menu bar
close-grey

Satu hari kehidupan sebagai staf kualitas dan keamanan pangan

Posted: Jun 07, 2024 3 minute read SMART

Pernahkah Anda bertanya-tanya siapa yang memastikan bahwa makanan yang Anda makan itu aman untuk dikonsumsi?

Perkenalkan Elizabeth. Seorang Quality Assurance Customer & Supplier Compliance (CSC) Officer di unit Marunda kami ini memiliki minat kuat terhadap keamanan pangan sejak duduk di bangku sekolah menengah atas dan terus menjadi panggilan hatinya hingga saat ini.

Dalam rangka merayakan Hari Keamanan Pangan Sedunia, ikuti kami mengenal sekilas kehidupan orang-orang seperti Elizabeth yang bekerja di balik layar untuk menjamin keamanan makanan yang kita konsumsi.

Memulai hari dengan misi dan semangat

Begitu Elizabeth sampai di tempatnya bekerja, beliau siap untuk memulai hari dan menjalankan misinya.

Pagi harinya dimulai dengan meninjau umpan balik terkait produk-produk yang cacat yang ia peroleh dari tim pengendalian mutu. Beliau dan timnya berada di garis depan operasional, menangani masalah kualitas dari pelanggan dan menyelidiki setiap masalah dengan teliti. Tidak hanya menyelesaikan isu terkait kualitas, tetapi juga menggali lebih dalam untuk mencari akar penyebabkan agar isu tersebut tidak terulang di masa depan.

Tanggung jawabnya tidak hanya itu. Elizabeth juga bertanggung jawab untuk mengaudit pemasok dan mengeluarkan permintaan tindakan korektif kepada pemasok sehingga produk dan bahan yang dipasok ke depannya dapat memenuhi standar serta bebas dari cacat. Beliau juga mengawasi pengendalian hama di seluruh pabrik guna menjaga lingkungan bebas kontaminan.

Salah satu peran Elizabeth adalah memastikan bahwa semua masalah kualitas ditangani dengan baik dan memenuhi standar yang ketat

“Salah satu alasan mengapa saya memilih bekerja di bidang keamanan pangan adalah karena dapat terlibat di beberapa proses, mulai dari pemilihan bahan hingga audit pemasok hingga pengiriman produk akhir.

Setiap detail penting, dan perubahan kecil bisa berdampak besar. Kompleksitas ini berarti selalu ada sesuatu yang baru untuk dipelajari. Pada saat yang sama, peran ini membuat saya merasa bisa benar-benar membuat perbedaan dalam cara produk kami dinilai oleh konsumen,” kata Elizabeth.

“Di balik produk unggulan kami terdapat bahan-bahan berkualitas tinggi. Itulah mengapa kami sangat ketat dalam menilai sumber bahan baku kami dan apa yang terkandung di dalamnya.”

– Elizabeth

Memberikan yang terbaik untuk sukses

Menjelang siang, Elizabeth mempelajari hasil audit terbaru, mencari pola dan area yang perlu dibenahi dan ditingkatkan. Kemampuan analitisnya sebagai aspek utama dalam mempertahankan standar kualitas yang tiggi telah diasah selama beliau magang di Perusahaan.

“Saat saya mulai bekerja di Perusahaan ini, fondasinya yang kokoh serta jangkauan globalnya yang kuat benar-benar menarik perhatian saya. Saya menyadari bahwa Perusahaan selalu mendasarkan keputusannya pada penelitian yang solid dan data yang akurat, bukan hanya asumsi. Saya sangat terkesan dengan bagaimana Perusahaan begitu tangkas dalam merespons tantangan industri. Salah satu contohnya yaitu ketika Departemen QFS unit Marunda kami memimpin dalam analisis kontaminan lanjutan seperti 3-MCPD/GE dan MOSH MOAH,” ujar Elizabeth.

Pengalaman Elizabeth di Perusahaan diperkuat oleh kerja sama tim yang solid dan dukungan dari rekan-rekannya sejak masa magangnya. Beliau masih ingat tugas pertamanya – sebuah proyek kemamputelusuran yang cukup menantang sehingga mengharuskannya bekerja melewati jam kantor.

“[Proyek tersebut] cukup membuat stres karena benar-benar baru bagi saya. Tetapi di sisi lain, tanpa pengalaman itu, saya mungkin tidak akan tahu betapa suportifnya rekan-rekan kerja saya,” kata Elizabeth. Dengan kesabaran dan bimbingan dari rekan-rekannya, yang meluangkan waktu untuk menjelaskan setiap langkah dalam proses produksi, beliau berhasil menyelesaikan tugasnya.

Kerja sama tim ini menanamkan pola pikir dalam diri Elizabeth bahwa ‘cukup adalah ketika kita memberikan yang terbaik’. “Memberikan yang terbaik adalah yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang keamanan pangan,” katanya. “Saya senang berada bersama tim yang luar biasa yang bersama-sama mengejar tujuan yang sama.”

Elizabeth dan timnya di departemen QFS, menunjukkan dedikasi mereka terhadap keamanan pangan melalui perbaikan kecil setiap hari

Minatnya yang kuat terhadap keamanan pangan bertumbuh dari keyakinan bahwa kualitas dan keamanan adalah saling berkaitan erat. “Kualitas dan keamanan pangan perlu dijamin sepanjang rantai pasok produk – mulai dari penerimaan bahan baku, produksi, hingga pengiriman,” katanya. “Persepsi pelanggan dan konsumen terhadap kualitas produk kami memengaruhi citra dan permintaan terhadap Perusahaan, sehingga sangat penting untuk menjaga kepercayaan mereka.”

Setiap hari adalah hari keamanan pangan

Bagi Elizabeth, Hari Keamanan Pangan Sedunia bukanlah hari penting tahunan, melainkan kenyataan yang ia jalani sehari-hari.

“Setiap hari adalah Hari Keamanan Pangan bagi saya,” katanya. “Mengetahui bahwa pekerjaan saya membantu menjaga makanan yang kami produksi tetap aman dan berkualitas tinggi membuat semua kerja keras itu sepadan.”

Hari istimewa ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk menghargai para profesional seperti Elizabeth yang bekerja tanpa lelah untuk memastikan makanan yang sampai meja kita aman untuk dikonsumsi.

 

—-

Perusahaan berkomitmen untuk memenuhi standar tertinggi keamanan pangan melalui teknologi pengendalian mutu yang canggih serta langkah-langkah yang ketat.

Pelajari lebih lanjut tentang pendekatan proaktif kami dalam menjaga keamanan pangan di sini.

—-

fb twitter linkedin mail