Ruang Berita

Masyarakat

Memupuk semangat cinta bagi sesama bersama Tzu Chi Sinar Mas


Sinar Mas Agribusiness and Food telah bekerja sama dengan Tzu Chi lebih dari dua dekade. Sebagai sebuah organisasi bantuan kemanusiaan di Indonesia, Tzu Chi memiliki tujuan untuk membantu mereka yang membutuhkan.

Untuk meningkatkan jumlah relawan di dalam perusahaan, Komisaris Utama dan CEO, Franky Widjaja, membentuk Sinar Mas Peduli pada 2004. Tujuan dibentuknya Sinar Mas Peduli adalah menyamakan peluang bagi karyawan untuk membantu sesama sebagai donatur dan sukarelawan.  Melalui langkah ini, para sukarelawan dapat berkontribusi pada berbagai kegiatan kemanusiaan yang bekerja sama dengan Tzu Chi. Aktivitas ini terus bertumbuh, pada 2007 kami meresmikan kemitraan kami dengan Tzu Chi dengan mendirikan Tzu Chi Sinar Mas.

Tzu Chi Sinar Mas bertujuan untuk menyebarluaskan budaya gotong royong (saling membantu) di tengah organisasi; menjadi wadah bagi karyawan yang peduli terhadap sesama dan meningkatkan taraf hidup melalui penyediaan layanan masyarakat yang lebih baik. Hal ini dicapai melalui empat kegiatan utama : Kegiatan Amal, Kesehatan, Konservasi Lingkungan dan Pendidikan dan Budaya Kemanusiaan.

Tzu Chi Sinar Mas membawahi lebih dari 5,000 sukarelawan. Mereka dikelompokkan menjadi 30 Xie Li (area kelompok relawan) berdasarkan lokasi tempat tinggal mereka. Kegiatan yang dilakukan setiap Xie Li bergantung pada kebutuhan masyarakat di sekitarnya.

Pada tahun 2018,, relawan kami telah membantu lebih dari 58,800 orang melalui pemberian layanan kesehatan seperti pemeriksaan gigi gratis, konsultasi kesehatan bagi ibu dan anak, konsultasi kanker serviks dan kesehatan reproduksi bagi anak muda.

Di Kalimantan Barat tepatnya di Desa Mantan,  kami memiliki Program Pencegahan Kekerdilan melalui pemberian nutrisi yang lebih baik agar anak-anak dapat tumbuh dengan sehat. Relawan kami menanam sayuran di pekarangan masyarakat, memberikan layanan kesehatan kepada ibu dan anak-anak, serta memperbaiki fasilitas sanitasi publik. Hingga saat ini, sebanyak 101 rumah tangga telah merasakan manfaat dari program ini.

Relawan kami juga turut membantu Program “Kepedulian Lima Kilometer”. Program tersebut bertujuan untuk membantu masyarakat yang tinggal lima kilometer dari perkebunan kami mendapatkan pengobatan dan operasi gratis bagi yang menderita penyakit katarak, hernia, dan bibir sumbing.

Perbuatan kecil yang relawan kami lakukan, memberikan kebahagiaan bagi penduduk desa dan mereka dapat merasakan manfaatnya.

Tahun ini, kami juga mengadakan program beasiswa  bekerja sama dengan Tzu Chi University of Science and Technology untuk anak-anak Indonesia yang kurang mampu. Beasiswa ini terbuka untuk umum, khususnya bagi masyarakat di sekitar perkebunan. Mereka diberikan kesempatan untuk mempelajari manajemen agribisnis di Taiwan.

“Tzu Chi telah menjadi mitra kami dalam menuai benih cinta kepada umat manusia karena rekam jejak yang dimilikinya. Selain itu, Tzu Chi merupakan organisasi yang telah terdaftar di bawah naungan PBB. Organisasi ini hadir di lebih dari 50 negara di seluruh dunia dan memiliki filosofi bahwa cinta harus diberikan kepada sesama manusia tanpa memandang ras, etnis, agama, kebangsaan dan/atau gender,” ujar Tawang Sotya Djati, Koordinator dari Tzu Chi Sinar Mas.

Saat ini, semangat berbagi untuk sesama lebih kuat dari pada sebelumnya.  Terdapat 585 orang relawan yang maju menjadi Calon Komite, yakni relawan tingkat lanjutan yang bersumpah melaksanakan kegiatan kemanusiaan Tzu Chi di area tempat tinggal mereka.

“Kami harap upaya relawan kami dapat menginspirasi orang lain untuk bertindak dan membantu di mana saja sesuai kemampuan mereka. Dunia pasti  menjadi tempat yang jauh lebih baik,” tutup Tawang.

Ingin tahu lebih banyak mengenai Tzu Chi Sinar Mas? Ikuti media sosial kami untuk informasi lebih lanjut:

Facebook: https://www.facebook.com/tzuchicabangsinarmas/
Instagram: https://www.instagram.com/tzuchisinarmas/
Twitter: https://twitter.com/tzuchisinarmas

| | |