menu bar
close-grey

Satu pijakan di setiap belahan dunia: Perusahaan kami sebagai penghubung

Posted: Oct 10, 2023 4 minute read SMART 377 views

Dengan semakin dekatnya pemberlakuan Peraturan Deforestasi Uni Eropa (European Union Deforestation Regulation/EUDR), hampir semua pihak yang berkecimpung dalam bisnis komoditas kian membicarakan hal tersebut – termasuk kami.

Namun, peran Eropa dalam membentuk masa depan minyak kelapa sawit berkelanjutan tidak hanya mencakup perubahan regulasi. Eropa telah dan terus menjadi pendukung utama gerakan minyak kelapa sawit berkelanjutan global, dan berpengaruh besar dalam mendorong inisiatif keberlanjutan di seluruh dunia.

Eropa: Memperjuangkan minyak kelapa sawit berkelanjutan

Kendati total penggunaan minyak kelapa sawitnya turun dari 8,39 juta ton pada tahun 2019 menjadi 7,48 juta ton pada 2021, Eropa tetap merupakan pendukung kuat bagi gerakan minyak kelapa sawit berkelanjutan di tingkat global.

Perusahaan-perusahaan yang berbasis di Eropa berperan penting dalam keberhasilan gerakan keberlanjutan yang tengah berlangsung. Angka-angka dalam data terkait membuktikan bahwa Eropa memimpin dalam hal konsumsi Minyak Kelapa Sawit Bersertifikasi Berkelanjutan (Certified Sustainable Palm Oil/CSPO) dunia, yang tercatat sebesar 45 persen dari total konsumsi global. Komitmen Eropa terhadap keberlanjutan dapat tercermin dari penggunaannya atas CSPO dan Minyak Inti Sawit Bersertifikasi Berkelanjutan (Certified Sustainable Palm Kernel Oil/CSPKO), dengan 93 persen dari impor minyak kelapa sawit untuk makanan, pakan, dan oleokimia telah memperoleh sertifikasi berkelanjutan.

Di luar pasar, berbagai negara Uni Eropa telah menyusun proyek keberlanjutan nasional untuk minyak kelapa sawit. Upaya sejumlah organisasi tersebut telah meningkatkan minat terhadap minyak kelapa sawit berkelanjutan dan mengedukasi masyarakat mengenai transformasi di sektor minyak kelapa sawit beberapa tahun terakhir ini.

Pasangan serasi

Sebagai wilayah yang ekspor minyak kelapa sawit internasionalnya sangat bergantung pada Eropa, industri minyak kelapa sawit Amerika Latin (Latin America/LatAm) sangat terpengaruh oleh setiap perubahan di pasar Eropa.

Untungnya, LatAm memiliki posisi yang baik untuk memproduksi minyak kelapa sawit secara bertanggung jawab. Tidak hanya memiliki tingkat produksi Minyak Kelapa Sawit Bersertifikasi Berkelanjutan tertinggi (27 persen) di antara seluruh kawasan di seluruh dunia, LatAm juga mempunyai riwayat jelas dalam memutus kaitan deforestasi dengan minyak kelapa sawit melalui pemanfaatan lahan yang sebelumnya dibuka untuk perkebunan.

Tahukah Anda?

Selain diperdagangkan di kawasan itu sendiri, hampir seluruh minyak kelapa sawit dari LatAm dipasarkan di Uni Eropa.

Dan sebagai kawasan penghasil minyak kelapa sawit terbesar kedua di dunia, dengan potensi pertumbuhan yang besar, LatAm dapat membantu memenuhi permintaan minyak kelapa sawit global yang terus meningkat. Menjelang EUDR yang diberlakukan sebentar lagi, kondisi yang menguntungkan bagi produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan menjadikan komoditas ini kandidat ideal untuk memenuhi kebutuhan pasar Uni Eropa.

Satu pijakan di setiap belahan dunia

Sebagai perusahaan global dengan fondasi keberadaan yang kuat di kedua kawasan tersebut, Perusahaan kami memiliki posisi yang baik untuk mendukung dan menghubungkan pembeli di Uni Eropa maupun produsen kelapa sawit di LatAm.

Kami memasuki pasar Uni Eropa pada awal 2015 sebagai Victory Tropical Oil. Dengan fokus awal membangun keberadaan Perusahaan di Mediterania, dengan cepat kami mengembangkan bisnis distribusi Minyak Sawit Mentah (Crude Palm Oil/CPO) yang kuat. Bisnis awal Perusahaan menggunakan model Cost, Insurance, and Freight (CIF), yaitu menjual dalam jumlah besar ke distributor yang kemudian menyalurkannya ke konsumen akhir.

Namun, kami bertujuan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Saat ini, kami lebih dari sekadar pemasok komoditas; Perusahaan juga berfungsi sebagai manajer rantai pasok. Melalui pembinaan hubungan dengan pelanggan, kami memperoleh wawasan tentang preferensi dan pola pembelian mereka, sehingga kami dapat menyesuaikan pengelolaan rantai pasok Perusahaan.

Lalu, apa pencapaian terbesar kami? Kepercayaan dari pelanggan jawabannya.

“Kami telah menginvestasikan banyak waktu dan upaya untuk memahami dan membangun tingkat kepercayaan pelanggan. Dan hal itu membuahkan hasil. Dulu pelanggan meminta sejumlah penawaran sebelum memutuskan untuk membeli dari kami atau dari pesaing. Sekarang, pelanggan yang sama bertanya kepada kami: Apa yang bisa kami pasok? Tidak ada lagi negosiasi harga. Mereka percaya bahwa kami kompetitif, namun yang jauh lebih penting adalah mereka menghargai dan membutuhkan tingkat layanan kami sertacara kami mengelola rantai pasok mereka,” jelas Maarten van der Hoeven, Head of Europe and LatAm

Kami membawa pola pikir tentang hubungan yang sama ke LatAm. Sebagai produsen minyak kelapa sawit, kami memahami betul tantangan yang dihadapi produsen minyak kelapa sawit di LatAm. Perusahaan juga memiliki kepentingan yang sama dalam memaksimalkan produktivitas dan melakukan transisi berkelanjutan menuju produksi minyak kelapa sawit yang bertanggung jawab.

Tujuan kami bukanlah transaksi perdagangan satu kali yang mudah. Kami ingin para petani, yang merupakan penjaga sejati lahan, dapat duduk di meja perundingan dan berkontribusi pada agenda produksi berkelanjutan.

Kami hadir untuk menghubungkan produsen kelapa sawit LatAm ke pasar Uni Eropa dengan harga bersaing, dengan cara mengajak mereka ikut serta dalam perjalanan kami dalam menyediakan bahan pangan dan bahan bakar bagi dunia secara berkelanjutan.

Dengan satu pijakan di setiap belahan dunia, Perusahaan berfungsi sebagai jembatan efektif antara Uni Eropa dan LatAm. Kami juga menawarkan pengalaman Perusahaan selama bertahun-tahun sebagai salah satu produsen minyak kelapa sawit berkelanjutan terbesar di dunia.

“Di sinilah kami menyatukan kekuatan dalam pengadaan produk di LatAm dengan kekuatan dalam distribusi dan komersialisasi di Eropa,” tutup Gerardo Pla Otanez, General Manager Europe & LatAm.

Dari kelapa sawit hingga hubungan dengan para mitra, bisnis kami terus berkembang.

Baik sebagai produsen minyak kelapa sawit di LatAm maupun pembeli dari Uni Eropa, jika Anda tertarik bekerja sama dengan kami, silakan hubungi kami di sini.

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail