Ruang Berita

Makanan & Kesehatan

Mengenal sisi lain dari Sinar Mas Agribusiness and Food di Cina


Sinar Mas Agribusiness and Food mungkin dikenal luas oleh masyarakat  sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis, khususnya minyak kelapa sawit di Indonesia. Akan tetapi, perusahaan juga memiliki beragam portofolio bisnis di Cina. Setelah mengunjungi perkebunan dan pabrik kelapa sawit (PKS) di Riau untuk mempelajari kegiatan operasional perusahaan di sektor hulu pada awal tahun ini sebagai bagian dari pelatihan di departemen audit, saya berharap dapat melihat bagaimana operasional perusahaan di sektor hilir di Cina.

Cina adalah pasar besar yang menjadi salah satu tempat perusahaan menjalankan kegiatan operasional, dan Sinar Mas Agribusiness and Food telah hadir di sana sejak tahun 1994. Sejauh ini, demografi konsumen lokal telah mengalami perubahan drastis seiring perkembangan pesat Cina sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia.

Perubahan ini sangat penting artinya bagi bisnis perusahaan di industri makanan.

Pintu masuk ke kantor Perusahaan di Shanghai.

Melayani minat konsumen yang berubah-ubah

Chief Executive Officer Cina Food Jerry Zhou dan Chief Financial Officer Henry Jin memberikan penjelasan mengenai perkembangan di segmen makanan konsumen dari bisnis perusahaan. Seiring berkembangnya pembangunan di Cina dan makin meningkatnya kesejahteraan konsumen, preferensi mereka terhadap produk makanan dan makanan ringan pun berubah. Untuk mengikuti perubahan pasar tersebut, Sinar Mas Agribusiness and Food Cina saat ini tengah menjajaki produk baru untuk melengkapi jajaran produk perusahaan yang ditawarkan melalui bisnis mie yang sudah ada.

Rangkaian produk yang dijual di Cina

Jerry menjelaskan bahwa produk-produk yang berfokus pada nutrisi semakin mendapatkan tempat di hati konsumen mengingat kini konsumen Cina semakin menyadari arti penting kesehatan seperti konsumen di negara-negara Barat. Seiring makin populernya hal ini hingga menjadi tren utama di sana, tim terkait perusahaan pun memperkenalkan berbagai produk baru untuk memaksimalkan segmen ini, termasuk cemilan sehat protein bar dan minuman shake pengganti makanan.

Dengan kemajuan besar pada sektor perdagangan elektronik (e-commerce) Cina, perusahaan juga berupaya memperkuat kehadiran perusahaan secara online, dan hal ini telah membantu meningkatkan daya jangkau ke konsumen muda.

Produksi makanan berteknologi tinggi

Kami pun meninggalkan keramaian dan hiruk pikuk Shanghai, kemudian menempuh perjalanan ke kota Dong’e, tempat salah satu pabrik pembuatan mie instan dan camilan perusahaan berlokasi. Karena belum pernah mengunjungi pabrik produksi makanan, saya terkesan dengan tingginya standar kebersihan yang ditetapkan bagi staf maupun pengunjung. Sebelum memasuki area produksi, kami harus memakai alat pelindung diri dan disanitasi secara menyeluruh. Dari penyimpanan tepung hingga pemadatan, pengirisan, penggorengan yang matang sempurna (deep frying), pengeringan, penambahan penyedap rasa hingga akhirnya pengemasan – semua proses berjalan dengan tingkat automasi yang tinggi dengan staf terus memastikan kualitas di berbagai lini produksi. Pengemasan merupakan salah satu proses paling padat karya di pabrik ini. Dalam kunjungan ini saya dapat menyaksikan bagaimana peralatan baru yang mengotomatiskan proses ini bekerja. Mengadopsi teknologi baru semacam ini, yang meningkatkan efisiensi operasional, memegang kunci dalam strategi keseluruhan perusahaan dari perkebunan ke PKS.

Ada beberapa jalur produksi untuk memenuhi berbagai jenis dan cita rasa mie.

General Manager pabrik juga memberi kami wawasan tentang dampak peraturan di tingkat pusat daerah maupun terhadap operasional perusahaan. Misalnya, ketika pemerintah pusat mengamanatkan penghentian pembangkit listrik tenaga uap yang berbahan bakar batu bara, manajemen pabrik harus bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk meningkatkan pembangkit listrik yang digunakannya.

Mengingat saya tergabung di bagian audit, tujuan utama perjalanan ini adalah untuk bertemu dan mendiskusikan temuan audit dengan tim lokal dan memberikan panduan prinsip serta pendekatan audit kepada rekan kerja kami di Cina. Kunjungan kali ini bertepatan dengan selesainya proses audit tim Cina untuk pabrik Dong’e, sehingga kami berkesempatan membahas praktik terbaik yang terkait dengan contoh kasus yang nyata terjadi.

Kedelai – sisi lain dari bisnis kami

Perhentian terakhir adalah Ningbo, dalam rangka bertemu dengan Head of Agri Division, Dennis Lui beserta timnya. Pabrik Ningbo mengoperasikan pelabuhan laut dalam dan pabrik pengolahan inti kedelai.

Diterima oleh tuan rumah dari pabrik kami di Ningbo, para kolega yang kaya pengalaman.

Operasional pabrik ini mirip dengan apa yang saya temui pada kunjungan ke Pabrik Pengolahan Inti Sawit di Riau dan Pabrik Rafinasi Marunda di Jakarta. Kedelai diimpor terutama dari AS dan Amerika Selatan untuk diolah. Setelah itu, bungkil kedelai dan minyak kedelai dijual dalam jumlah besar. Sebagian minyak kedelai kemudian disuling menjadi minyak goreng untuk pasar domestik.

Minyak kedelai yang disuling menjadi minyak goreng di Pabrik Rafinasi Ningbo.

Secara global perusahaan memang dikenal sebagai pemimpin industri sawit, tetapi bisnis perusahaan juga sangat beragam yang mencakup perkebunan hingga produk akhir, dan Sinar Mas Agribusiness and Food adalah pemain sektor agribisnis dengan keragaman produk yang melebihi apa yang diduga oleh kebanyakan orang. Bisnis kami di Cina adalah bukti akan hal itu, dengan ragam produk dari camilan mie, produk kedelai, hingga berbagai makanan yang berfokus pada nutrisi yang akan segera hadir. Untuk mempelajari lebih lanjut penawaran produk kami di Cina, silakan klik di sini.

Untuk informasi lebih lanjut tentang karir di bisnis perusahaan di Cina, silakan kunjungi halaman LinkedIn Sinar Mas Agribusiness and Food.

| | |