Ruang Berita

Tokoh

Pendidikan membantu mengentaskan kemiskinan


Siti Musyaropah, Guru Sekolah Dasar, 29 tahun, Kalimantan Barat

“Pendidikan penting bagi anak-anak sebagai bekal untuk mewujudkan mimpi mereka di masa depan. Saya adalah seorang guru di Sekolah Dasar Eka Tjipta Kayung dan murid-murid saya berusia antara delapan sampai dua belas tahun. Saya mengajar berbagai mata pelajaran seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan Bahasa Indonesia.

Ketika Sinar Mas Agribusiness and Food memulai operasinya di perkebunan ini pada tahun 2013, sekolah ini dibangun untuk memperbaiki akses pendidikan bagi anak-anak agar mereka dapat mengenyam pendidikan setiap hari yang dekat dengan rumah mereka. Sinar Mas Agribusiness and Food memberikan pendidikan gratis (mulai dari TK sampai SMP) untuk anak-anak para karyawan tetap dan para pekerja yang tinggal di perkebunan Kayung. Mereka yang tinggal di dekat perkebunan juga bisa mendapatkan pendidikan yang bersubsidi.

Siti mengajar murid-muridnya

Selain mata pelajaran di sekolah penting, diperlukan juga pengetahuan praktis kepada anak-anak di perkebunan tentang bagaimana cara mencegah kebakaran hutan dan melakukan pertanian berkelanjutan. Dengan memberikan pemahaman akan dampak negatif dari kebakaran hutan dan membangun pola pikir akan praktik berkelanjutan sejak usia muda, mereka diharapkan dapat melanjutkan tindakan sadar lingkungan ini di saat dewasa, dan diikuti juga oleh keluarga serta masyarakat di sekitar mereka.

Pada awalnya saya membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri tinggal jauh dari kampung halaman saya di Semarang. Namun setelah menjalani tugas ini selama lima tahun, saya kini memiliki banyak teman dari rekan-rekan kerja sesama guru dari berbagai kota. Kami saling memberikan dukungan dalam menghadapi tantangan saat mengajar para murid kami. Rekan-rekan kerja saya dan saya sangat bersyukur Sinar Mas Agribusiness and Food memberikan kami pelatihan secara berkala untuk menghadapi tantangan pekerjaan ini, seperti belum lama ini kami mengikuti pelatihan Budi Pekerti di Jakarta. Pelatihan ini sangat berguna bagi kami untuk digunakan sebagai bahan mengajar di kelas.

Siti telah mengajar di Sekolah Dasar Eka Tjipta Kayung sejak 2013

Sejak masih kecil saya selalu bermimpi untuk menjadi seorang guru. Dulu saya mengajari keponakan saya yang masih kecil cara menghitung dan membaca. Keinginan pribadi saya sebagai seorang guru tidak hanya menjadi panutan yang baik bagi murid-murid saya tapi juga membantu mereka tumbuh menjadi pribadi dewasa yang sukses. Saya bangga beberapa murid yang sebelumnya saya ajar kini telah berhasil meraih prestasi di SMP. Saya senang mereka mendapatkan kesempatan untuk menggapai masa depan yang lebih baik.”

Sinar Mas Agribusiness and Food percaya bahwa pendidikan salah satu sarana untuk membantu mengentaskan kemiskinan di daerah pedesaan. Pada tahun 2016 Sinar Mas Agribusiness and Food memberikan dukungan pada 217 sekolah mulai dari TK hingga SMA. Sekolah-sekolah ini mempekerjakan lebih dari 1.600 guru yang mendidik lebih dari 28.200 siswa. Cari tahu lebih lanjut di sini.

Klik di sini untuk membaca lebih banyak cerita luar biasa dari keseharian mereka yang mengubah industri minyak kelapa sawit.

| | |