menu bar
close-grey

Perusahaan Tingkatkan Produktivitas Kebun Sawit Rakyat di Riau melalui Program Peremajaan Sawit Rakyat

Posted: Feb 24, 2022 3 minute read SMART 412 views

Siak, 24 Februari 2022 – Sinar Mas Agribusiness and Food melalui tiga anak usahanya yang beroperasi di wilayah Riau, yaitu PT Ivo Mas Tunggal, PT Buana Wira Lestari Mas, dan PT Ramajaya Pramukti, bekerjasama dengan enam koperasi mitranya menggelar kegiatan Penanaman Perdana Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) untuk kebun petani swadaya dengan total lahan seluas 2.100 Hektar (Ha). Kegiatan penanaman perdana ini merupakan bagian dari realisasi komitmen PSR di tahun 2021 yang melibatkan 970 petani swadaya yang tersebar di 16 desa. Kegiatan yang mengusung tema ‘Penanaman Perdana Program Peremajaan Sawit Kemitraan Strategis’, dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto.

Pada 2022, Perusahaan menargetkan untuk meremajakan 1.300 Ha lahan petani swadaya di Riau. Hal ini merupakan bentuk komitmen Perusahaan dalam mendukung program pemerintah serta membantu para petani swadaya dalam melakukan peremajaan kebun sawit rakyat.

kegiatan tanam perdana Peremajaan Sawit Rakyat di Kebun Sinar Mas Agribusiness and Food
Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto melakukan kegiatan tanam perdana Peremajaan Sawit Rakyat di Kebun Sinar Mas Agribusiness and Food pada 24 Februari 2022.

Menteri Koordinator Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya serta mendukung program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR). Airlangga juga menyampaikan pesan agar seluruh pemangku kepentingan, khususnya di Riau dapat mendukung penuh pelaksanaan program ini. Pemerintah juga tengah mempersiapkan sejumlah langkah dalam membantu pelaksanaan program PSR, termasuk penyediaan pupuk dengan harga terjangkau bagi petani.

Sebelum bekerjasama dengan Sinar Mas Agribusiness and Food, para petani mengelola kebun sawit secara swadaya. Produktivitas yang dihasilkan dari kebun-kebun swadaya tersebut cukup rendah dan hanya mencapai 1-1,5 ton/Ha/bulan. Hal ini disebabkan dari penggunaan bibit yang tidak bersertifikat dengan kualitas yang kurang baik, perawatan yang tidak maksimal dan belum adanya penerapan praktik agronomi terbaik.

’’Kami menyambut baik para petani swadaya yang mau bermitra dengan kami dalam program PSR. Pola kemitraan strategis ïni memungkinkan adanya transfer pengetahuan, keahlian, dan teknologi dari para pelaku industri, seperti Perusahaan kami, yang telah memiliki pengalaman, serta pengetahuan yang didasari oleh penelitian dan pengembangan terkait budidaya kelapa sawit terbaik kepada para petani. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit masyarakat serta pendapatan dari para petani,” jelas Franciscus Costan CEO Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food wilayah Riau.

Sekretaris Koperasi Swadaya Mas Bersama, Hidro Ariantes  mengungkapkan bahwa pelaksanaan peremajaan kebun kelapa sawit mereka sebagai bagian dari kemitraan strategis dengan Sinar Mas Agribusiness and Food menjadi sebuah harapan baru bagi keluarga dan masyarakat secara luas. Menurutnya, banyak masyarakat yang menggantungkan kehidupannya ke kebun kelapa sawit. ’’Kami berharap, program Peremajaan Sawit Rakyat ini dapat membantu kehidupan kami seperti untuk membiayai anak-anak sekolah, menabung untuk keperluan darurat ataupun untuk keperluan hari tua”, jelas Hidro

Turut hadir dalam kegiatan penanam perdana hari ini, Wakil Menteri Perdagangan, Direktur BPDP-KS, PT BRI (Persero) Tbk, PT Bank Syariah Mandiri (BSI), Gubernur Riau, Direktur Tanaman dan Penyegar Kementerian Pertanian, Dinas Perkebunan Provinsi dan Kabupaten Siak, SAMADE, Perwakilan Muspika, 25 Koperasi binaan Perusahaan, tokoh-tokoh masyarakat dan +/- 500 orang perwakilan petani.

===Selesai===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 536,572 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 September 2021. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati. Didirikan pada 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$2,2 miliar per 30 September 2021. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,52 persen.

GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1992. Sinar Mas Agribusiness and Food berfokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Produk perusahaan dikirimkan kepada basis pelanggan yang beragam di lebih dari 70 negara melalui jaringan distribusi global dengan kemampuan pengapalan dan logistik, pemasaran berdasarkan area tujuan, on-shore refining dan ex-tank operations di berbagai negara. Sinar Mas Agribusiness and Food juga memiliki bisnis penunjang lainnya seperti produk berbahan dasar kacang kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Beni Wijaya
Corporate Communications Officer
[email protected]

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail