Ruang Berita

Tokoh

Menyajikan yang terbaik dari buah kelapa sawit


Ketut Suyadnya, Refinery Operations Manager, 40 tahun, Marunda

Ketut saat bekerja.
Ketut saat bekerja.

“Saya membantu mengelola operasi pabrik Marunda yang merupakan salah satu dari delapan pabrik kilang minyak (refinery) yang dimiliki oleh Sinar Mas Agribusiness and Food di Indonesia. Yang kami lakukan adalah menyuling minyak kelapa sawit mentah di pabrik kami menjadi minyak nabati dengan membersihkannya dari bau, kotoran dan lemak non-gliserida.

Saya sudah bekerja di pabrik ini sejak 2010. Saya memulainya benar-benar dari nol, menjadi bagian dari tim instalasi kilang minyak. Saya terlibat dalam seluruh proses, dari bagian pelaksanaan hingga produksi komersial. Namun sekarang saya mengawasi perencanaan produksi dan pengawasan persediaan. Peran utama saya adalah memastikan produk kami aman dan berkualitas agar tetap berdaya saing tinggi.

Di Bali, tempat asal saya, banyak orang lebih senang menghabiskan lebih banyak waktu pada pekerjaan daripada berbicara. Meskipun kami memiliki standar bekerja lima hari dalam seminggu, saya kerap kali meluangkan waktu untuk memeriksa mesin-mesin pabrik saat akhir pekan. Saya tidak bisa membiarkan terjadinya kegagalan fungsi pada kilang tersebut – karena hal ini merupakan tanggung jawab saya agar mesin berjalan lancar, selancar minyak.

refinery-operations-manager
Ketut dan koleganya sedang memeriksa proses produksi.

Saya percaya bahwa saya adalah penghubung dalam sebuah mata rantai. Setiap orang memiliki peran penting agar keseluruhan rantai itu berfungsi dengan baik. Saya menjelaskan kepada tim saya bahwa mereka merupakan bagian dari ekosistem yang lebih besar dalam industri kelapa sawit, tak terbatas hanya pada kilang minyak. Hal ini membangkitkan rasa bangga terhadap pekerjaan mereka.

Saya pun percaya semua masalah hanyalah tantangan kecil dalam kehidupan yang bisa dicari jalan keluarnya. Hal ini memungkinkan saya untuk selalu berusaha mencari solusi atas semua masalah pekerjaan maupun masalah pribadi.

Moto saya sangatlah sederhana namun bukanlah hal mudah—berjalan terus guna meningkatkan kualitas hidup. Ayah saya pernah mengatakan kepada saya untuk tidak pernah meminta apa pun kecuali Anda dapat memberikan sesuatu sebagai balasannya. Oleh karena itu, saya melihat pekerjaan saya sebagai manajer operasi adalah amanah. Saya tidak hanya bekerja untuk diri sendiri tetapi untuk keluarga, tim, dan masyarakat sekeliling saya.”

Delapan kilang minyak milik Sinar Mas Agribusiness and Food mempunyai kapasitas total 4.680.000 ton per tahun. Hal ini melibatkan kerja sama dengan banyak pemasok dan kami berkeinginan untuk membantu mereka mendorong keberlanjutan dalam proses dan praktek bisnis mereka. Pelajari bagaimana kami terlibat dengan para pemasok kami disini.

Klik disini untuk mengetahui lebih banyak cerita-cerita istimewa di balik kehidupan sehari-hari dari mereka yang menghasilkan karya luar biasa dan mengubah industri kelapa sawit.

| | |