Ruang Berita

Blog

Menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan lebih sehat

Oleh: SMART Dirilis: Juli 16, 2017 200 views

Eka Syamsiah Hidayah Nasution, Pengawas Kebakaran, Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH), 26 tahun, Jakarta

“Upaya pencegahan Kecelakaan Kerja, Penyakit Akibat Kerja, Kebakaran/Peledakan, Pencemaran Lingkungan dan ataupun Kerugian Aset Perusahaan penting untuk dilakukan. Saya dan rekan-rekan kerja saya, dengan partisipasi manajemen serta keterlibatan seluruh karyawan dan mitra kerja, berupaya menekan setiap potensi resiko di tempat kerja tersebut, dengan program – program yang relevan dan memberi nilai tambah.”

Itulah filosofi Eka sebagai Pengawas Kebakaran, K3 & Lingkungan di Golden Agri Resources (GAR). Ia bekerja mengawasi terlaksananya program Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan di Pabrik Marunda, Jakarta, dimana terdapat pabrik Refinery, Pabrik Biodiesel dan Laboratorium penelitian dan pengembangan hilir milik GAR berada.

 

Eka bekerja di Pabrik Marunda, Jakarta.

“Mengelola potensi resiko di tempat kerja merupakan proses yang berkelanjutan karena pengenalan lingkungan kerja yang sudah sangat baik justru kerap mengakibatkan timbulnya rasa cepat berpuas diri. Sembari terus berupaya agar lebih efisien saat beroperasi, kita tetap harus memperhatikan peraturan yang dipersyaratan secara formal. Di lingkungan dan proses kerja banyak beroperasi mesin – mesin pengolahan, pesawat angkat dan angkut, bejana bertekanan,  sehingga sangat penting bagi karyawan untuk selalu memprioritaskan keselamatan kerja. Untuk itu, penting bagi karyawan atau tenaga kerja, bekerja mengikuti dan mematuhi prosedur atau instruksi kerja yang ada, untuk mencegah terjadinya kecelakaan di tempat kerja.

Guna menggalakan budaya keselamatan dan kesehatan kerja, saya secara teratur mengadakan sesi pelatihan dan berbagi pengetahuan kepada karyawan terkait aspek kesehatan dan keselamatan kerja. Pekerja kami menjalani pelatihan Keselamatan Berbasis Perilaku (Behavior-Based Safety) saat mereka masuk dan menjalani sesi penyegaran secara berkala. Pelatihan ini merupakan edukasi pencegahan kecelakaan personal yang melengkapi pemahaman karyawan tentang bagaimana mengantisipasi resiko dan mengatasinya. Pelatihan penanganan kebakaran mendasar juga penting dalam industri ini. Serupa dengan pendekatan bisnis hulu kami untuk penanganan kebakaran, kami melatih secara rutin setiap karyawan di sektor hilir kami tentang bagaimana mencegah bahaya kebakaran serta menggunakan alat proteksi kebakaran yang ada di lingkungan kerja secara tepat.

 

Eka sedang bekerja.

Kami di lingkungan kerja, dengan melibatkan dan partisipasi semua departemen dan bagian terkait, juga rutin melakukan kegiatan Safety Inspeksi, yang merupakan upaya kami dalam menilai dan memperbaiki kondisi lingkungan kerja yang tidak aman (unsafe condition), menjadi kondisi lingkungan kerja yang aman.

Saya juga memperkenalkan diskusi bulanan tentang keselamatan dan kesehatan kerja dimana setiap divisi saling berkumpul dan berbagi hal-hal seputar keselamatan dan kesehatan kerja yang terjadi pada bulan itu. Saya menerima umpan balik positif sebagai hasil dari inisiatif ini misalnya, karyawan menjadi lebih proaktif dalam mengingatkan satu sama lain untuk menggunakan dan mempersiapkan alat-alat pelindung diri sebelum bekerja.

Karyawan-karyawan baru seringkali terkejut dengan desakan saya untuk patuh pada peraturan (keselamatan dan kesehatan kerja), tapi begitu mereka mengerti bahwa perusahaan memperdulikan keselamatan dan kesehatan kerja mereka, mereka dengan senang hati mematuhinya. Di GAR, saya dengan bangga mengatakan bahwa karyawan kami berkomitmen terhadap praktik keselamatan dan kesehatan kerja yang aman dan serta siap menghadapi kondisi tanggap darurat di tempat kerja.”

Klik di sini untuk mengetahui lebih banyak cerita-cerita istimewa di balik kehidupan sehari-hari mereka yang berkarya luar biasa dan mengubah industri kelapa sawit.