Ruang Berita

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Terkait Dengan Penyebaran Virus Covid-19

Apa langkah perusahaan dalam rangka meminimalisir penyebaran Covid-19 pada seluruh operasinya?

Sehubungan dengan penyebaran COVID-19 yang semakin meluas, Sinar Mas Agribusiness and Food menerapkan langkah-langkah pencegahan di tempat kerja untuk menjamin keselamatan dan keamanan seluruh staf kami, serta meminimalisir gangguan virus terhadap bisnis kami.

Di Indonesia, kami melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Menggunakan teknologi bekerja jarak jauh, seperti konferensi video sebagai pengganti pertemuan tatap muka.
  2. Mempertimbangkan perjalanan dinas.
  3. Melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk pengecekan suhu tubuh harian terhadap seluruh staf dan pengunjung. Mendorong staf kami yang sakit untuk memonitor diri sendiri serta mengarantina diri jika sakit.
  4. Mengedukasi karyawan tentang kendali infeksi.
  5. Mendesinfeksi lingkungan tempat kerja secara rutin.
  6. Menyediakan cairan sanitizer dan masker operasi di seluruh kantor.

Di Singapura dan Cina, kami melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Membuat rencana untuk pengaturan tim kerja secara bergantian atau terpisah yang dapat dikerahkan pada jadwal kerja serta lokasi yang berbeda demi meminimalisir gangguan serta infeksi virus.
  2. Menggunakan teknologi bekerja jarak jauh seperti konferensi video sebagai pengganti pertemuan tatap muka.
  3. Melangsungkan pemeriksaan kesehatan termasuk pengecekan suhu tubuh harian terhadap seluruh staf dan pengunjung. Mendorong staf kami yang sakit untuk memonitor diri sendiri serta mengarantina diri jika sakit.
  4. Mengedukasi karyawan tentang kendali infeksi.
  5. Mendesinfeksi lingkungan tempat kerja secara rutin.
  6. Membuat rencana evakuasi apabila ada staf yang terinfeksi di tempat kerja.

Seluruh kantor Sinar Mas Agribusiness and Food/Golden Agri-Resources secara global akan menyetujui dan menerapkan seluruh protokol yang dianjurkan otoritas nasional (dan jika relevan, diterapkan secara regional).


 

Apa tindakan perusahaan untuk memastikan para pekerjanya menjaga kebersihan diri dengan baik?

Kami melangsungkan sesi berbagi secara rutin bersama karyawan, khususnya di bisnis pengilangan kami, untuk memberi wawasan dan mengedukasi mereka mengenai Covid-19, gejalanya, serta langkah-langkah untuk mencegah penyebarannya. Melalui sesi berbagi ini, kami meningkatkan kesadaran karyawan kami mengenai pentingnya kebersihan diri yang baik. Kami juga telah menempatkan spanduk dan poster di sekitar tempat kerja untuk memperkuat pesan tersebut.


 

Bagaimana cara perusahaan memonitor kesehatan karyawannya?

Kami melakukan pemeriksaan kesehatan termasuk mengecek suhu tubuh harian terhadap seluruh staf dan pengunjung, dan kami juga telah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) apabila terdeteksi adanya penyakit.


 

Bagaimana cara perusahaan menjamin seluruh pengunjung/kontraktor dalam keadaan sehat dan menerapkan kebersihan diri yang baik?

Kami melakukan pengecekan suhu tubuh secara rutin di seluruh titik masuk dan menyediakan cairan sanitizer. Di beberapa area operasi utama, kami membatasi akses pengunjung dan kontraktor dari luar.


 

Apa langkah perusahaan untuk menjamin kebersihan di tempat kerja?
Kami melakukan pembersihan serta disinfeksi secara rutin di seluruh area kerja.

 

Apa perusahaan Anda mengimpor barang dari Cina, Jepang, dan/atau Korea? Apa tindakan perusahaan untuk menjamin pemasok kalian mengurangi     penyebaran Covid-19?
Kami sudah tidak lagi mengimpor barang atau material dari Cina, maupun dari Jepang dan Korea.

Bahan mentah kami, Minyak Sawit Mentah (CPO) serta Minyak Inti Sawit (PKO) didapatkan secara lokal dari perkebunan kami sendiri, yang terletak di berbagai provinsi di Indonesia.
Bagi sebagian kecil produk kami yang membutuhkan bahan-bahan tambahan, kami telah menjamin ketersediaan pasokannya dan telah berkomunikasi dengan para pemasok untuk memastikan bahwa mereka menerapkan proses mitigasi.


 

Apa yang perusahaan Anda lakukan untuk memastikan keandalan/kontinuitas pasokan kepada konsumen?
Fasilitas produksi kami tersebar di beberapa provinsi, sehingga dapat berfungsi sebagai penyedia pasokan cadangan bagi satu sama lain apabila dibutuhkan. Hal ini dapat menjamin keandalan serta kontinuitas pasokan dalam skenario terburuk sekalipun, di mana kami harus menutup salah satu unit fasilitas kami.