menu bar
close-grey

Mengenali pemasok merupakan langkah penting dalam mengubah rantai pasokan

Posted: Feb 24, 2016 2 minute read Lim Shu Ling 9556 views

Pemasok adalah mitra penting bagi setiap perusahaan. Saat ini, konsumen tidak hanya menuntut pengusaha agar bertindak sesuai standar dan prinsip tertentu, mereka juga semakin mengharapkan agar rantai pasokan perusahaan berpegang pada kode etik yang sama. Akan tetapi, bagaimana suatu perusahaan dapat memastikan bahwa pemasoknya memahami aturan-aturan seperti kode etik dan prinsip keberlanjutan?

Pada tahun 2014 PT SMART memutuskan untuk memperluas kebijakan keberlanjutannya hingga mencakup seluruh rantai pasokannya. Ini dilakukan karena perjalanan keberlanjutan belumlah lengkap tanpa keterlibatan pemasok.

Sejak itu kami secara proaktif mendekati pemasok kami, untuk mengenal dan memahami mereka dengan lebih baik. Dalam perjalanan ini kami telah memetakan 489 pabrik individu yang memasok ke fasilitas-fasilitas pengolahan kami di Indonesia. Pabrik-pabrik ini telah memasok lebih dari tujuh juta ton sawit dan inti sawit untuk PT SMART di tahun 2015.

Mengenali hampir 500 pemasok bukanlah proses yang sederhana. Tidak ada jalan pintas untuk itu. Langkah pertama yang dilakukan adalah memperoleh dan memeriksa rincian tentang masing-masing pabrik, termasuk lokasi, koordinat, hingga ada atau tidaknya sertifikasi keberlanjutan yang mereka miliki.

PT SMART menggunakan informasi seperti koordinat untuk memetakan daerah-daerah konservasi kritis seperti zona yang dilindungi hukum, lahan gambut, atau habitat orangutan. Pemasok yang terletak di daerah-daerah sensitif diprioritaskan untuk mendapat kunjungan dari tim PT SMART yang bekerja sama dengan The Forest Trust (TFT).

Kunjungan lapangan ini sangat penting. Menyaksikan serta mendengar sendiri pengalaman dan tantangan para pemasok dalam upaya penerapan praktik berkelanjutan merupakan hal yang luar biasa. PT SMART juga sekaligus berkesempatan untuk berbicara dengan pihak-pihak di lapangan seperti masyarakat, pemerintah, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat.

Taking a moment for a photo after a site visit with suppliers in Aceh
Meluangkan waktu untuk berfoto setelah kunjungan lapangan pada pemasok di Aceh

Dengan mendengarkan keluhan pemasok, kami dapat menemukan cara terbaik untuk membantu meningkatkan praktik lingkungan dan sosial mereka. Karena mungkin kami pernah mengalami situasi dan tantangan yang sama.

Kami akan menemui mereka dan menyampaikan pesan bahwa kami ada untuk membantu dan memberikan dukungan. Kami yakin ini adalah cara terbaik untuk mengubah rantai pasokan kami.

“Tidak mudah untuk mengubah dan menerapkan praktik baru, terutama jika suatu perusahaan memiliki sumber daya atau pengalaman terbatas dalam bidang keberlanjutan. Itulah sebabnya kami akan menemui mereka dan menyatakan bahwa kami ada untuk membantu dan memberikan dukungan. Kami yakin ini adalah cara terbaik untuk melakukan transformasi pada rantai pasokan kami,” ungkap Daniel Prakarsa, Head of Downstream Sustainability Implementation.

PT SMART meeting suppliers in Medan
PT SMART menemui pemasok di Medan

Pemasok kami juga mengacungkan jempol terhadap pendekatan PT SMART.

“Kami menganggap PT SMART sebagai mitra sejati. Kami bisa memanfaatkan keahlian dan pengalaman mereka serta berbagi pengalaman dan tantangan kami. Dengan berinvestasi dalam pelibatan dan pelatihan pemasok, PT SMART telah menunjukkan keseriusan dalam membantu setiap pihak meningkatkan praktik keberlanjutan,” kata Berlino Mahendra Santosa, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PT Perkebunan Nusantara 5.

PT SMART mengunjungi tujuh pabrik pada tahun 2015 dan berencana untuk mengunjungi 26 pabrik pada tahun 2016. Ini hanyalah permulaan dari hubungan jangka panjang berkelanjutan dengan pemasok kami. Selangkah demi selangkah, kami akan terus membantu pemasok kami melalui kunjungan lapangan, konsultasi, lokakarya, dan pelatihan.

Proses PT SMART dalam mengenali pemasok kelapa sawitnya belum selesai. Langkah selanjutnya? Kami akan bekerja sama dengan para pemasok untuk memetakan rantai pasokan hingga tingkat perkebunan. Langkah ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai dari mana minyak kelapa sawit kami berasal. Selain itu, kami juga dapat memulai keterlibatan seluruh rantai pasokan hingga petani perorangan.

Tetap up-to-date dengan berita terbaru dengan berlangganan buletin bulanan kami di sini

fb twitter linkedin mail