menu bar
close-grey

Sinar Mas Agribusiness and Food Bergabung dengan World Business Council for Sustainable Development

Posted: Feb 09, 2024 3 minute read SMART 125 views

Jakarta, 7 Februari 2024 – World Business Council for Sustainable Development (WBCSD) mengumumkan bahwa Sinar Mas Agribusiness and Food, perusahaan agrobisnis dan produsen minyak kelapa sawit global terkemuka, bergabung menjadi anggota terbaru dalam jejaring bisnis global yang terdiri dari 200 perusahaan yang berkomitmen pada percepatan transisi menuju dunia yang lebih berkelanjutan.

Sinar Mas Agribusiness and Food akan berkontribusi pada Jalur Pertanian & Pangan, yang bertujuan meningkatkan kolaborasi di di antara berbagai sektor dan mendukung alur kerja mata pencaharian yang berkeadilan. Fokus utama Sinar Mas Agribusiness and Food dalam alur kerja ini adalah mendukung terciptanya sistem pertanian dan pangan yang berkembang dan tangguh sehingga mendukung penghidupan yang adil bagi seluruh pekerja, dengan menempatkan kesejahteraan petani sebagai inti dari sistem pangan.

Sistem pangan bertanggung jawab terhadap kurang lebih sepertiga emisi gas rumah kaca yang disebabkan aktivitas manusia. Pengumuman baru-baru ini seperti deklarasi COP28 mengenai pertanian berkelanjutan dan peta jalan global FAO untuk sistem pertanian pangan menunjukkan semakin berkembangnya konsensus global mengenai peran terpadu yang harus dijalankan sektor pertanian dan pangan dalam solusi iklim.

Terkait keputusan Sinar Mas Agribusiness and Food untuk bergabung dengan organisasinya, Presiden & CEO WBCSD Peter Bakker mengatakan, “Kami sangat senang menyambut bergabungnya Sinar Mas Agribusiness and Food ke jaringan global kami dan merayakan komitmennya dalam mendorong perubahan positif pada sistem pertanian dan pangan. Kolaborasi ini menggarisbawahi keyakinan kami bahwa sistem pangan dapat menjadi bagian vital dari solusi krisis iklim dan alam, dengan penciptaan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan—dari dunia usaha, petani hingga investor dan pemerintah daerah. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Sinar Mas Agribusiness and Food dan memanfaatkan keahlian kolektif dalam komunitas kami untuk mewujudkan perubahan yang ambisius dan diperlukan demi mewujudkan dunia yang lebih berkelanjutan.”

Upaya kolaborasi ini akan ditekanan pada penghitungan dan metrik data Cakupan 3 untuk menelusuri dan mengukur kontribusi praktik pertanian terhadap target iklimnya, dengan tujuan menyeluruh yaitu melindungi, memulihkan, dan memperkuat kapasitas alam dalam menyediakan jasa ekosistem.

Selain itu, partisipasi Sinar Mas Agribusiness and Food sebagai anggota organisasi ini bertujuan memajukan pencapaian Prinsip-Prinsip Panduan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengenai Bisnis dan Hak Asasi Manusia, dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya kolektif kelompok untuk mendorong perubahan positif sekaligus membawa perspektif bisnis Asia Tenggara dalam menangani berbagai prioritas global.

“Di WBCSD, kami tergabung dengan jaringan perusahaan global yang bertujuan mempercepat dan memperluas praktik berkelanjutan di bidang-bidang yang paling penting bagi bisnis, lingkungan, dan masyarakat tempat Perusahaan beroperasi,” ungkap Jesslyne Widjaja, Direktur Eksekutif Sinar Mas Agribusiness and Food. “Sinar Mas Agribusiness and Food meyakini kekuatan kemitraan untuk mengatasi permasalahan yang kompleks dan saling terkait, dan kami berharap dapat belajar dan berkembang bersama WBCSD beserta anggotanya untuk mewujudkan perubahan yang ambisius dan diperlukan dalam mendukung transisi menuju dunia yang lebih berkelanjutan.”

Berpedoman pada Kebijakan Sosial dan Lingkungan (KSLG) yang komprehensif, Sinar Mas Agribusiness and Food menetapkan standar terdepan di industri minyak kelapa sawit untuk praktik bisnis berkelanjutan di seluruh rantai pasoknya. Komitmen ini menegaskan etos Sinar Mas Agribusiness and Food dalam menyelaraskan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pelestarian lingkungan.

===SELESAI===

 

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 534.456 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 September 2023. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Sinar Mas Agribusiness and Food berfokus pada produksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utama perusahaan ini meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan inti sawit; perdagangan dan penyulingan CPO menjadi produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit di seluruh dunia. Perusahaan ini juga beroperasi di Tiongkok dan India, termasuk pelabuhan laut dalam, pabrik pengolahan biji minyak, kemampuan produksi untuk produk minyak nabati yang dimurnikan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Perusahaan induknya, GAR didirikan pada tahun 1996 dan tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan kapitalisasi pasar sebesar US$2,5 miliar pada tanggal 30 September 2023. Flambo International Limited, sebuah perusahaan investasi, saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,56 persen. GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perusahaan, silakan mengunjungi https://www.smart-tbk.com

Untuk pertanyaan media, silakan hubungi:
[email protected]

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail