Ruang Berita

Berita Pers

Penjualan Bersih SMART Tumbuh 15% di Kuartal I 2021


  • Pada kuartal pertama tahun 2021, penjualan bersih Perseroan naik 15% dan EBITDA meningkat lebih dari dua kali lipat, mencapai lebih dari Rp 1 triliun, dibandingkan periode tahun sebelumnya
  • Produksi kebun sawit meningkat signifikan didukung oleh kondisi cuaca yang baik
  • Pemegang Saham PT SMART Tbk Sahkan Laporan Tahunan Tahun 2020
  • Perseroan akan membagikan dividen final sebesar Rp 160,- per saham

Jakarta,  15  Juni 2021  –  Perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (”SMART”) membukukan penjualan bersih sebesar Rp 11,10 triliun pada kuartal I 2021. Peningkatan sebesar 15% dibandingkan dari periode sebelumnya disebabkan kenaikan harga jual rata-rata selama periode berjalan. Sejalan dengan hal itu, laba usaha dan EBITDA meningkat signifikan menjadi masing-masing Rp 574 miliar dan Rp 1,08 triliun. SMART juga mencatat laba bersih sebesar Rp 250 miliar dari posisi sebelumnya rugi bersih sebesar Rp 1,41 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Hal ini dijelaskan Perusahaan pada kegiatan paparan publik SMART pada hari ini.

Jajaran direksi dan komisaris PT SMART Tbk pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada Selasa, 15 Juni 2021. (Dari kiri ke kanan : Ketut Sanjaya (Komite Audit) – Jimmy Pramono (Wakil Direktur Utama) – Susiyati B. Hirawan (Komisaris Independen) – Gianto Widjaja (Direktur) – Yovianes Mahar (Direktur)

Wakil Direktur Utama sekaligus Corporate Secretary Perseroan, Bapak Jimmy Pramono menyampaikan: ”Kami gembira melihat pencapaian SMART pada kuartal pertama tahun 2021 di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. SMART akan terus memperkuat keunggulan kompetitifnya melalui inovasi yang mutakhir dan praktik-praktik yang berkelanjutan.”

Per 31 Maret 2021, luas area tertanam Perseroan adalah sebesar 137.600 hektar, terdiri dari 106.300 hektar area inti dan 31.300 hektar area plasma. Dari total area tertanam tersebut, sekitar 95% telah menghasilkan di mana selama kuartal pertama tahun 2021, Perseroan memanen 670 ribu ton tandan buah segar (TBS), tumbuh 12% dibandingkan panen kuartal pertama tahun 2020. Peningkatan hasil panen ini didukung oleh kondisi cuaca yang baik.

TBS tersebut diolah lebih lanjut di 16 pabrik kelapa sawit dengan jumlah kapasitas 4,35 juta ton per tahun. Perseroan memproduksi minyak sawit (“CPO”) dan inti sawit (“PK”) masing- masing sebesar 152 ribu ton dan 40 ribu ton pada kuartal yang sama. Tingkat ekstraksi minyak sawit adalah 21,2% sedangkan tingkat ekstraksi inti sawit mencapai 5,6%.

Ikhtisar Keuangan Kuartal I Tahun 2021

Pada saat yang sama, pemegang saham PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (”SMART” atau ”Perseroan”) telah menyetujui dan mensahkan Laporan Tahunan Perseroan dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020. Persetujuan tersebut dikukuhkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan yang diselenggarakan pada hari ini.

Pemegang saham Perseroan menyetujui pembagian dividen final sebesar Rp 160,- per saham sekitar 30% dari laba bersih Perseroan tahun 2020, atau sejumlah hampir Rp 460 miliar.

Perseroan tetap memprioritaskan upaya untuk memastikan keamanan dan kesehatan para karyawan selama pandemi. SMART mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mengurangi penyebaran COVID-19 dan membangun kekebalan komunitas. Perseroan berpartisipasi dalam program Vaksinasi Gotong Royong melalui kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Mengenai prospek industri, Bapak Jimmy Pramono menambahkan: ”Saat ini, pasokan minyak nabati global sangat terbatas terutama dipengaruhi oleh kondisi cuaca kering di Amerika Selatan dan belahan dunia lainnya. Kami memprediksi ketatnya pasokan akan terus berlanjut sepanjang tahun ini. Dengan bergulirnya program vaksinasi COVID-19 secara global, kami optimis bahwa permintaan minyak nabati tetap kuat, baik dari sektor pangan maupun energi. Namun, kami tetap waspada dan senantiasa memantau perkembangan pandemi COVID-19, terutama di negara-negara konsumen utama.”

~ selesai ~

Tentang PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (“SMART”)
SMART adalah salah satu perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit yang terkemuka di Indonesia dengan pengelolaan perkebunan seluas 137.600 hektar (termasuk perkebunan plasma) per 31 Maret 2021. Perusahaan memiliki operasi yang terintegrasi yang berfokus pada produksi minyak makan dan lemak nabati dari kelapa sawit.

Didirikan pada tahun 1962, SMART tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992. SMART merupakan anak perusahaan dari Golden Agri-Resources Ltd (”GAR”), salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka di dunia yang tercatat di Bursa Singapura.

SMART berfokus pada produksi minyak sawit yang berkelanjutan. Kegiatan usaha utama mencakup pembudidayaan dan pemanenan tanaman kelapa sawit, pemrosesan tandan buah segar menjadi minyak kelapa sawit mentah (”CPO”) dan inti sawit, hingga memprosesnya menjadi beragam produk industri dan konsumen seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel, dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia.

Selain memproduksi minyak curah dan industrial, produk rafinasi SMART juga dipasarkan dengan beberapa merek seperti Filma dan Kunci Mas. Produk bermerek SMART dikenal dengan kualitasnya yang tinggi dan memiliki pangsa pasar yang signifikan di segmennya masing-masing di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Tim Media Sinar Mas Agribusiness and Food Beni Wijaya
Beni.Wijaya@sinarmas-agri.com

| | |