Ruang Berita

Rantai Pasok

PT SMART menyelenggarakan lokakarya bagi lebih dari 80 perusahaan pemasok


Keberlanjutan dalam rantai pasok kami merupakan komitmen bersama – mitra pemasok kami membantu kami mewujudkan tujuan keberlanjutan kami, dan kami membantu mendorong keberlanjutan dalam proses dan praktek bisnis mereka. Kami berharap dapat terus meningkatkan standar industri kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia dengan berbagi pengalaman, pengetahuan dan keahlian melalui pelatihan dan bantuan teknis untuk memastikan bahwa seluruh sumber daya manusia kami memiliki kemampuan dan motivasi yang tepat untuk melaksanakan rencana-rencana kerja kami.

Terkait dengan hal ini, PT SMART belum lama ini menyelenggarakan lokakarya di Medan bagi lebih dari 150 karyawan senior dari 80 perusahaan pemasok. Perusahaan seperti Bumitama, Pasifik Agro, Asian Agri dan PTPN akan membahas manfaat dan peluang kolaborasi dengan PT SMART dalam aktivitas operasional mereka sesuai dengan PT SMART Social and Environmental Policy atau Kebijakan Sosial dan Lingkungan PT SMART dalam memasok minyak sawit mentah (crude palm oil, CPO) dan inti sawit (palm kernel, PK) ke fasilitas pengolahan PT SMART di Indonesia.

Lokakarya hari ini dibuka oleh Bapak Bayu Krisnamurthi, Direktur Utama BPDP Kelapa Sawit dan Bapak Agus Purnomo, Managing Director Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement GAR. Program ini diisi oleh sejumlah pembicara diantaranya Irwan Gunawan, Deputy Director Market Transformation WWF Indonesia, Mansuetus Darto dari Serikat Petani Kelapa Sawit Indonesia (SPKS), Adrian Suharto dari Neste dan Nofri Iswandi dari The Forest Trust (TFT).

Bapak Bayu Krisnamurthi, Direktur Utama BPDP Kelapa Sawit menerima tanda penghargaan dari Bapak Agus Purnomo, Managing Director Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement GAR
Bapak Bayu Krisnamurthi, Direktur Utama BPDP Kelapa Sawit menerima tanda penghargaan dari Bapak Agus Purnomo, Managing Director Sustainability and Strategic Stakeholder Engagement GAR

Peran aktif dan penguatan kapasitas pemasok merupakan bagian integral dari peta jalan (roadmap) GSEP, yang secara kolektif didukung oleh semua karyawan PT SMART dan mitra pemasok perusahaan. Roadmap ini merupakan proses yang memerlukan perbaikan secara berkesinambungan pada praktik-praktik sosial, lingkungan, ketenagakerjaan, perdagangan dan rantai pasok perusahaan.

PT SMART mengembangkan dan memperkenalkan aplikasi baru kepada peserta lokakarya, yang disebut dengan Penilaian Mandiri Pemasok GAR (PMPG) untuk membantu para mitra pemasok perusahaan mengevaluasi hal-hal yang memerlukan perbaikan berkesinambungan. Aplikasi ini akan membantu PT SMART mengidentifikasi permasalahan dimana pemasok PT SMART membutuhkan bantuan.

Di akhir lokakarya, peserta diharapkan dapat memahami Kebijakan Sosial dan Lingkungan PT SMART, bagaimana menggunakan aplikasi PMPG yang telah disediakan dan program-program dukungan PT SMART lainnya bagi mitra pemasok perusahaan.

Pada bulan Februari tahun ini, PT SMART mengumumkan bahwa perusahaan ini telah menyelesaikan pemetaan pada rantai pemasok ke pabriknya. Melalui pemetaan ini, dapat diidentifikasi lokasi dan informasi relevan lainnya terkait 489 pabrik yang memasok minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit (PK) ke fasilitas pengolahan PT SMART di delapan lokasi berbeda di Indonesia. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Daniel Prakasa, Head of Downstream Sustainability Implementation, capaian ini barulah awal dari sebuah proses panjang membangun keterlibatan mitra pemasok kami dalam upaya kita bersama membangun industri kelapa sawit yang lebih berkelanjutan.

Medan dipilih sebagai lokasi pertama dari rangkaian lokakarya tahun 2016 ini untuk para pemasok pabrik pengolahan (refinery) Belawan dan beberapa perusahaan yang memasok CPO dan PK untuk refinery Lubuk Gaung dan unit tangki timbun Dumai. Kegiatan serupa menurut rencana akan diselenggarakan di Jakarta dan Pekanbaru tahun ini bagi mitra pemasok untuk refinery Tarahan dan Dumai/Lubuk Gaung.

PT SMART merupakan perusahaan kelapa sawit terbesar kedua di dunia dengan lebih dari 480.000 hektar perkebunan yang dikelola secara langsung, maupun oleh para petani plasma. PT SMART juga tercatat sebagai pembeli signifikan dari produk CPO dan PK untuk diolah. Pada tahun 2015, PT SMART membeli lebih dari tujuh juta ton CPO dan PK dari pabrik milik PT SMART dan pabrik independen. PT SMART memperkuat komitmen keberlanjutannya tahun lalu, dengan meluncurkan Kebijakan Sosial dan Lingkungan PT SMART, untuk membangun pengalaman lima tahun di lapangan melaksanakan perbaikan berkelanjutan.

PT SMART akan terus menginformasikan data rantai pemasok dan data tentang praktek-praktek keberlanjutannya di PT SMART Sustainability Dashboard sebagai wujud dari komitmen tanggungjawab dan keterbukaan perusahaan. Saat ini, PT SMART sedang mengerjakan tahap selanjutnya dalam pemetaan rantai pemasok ke perkebunan individu dan akan mengumumkan rencana pelaksanaannya pada akhir kuartal pertama tahun ini.

| | |