Ruang Berita

Masyarakat

Relawan PT SMART bantu lebih dari 100 pelajar Kalbar rencanakan karier masa depan


Sebagai bagian dari program CSR, para relawan dari PT SMART baru-baru ini mengadakan seminar motivasi selama tiga hari bagi pelajar SLTA di Semitau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Para relawan ini hadir untuk berdiskusi dan membantu para pelajar memetakan rencana karier untuk masa depan mereka.

Baca lebih lanjut informasi di bawah ini:

SMART Memotivasi Ratusan Pelajar SLTA di Kalbar

SEMITAU, 14 Desember 2015 – Ratusan pelajar SMA di Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat bertemu dengan karyawan dan relawan PT SMART Tbk untuk berbagi pengetahuan, menggali potensi dan memetakan masa depan mereka.

Lebih dari 150 siswa kelas tiga dari SMAN 1 Semitau dan sebelumnya dari SMAN1 Silat Hilir (10/12) mengikuti program pembekalan khusus oleh sejumlah fasilitator, guru dan nara sumber setempat di bidang pendidikan.

Sejumlah karyawan PT SMART Tbk dari berbagai unit kerja dan tim CSR perusahaan dari unit usaha Perkebunan Sinar Mas (PSM) Region Semitau terlibat aktif dalam memfasilitasi kegiatan simulasi, diskusi dan refleksi terstruktur yang memotivasi para siswa untuk meraih yang terbaik di dua SMA binaan perusahaan ini.

25_pic1s
Karyawan dari PT SMART memberi seminar motivasi pada para siswa.

Data setempat menunjukkan bahwa mayoritas siswa SLTA memilih profesi guru atau sektor informal karena terbatasnya pengarahan dan dorongan motivasi dalam menempuh jenjang pendidikan lanjutan.

Melalui kegiatan ini, relawan Sinar Mas yang bekerja di sektor agribisnis ini memberikan panduan paktis bagaimana memilih perguruan tinggi setelah lulus dari SLTA.

Susanto Yang, CEO perkebunan PT SMART Tbk wilayah Kalbar berkata, “Membangun masa depan generasi muda yang lebih baik memerlukan pondasi pendidikan dan pembangunan karakter yang kuat. Sektor ini berperan vital dalam mengakselerasi pembangunan daerah, sehingga memerlukan perhatian dan dukungan semua pihak, termasuk dari perusahaan kami.”

Program berdurasi tiga hari ini diisi dengan sosialisasi tentang program-program konservasi lingkungan di lahan sawit yang dikelola PT SMART Tbk di perkebunan-perkebunannya. Selain itu, kegiatan juga diisi dengan sesi tentang bagaimana berkarir di perkebunan sawit dengan memilih jurusan yang relevan dengan profesi di industri ini.

25_pic2s
Siswa-siswa SLTA mengambil bahagian dalam aktiviti seminar.

Maleni Hidayati, pelajar SMAN 1 Silat Hilir, berkata bahwa dirinya tidak pernah membayangkan sebelumnya bahwa acara ini dapat dilaksanakan di sekolahnya untuk pertama kalinya. Ia mengatakan, “Saya memperoleh banyak pengetahuan tentang bagaimana menggali potensi, bakat dan minat saya. Besar harapan saya bahwa kegiatan ini dapat berlanjut dimasa datang.”

Contoh-contoh program yang telah dijalankan oleh PT SMART Tbk adalah seperti pembangunan sarana air bersih di desa Mantan dan Menapar, pemberian 38 unit penghasil energi tenaga surya bagi warga desa Sentabai Dusun Sungai Putat, pelatihan guru bagi 13 sekolah dasar di Kecamatan Suhaid, pembangunan gedung sarana ibadah dan gedung serbaguna di Kabupaten Ketapang.

Program pembekalan intensif berbentuk semiloka ini didukung sepenuhnya oleh PT SMART Tbk di propinsi Kalimantan Barat.

| | |