Ruang Berita

Masyarakat

Mengapa manusia menjadi pusat dalam perjalanan Sinar Mas Agribusiness and Food (dan sektor minyak sawit) menuju keberlanjutan


Artikel ini awalnya terbit di medium.com  tanggal 25 Juni 2018.


Ketika ditanya apa tantangan terbesar dalam menerapkan praktik produksi berkelanjutan di sektor minyak sawit, jawaban saya adalah: mengubah perilaku orang.

Kedengarannya hal itu sudah jelas dan sederhana. Tetapi jika Anda mendengarkan retorika seputar minyak kelapa sawit, akan sangat dimaklumi jika Anda berpikir bahwa perkebunan kelapa sawit adalah industri gersang yang dikelola oleh mesin-mesin industri tak berwajah. Tidak berpikir, tidak berperasaan, dan sepenuhnya termotivasi oleh ketamakan.

Namun, kenyataannya jauh berbeda dan lebih kompleks. Manusia berada di pusat industri minyak sawit. Sebagian besar dari mereka tinggal dan bekerja di negara-negara seperti Indonesia dan Malaysia yang menghasilkan lebih dari 80% minyak sawit dunia. Dan sebagian besar dari mereka, di wilayah pedesaan terpencil di mana pertanian dan kegiatan terkait, adalah pendorong utama gerak roda perekonomian.

Industri minyak sawit diperkirakan dapat menyediakan lapangan kerja langsung dan tidak langsung bagi sekitar 16 juta jiwa di Indonesia dan sekarang sektor tersebut merupakan penyumbang hasil ekspor terbesar negara ini.

Perusahaan saya sendiri Sinar Mas Agribusiness and Food telah membuka lapangan kerja bagi lebih dari 170.000 orang di Indonesia saja. Masing-masing dari mereka sangat penting bagi Perusahaan dalam upaya mencapai komitmen keberlanjutan. Individu-individu ini mewujudkan transformasi luar biasa yang sedang berlangsung di Perusahaan seiring upaya Sinar Mas Agribusiness and Food memodernisasi dan menerapkan praktik lebih berkelanjutan dalam setiap aspek operasional mulai dari pengembangan stok benih unggul berproduktivitas tinggi sampai cara mengelola kebun, bagaimana Perusahaan merawat dan memberikan dukungan pada masyarakat di sekitar lokasi operasional, serta bagaimana Perusahaan memformulasikan produk untuk meningkatkan nutrisi dan keamanan pangan. Namun alih-alih mengumumkan pada khalayak tentang betapa hebatnya pekerjaan yang telah dilakukan, kami memilih untuk menceritakan kisah orang-orang di balik minyak sawit melalui kampanye Extraordinary Everyday.

Kelapa sawit yang luar biasa dan citra kontroversial yang melingkupi

Kelapa sawit adalah tanaman yang luar biasa, memasok lebih dari 30% dari minyak makan di seluruh dunia, namun pohon ini hanya butuh lahan sepersepuluh dari tanaman lain untuk menghasilkan minyak nabati dengan volume yang sama. Efisiensi produksi, ditambah keterjangkauan dan fleksibilitas luar biasa dalam hal pemanfaatan telah menjadikan minyak kelapa sawit sebagai bahan yang berharga dan digunakan secara luas.

Namun, tanaman ini juga tak luput dari kontroversi. Meningkatnya permintaan yang memicu peningkatan produksi telah menimbulkan kekhawatiran yang beralasan tentang dampak perkebunan kelapa sawit terhadap lingkungan hidup, terutama hutan tropis, dan pada manusia, dari hal-hal menyangkut ketenagakerjaan hingga perhatian mengenai dampak kesehatan dari konsumsi produk minyak sawit.

Seperti halnya setiap tanaman budidaya di seluruh dunia, ada cara yang tepat dan kurang tepat dalam menanam kelapa sawit. Sebagai sebuah sektor, industri minyak sawit memiliki jumlah perusahaan terbesar yang berkomitmen untuk tidak melakukan deforestasi, tidak membangun di lahan gambut, memberlakukan kebijakan yang melarang eksploitasi, dan refleksi dari bagaimana tekanan pada sektor ini untuk mengatasi perhatian tentang, misalnya, deforestasi telah berdampak positif. Tanpa partisipasi penuh dan dukungan dari ratusan ribu orang yang berkecimpung dalam industri ini, sektor minyak sawit tidak akan dapat memenuhi komitmen tersebut. Kontribusi yang diberikan setiap hari inilah yang ingin disumbangkan Sinar Mas Agribusiness and Food.

Melalui Extraordinary Everyday, Perusahaan memperkenalkan Anda ke banyak orang yang berada di balik minyak sawit. Kami telah melewatkan beberapa bulan terakhir di lapangan, laboratorium, dan bahkan ruang kelas untuk menyiapkan serangkaian video agar Anda mengenal lebih dekat orang-orang tersebut.

Mereka adalah orang-orang di balik minyak kelapa sawit, pembangun masa depan yang berkelanjutan. Dan masih ada banyak orang-orang seperti mereka dalam bisnis yang digeluti Sinar Mas Agribusiness and Food dan di seluruh industri minyak sawit. Mereka mengilhami saya dan memberi saya harapan bahwa industri ini dapat terus memainkan peran penting dalam menyediakan makanan dan bahan bakar bagi generasi masa depan secara berkelanjutan. Saya juga mendorong Anda agar menonton video perjalanan kami dan mengenali mereka secara langsung. Mereka mungkin akan melakukan hal yang sama untuk Anda.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang komitmen Sinar Mas Agribusiness and Food terhadap produksi minyak sawit yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, Anda dapat mengakses laporan keberlanjutan terbaru kami di sini.

 Tentang penulis: Anita Neville adalah Vice President of Corporate Communications and Sustainability Relations at Sinar Mas Agribusiness and Food.

| | |