menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food Gandeng Universitas Tanjungpura Lakukan Riset Keanekaragaman Hayati di Kalimantan Barat

Posted: Oct 25, 2022 3 minute read SMART 91 views

Pontianak, 25 Oktober 2022 — Sinar Mas Agribusiness and Food dan Universitas Tanjungpura menandatangani perjanjian kerja sama riset keanekaragaman hayati di area konservasi perusahaan yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan yang akan berlangsung selama satu tahun ini meliputi pemantauan kucing hutan, studi keragaman kantong semar, dan studi pendeteksian spesies melalui teknik DNA lingkungan (enviromental DNA/e-DNA). Program ini bertujuan menjaga dan meningkatkan kualitas keanekaragaman hayati.

Menurut Head of Conservation Assessment Department, Sinar Mas Agribusiness and Food, Ahmad Yudana, keanekaragaman hayati merupakan komponen penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Area yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi akan lebih dapat menjamin keberlanjutan proses ekologi, termasuk mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

“Berdasarkan kajian keanekaragaman hayati di area perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food, beragam spesies flora maupun fauna masih terjaga dengan baik keberadaannya,  terutama pada area-area yang menjadi areal konservasi perusahaan. Meskipun demikian, dibutuhkan penelitian lanjutan bersama para mitra, dalam hal ini perguruan tinggi, untuk memperbarui informasi keanekaragaman hayati yang ada,” ujar Yuda.

Penandatanganan kerja sama riset keanekaragaman hayati
Proses penandatanganan kerja sama riset keanekaragaman hayati antara Sinar Mas Agribusiness and Food dan Universitas Tanjungpura (UNTAN) di Ruang Sidang Lantai 3 UNTAN.

Kajian riset ini merupakan pengembangan dari kegiatan 2017 lalu, yakni riset yang dilakukan perusahaan mengenai keberadaan mamalia. Pada penelitian itu, dijumpai spesies kucing hutan jenis kucing tandang dan kucing batu. Sinar Mas Agribusiness and Food beserta Universitas Tanjungpura kemudian sepakat meneliti lebih lanjut tentang keberadaan spesies tersebut.

Pada studi kali ini, para peneliti juga akan mempelajari dan mendata dengan lebih detil varietas dari tumbuhan kantong semar yang sering dijumpai di area konservasi perusahaan. Sementara itu, teknik DNA lingkungan akan mendeteksi flora dan fauna asli pada area tersebut, yang kemudian akan digunakan sebagai dasar dari upaya konservasi perusahaan ke depannya. Hal ini merupakan langkah penting untuk menjaga, mempertahankan, dan meningkatkan area konservasi yang dikelola oleh perusahaan.

Acara penandatanganan kerja sama riset keanekaragaman hayati
Foto bersama antara Sinar Mas Agribusiness and Food and Universitas Tanjungpura (UNTAN) pada acara penandatanganan kerja sama riset keanekaragaman hayati. Program yang bertujuan menjaga dan meningkatkan kualitas keanekaragaman hayati ini akan berlangsung selama satu tahun.

Tim Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Terpadu Universitas Tanjungpura, yang diwakili oleh Kiki Prio Utomo, mengatakan bahwa perguruan tinggi memiliki peran penting dalam transfer pengetahuan dan mendukung perusahaan untuk mewujudkan komitmen pelestarian lingkungan. Menurut Kiki, perguruan tinggi bukan hanya berfungsi sebagai tempat berkembangnya pengetahuan, tetapi juga menawarkan solusi terhadap apa yang dihadapi mitra di lapangan.

“Kolaborasi ini membuka ruang bagi kedua pihak untuk mengembangkan kepakarannya masing-masing dan meningkatkan terus kualitas pengelolaan area konservasi yang ada. Bagi perguruan tinggi, kami dapat mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di lingkungan kampus, dan perusahaan akan memperoleh manfaat dari identifikasi keanekaragaman hayati di areanya,” ungkap Kiki.

===SELESAI===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 537.720 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 Juni 2022. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Didirikan pada 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$2,3 miliar per 30 Juni 2022. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,56 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1992.

Sebagai agrobisnis terintegrasi, Sinar Mas Agribusiness and Food menghadirkan rantai pasokan end-to-end yang efisien, mulai dari produksi yang bertanggung jawab hingga pengiriman global. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; pemurnian CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel dan oleokimia serta memperdagangkan produk kelapa sawit secara global.

Produk perusahaan dikirimkan ke pelanggan yang beragam ke sekitar 100 negara melalui jaringan distribusi globalnya dengan kemampuan pengiriman dan logistik, pemasaran, pemurnian di darat, dan operasi ex-tank di banyak negara. Perusahaan juga memiliki bisnis pelengkap seperti produk berbasis kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Tim Media:
Adam Rahadian Ashari
(adam.r.ashari@sinarmas-agri.com)

 

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail