menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food Gelar Bakti Sosial Kesehatan Bagi 1.000 Masyarakat Kutai Timur

Posted: Aug 11, 2018 3 minute read SMART 192 views

KUTAI TIMUR – 11 Agustus 2018 – Sinar Mas Agribusiness and Food sebagai perusahaan agro bisnis global yang memiliki bisnis kelapa sawit terintegrasi dari hulu ke hilir bersama dengan relawan Tzu Chi kembali mengadakan kegiatan bakti sosial kesehatan yang diadakan pada hari Sabtu, 11 Agustus 2018. Kegiatan bakti sosial kesehatan ini diadakan di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, tepatnya di Kecematan Kongbeng dan Kecamatan Telen.

Kegiatan bakti sosial yang pelaksanaannya dipusatkan di Desa Long Segar dan Desa Makmur Jaya ini dihadiri dan dibuka oleh H. Furkani, Camat Kongbeng; Irang Ajang, Camat Wahau; Darmaji, Kapolsek Kongben dan Suryanto Bun, CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Suryanto menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial tersebut merupakan wujud kepedulian Perusahaan untuk turut serta meningkatkan kesehatan masyarakat Kutai Timur khususnya mereka yang berlokasi di sekitar Perusahaan.

“Kegiatan baksos Sinar Mas Agribusiness and Food yang telah dinanti warga desa untuk tahun ini membawa tema: “Bersama Bergandengan Tangan Kita Tebarkan Cinta Kasih Menuju Indonesia Sehat”. Pada tahun ini sebanyak 100 orang turun ke lapangan untuk membantu. Mereka terdiri dari 14 dokter, 8 apoteker dan 24 perawat dan para relawan Tzu Chi. Bantuan yang diberikan ini diharapkan mampu meningkatkan kesehatan, sekaligus produktivitas masyarakat wilayah Kutai Timur,” kata Suryanto.

Camat Kongbeng H. Furkani menyambut baik kegiatan bakti sosial kesehatan yang diselenggarakan oleh Sinar Mas Agribusiness and Food. “Kami menyampaikan banyak ucapan terimakasih pada Sinar Mas Agribusiness and Food dan Yayasan Tzu Chi. Karena bisa membantu warga kami yang sampai saat ini masih belum memiliki BPJS Kesehatan,” kata H Furkani.

Agar masyarakat bisa datang ke tempat bakti sosial tersebut, Sinar Mas Agribusiness and Food menyediakan fasilitas transportasi gratis bagi para peserta kegiatan ini. Suryanto menambahkan, “Kami ingin memastikan para warga bisa menikmati fasilitas kesehatan yang kami sediakan, dan untuk membantu hal tersebut kami menyediakan fasilitas transportasi untuk mengantar dan menjemput masyarakat untuk warga-warga yang membutuhkan.”

Kegiatan bakti sosial kesehatan ini sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab dan komitmen Perusahaan bersama dengan Yayasan Tzu Chi dalam merangkul masyarakat yang hidup di sekitarnya. Kegiatan tahunan ini sudah berjalan selama 3 tahun, dimana tahun-tahun yang lalu pesertanya sudah mencapai lebih dari 1.000 orang, dengan harapan akan semakin banyak di tahun-tahun mendatang.

Sementara itu, Ketua Yayasan Tzu Chi Sinar Mas Agribusiness and Food Wilayah Kutai Timur, H Waloya menyampaikan kegiatan Baksos Tzu Chi beragam. Selain pengobatan umum juga ada program pengobatan katarak. Selanjutnya ada operasi hernia, bibir sumbing. Juga ada pemberian beasiswa untuk anak-anak warga sekitar yang berstatus pelajar SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

“Sampai saat ini penerima beasiswa di wilayah Kutai Timur sudah mencapai 92 penerima. Bantuan kami berikan secara rutin bersama dengan Yayasan Tzu Chi Sinarmas,” pungkas Waloya.

Tahun 2017 lalu, Sinar Mas Agribusiness and Food telah membantu masyarakat melalui penyediaan sekitar 330 personel kesehatan, dan lebih dari 150 klinik yang tersebar di area operasional perusahaan di seluruh Indonesia. Dimana lebih dari 860 orang per harinya datang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Tersedia juga vaksinasi, hingga pemberian nutrisi untuk lebih dari 1.900 anak-anak, dan pemeriksaan gigi gratis untuk lebih dari 3.900 orang.

-selesai-

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 500.345 hektar (termasuk kebun milik petani swadaya) per tanggal 31 Maret 2018. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 3,4 miliar per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail