menu bar
close-grey

Pantau Produksi, Menperin Kunjungi Refinery Sinar Mas Agribusiness and Food

Posted: Mar 23, 2022 2 minute read SMART 409 views

Jakarta, 22 Maret 2022 – Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi pabrik refinery Sinar Mas Agribusiness and Food di Marunda, Bekasi – Jawa Barat, untuk melihat secara langsung produksi minyak goreng di sana.

GM Marunda Refinery, Sinar Mas Agribusiness and Food, Agus Widjaja menjamin seluruh proses produksi berjalan maksimal. “Saat ini kegiatan operasional produksi minyak goreng curah berjalan lancar dengan kapasitas maksimal. Hari Sabtu kemarin, kami telah mendistribusikan minyak goreng curah sebanyak 500 ton ke toko-toko dan pasar yang ada di Jawa Timur dan Jawa Barat. Kami akan terus memproduksi dan berkoordinasi lebih lanjut dalam pendistribusian minyak goreng curah ini ke berbagai area lainnya.”

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengecek dan melihat langsung produksi minyak goreng di pabrik refinery Sinar Mas Agribusiness and Food di Marunda pada Selasa, 22 Maret 2022

Dalam kunjungannya, Menperin menyampaikan apresiasi kepada Sinar Mas Agribusiness and Food yang telah berpartisipasi dalam program MSG. Menurutnya, hingga saat ini sudah ada 47 perusahaan yang berkomitmen untuk berpartisipasi dalam program ini, diantaranya adalah PT SMART Tbk.

Menperin juga menyampaikan, lewat dukungan Sinar Mas menjual minyak goreng curah bagi masyarakat dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp. 14.000, pemerintah ingin semakin banyak produsen minyak goreng turut berpartisipasi. Di mana pemerintah menargetkan ketersedian minyak goreng curah sebesar 20.000 ton per harinya.

Sebelumnya hari pada Minggu (20/3) Sinar Mas Agribusiness and Food menggelar operasi pasar minyak goreng curah seharga Rp 14.000 untuk masyarakat yang disalurkan ke distributor dan toko baik yang berada di Jawa Timur (melalui empat distributor di Kota Surabaya), Jawa Barat (Pasar Cipete Utara dan Tambun Bekasi). Penyaluran rencananya akan diperluas ke sejumlah wilayah seperti Sumatera Utara, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

===Selesai===

Tentang Sinar Mas Agribusiness and Food
Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 536,572 hektar (termasuk kebun milik petani plasma) per 30 September 2021. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati. Didirikan pada 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$2,2 miliar per 30 September 2021. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,52 persen.

GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 1992. Sinar Mas Agribusiness and Food berfokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan. Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Produk perusahaan dikirimkan kepada basis pelanggan yang beragam di lebih dari 70 negara melalui jaringan distribusi global dengan kemampuan pengapalan dan logistik, pemasaran berdasarkan area tujuan, on-shore refining dan ex-tank operations di berbagai negara. Sinar Mas Agribusiness and Food juga memiliki bisnis penunjang lainnya seperti produk berbahan dasar kacang kedelai di China, produk berbasis bunga matahari di India, serta bisnis gula.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Beni Wijaya
[email protected]

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail