 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$2,3 miliar per 30 Juni 2022. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,56 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1992.

Sebagai agrobisnis terintegrasi, Sinar Mas Agribusiness and Food menghadirkan rantai pasokan end-to-end yang efisien, mulai dari produksi yang bertanggung jawab hingga pengiriman global. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; pemurnian CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel dan oleokimia serta memperdagangkan produk kelapa sawit secara global. Produk Perusahaan dikirimkan ke pelanggan yang beragam ke sekitar 100 negara melalui jaringan distribusi globalnya dengan kemampuan pengiriman dan logistik, pemasaran, pemurnian di darat, dan operasi ex-tank di banyak negara. Perusahaan juga memiliki bisnis pelengkap seperti produk berbasis kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Tim Media:
Fransiska Renatta
[email protected]

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail