menu bar
close-grey

PT SMART Tbk Cetak Rekor Volume Penjualan di Tahun 2023

Posted: Jun 05, 2024 2 minute read SMART
  • Strategi SMART yang berfokus pada optimalisasi nilai di sepanjang rantai operasional menghasilkan marjin EBITDA yang sehat sebesar 5,7%
  • Untuk tahun buku 2023, SMART akan membagikan dividen sebesar Rp95,- per saham

Jakarta, 5 Juni 2024 – PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (”SMART” atau ”Perseroan”) mencapai kinerja yang tetap baik di tahun 2023 di tengah normalisasi harga pasar CPO setelah mencapai rekor tertingginya di tahun 2022. Penurunan harga jual ini sebagian dikompensasi oleh pencapaian rekor volume penjualan sebesar 5,5 juta ton, hingga menghasilkan penjualan bersih sebesar Rp67 triliun di tahun 2023. Strategi Perseroan yang berfokus pada optimalisasi nilai di sepanjang rantai operasional mendukung pencapaian EBITDA sebesar Rp 3,8 triliun dan laba bersih sebesar Rp 918 miliar. Pencapaian ini dilaporkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Perseroan di Plaza Sinar Mas Land, Jakarta hari ini.

Sehubungan dengan kinerja Perseroan untuk tahun buku 2023, Wakil Direktur Utama sekaligus Corporate Secretary Perseroan, Bapak Jimmy Pramono menyampaikan: ”Kami bersyukur SMART mencatatkan kinerja yang baik di tengah kondisi pasar yang berfluktuasi. Menghadapi situasi yang dinamis ini, Perseroan tetap fleksibel dan mempertahankan fokus dalam mengoptimalkan nilai di sepanjang rantai bisnis. Inovasi dan penerapan kemajuan teknologi yang pesat, menjadikan Perseroan tangkas dan tangguh. Keterampilan ini sangat diperlukan mengingat permintaan pasar dan tantangan industri yang juga berubah dengan cepat.”

Fokus strategi Perseroan adalah meremajakan kebun melalui upaya penanaman kembali dan penerapan mekanisasi secara intensif guna mempertahankan keunggulan atas produktivitas dan biaya. Inisiatif lainnya adalah mengembangkan bisnis bernilai tambah secara strategis. SMART terus memperluas portofolio produknya guna memenuhi permintaan pelanggan yang senantiasa berkembang. Perseroan juga menginvestasikan sumber daya dalam praktik produksi yang bertanggung jawab di sepanjang rantai nilai operasional dengan berfokus pada kemamputelusuran dan segregasi.

Selanjutnya, pemegang saham Perseroan menyetujui untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp95,- per saham atau sejumlah Rp273 miliar, berkisar 30 persen dari laba bersih Perseroan tahun 2023.

Dalam RUPST, pemegang saham SMART menyetujui dan mengesahkan Laporan Tahunan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023.

 

 

Tentang PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (“SMART”)

SMART adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terkemuka di Indonesia dengan pengelolaan perkebunan seluas 134.900 hektar (termasuk perkebunan plasma) per 31 Maret 2024. Perusahaan memiliki operasi yang terintegrasi yang berfokus pada produksi yang bertanggung jawab dan berbasis teknologi.

Didirikan pada tahun 1962, SMART tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992. SMART berfokus pada produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Kegiatan usaha utama mencakup pembudidayaan dan pemanenan tanaman kelapa sawit, pemrosesan tandan buah segar menjadi minyak kelapa sawit mentah dan inti sawit, hingga memprosesnya menjadi beragam produk bernilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel, dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia.

Selain memproduksi minyak curah dan industrial, produk rafinasi SMART juga dipasarkan dengan beberapa merek seperti Filma dan Kunci Mas, yang diakui kualitasnya di Indonesia.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Tim Media Sinar Mas Agribusiness and Food

Annisa Indrayanti
annisa.indrayanti@sinarmas-agri.com

Adam Rahadian Ashari
adam.r.ashari@sinarmas-agri.com

fb twitter linkedin mail