Ruang Berita

Tokoh

Melayani kesehatan masyarakat perkebunan kelapa sawit


Dokter Yossy Ani Pritarini Purba, 48 tahun, Riau

“Saya adalah seorang dokter yang melayani masyarakat di Klinik Sentral Ujung Tanjung di Siak, Riau. Klinik ini buka 24 jam setiap hari untuk melayani kebutuhan kesehatan para karyawan Sinar Mas Agribusiness and Food yang bekerja di sekitar perkebunan kelapa sawit dan anggota keluarga mereka.

Perkebunan kelapa sawit biasanya terletak jauh dari pusat kota. Ini artinya akses untuk mendapatkan layanan kesehatan cukup sulit. Masyarakat di daerah ini sangat bergantung pada klinik untuk mendapatkan perawatan medis yang cepat. Sayangnya klinik terdekat di sekitar sini harus ditempuh selama lebih dari dua jam perjalanan dengan mobil. Inilah salah satu alasan mengapa saya ingin bekerja di klinik ini-saya tahu bahwa pelayanan saya sangat penting bagi masyarakat setempat.

Dr. Yossy merawat pasiennya.

Selain memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien yang luka dan sakit, saya juga memberikan edukasi kesehatan untuk kelompok masyarakat sekitar. Misalnya saya memberikan penyuluhan kepada karyawan tentang berbagai penyakit dan tentang nutrisi serta kebersihan untuk anak-anak sekolah. Saya juga bekerja sama dengan tim Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) untuk pemeriksaan fisik bagi karyawan yang dilakukan dua kali dalam setahun agar mereka tetap sehat dan bugar.

Saya telah bekerja di klinik ini selama 14 tahun dan salah satu pengalaman yang paling tak terlupakan dalam perjalanan karir saya adalah kebakaran hutan pada tahun 2015 yang sebagian besar disebabkan oleh praktik tebang-dan-bakar ilegal yang dilakukan para petani. Selama masa krisis tersebut saya merawat ratusan pasien dalam sehari- kadang hingga 500 pasien per hari. Rekan-rekan kerja saya dan saya harus bekerja bergantian selama 24 jam karena ada begitu banyak pasien yang terkena infeksi pernafasan, sakit tenggorokan, dan batuk. Ini adalah masa yang cukup berat.

Dr. Yossy menjalin hubungan baik dengan anggota masyarakat selama 14 tahun terakhir sebagai dokter keluarga mereka.

Kami juga membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hal-hal yang berhubungan dengan penanganan kabut asap, seperti bagaimana cara menghindarkan diri bila terpapar kabut asap dengan menggunakan masker dan menghimbau mereka untuk tetap tinggal di rumah jika memungkinkan. Perusahaan juga memberikan perawatan medis gratis di daerah yang terkena kabut asap. Saya berharap dengan semua tindakan yang dilakukan untuk penanganan dan pencegahan kebakaran, kejadian tersebut tidak akan terulang lagi.

Keberadaan klinik khusus di area perkebunan kelapa sawit benar-benar bermanfaat bagi karyawan dan keluarga mereka. Para dokter dapat menjalin hubungan baik dan dapat memantau kebutuhan kesehatan pasien dengan mengetahui riwayat medis mereka.

Ada begitu banyak alasan mengapa seseorang memilih profesi dokter. Alasan saya adalah agar saya dapat membantu orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan setiap hari. Hal ini membuat saya sangat gembira ketika dapat melihat pasien saya sembuh. Saya memiliki tiga orang anak, dua anak perempuan dan seorang anak laki-laki. Mereka ingin menjadi dokter seperti saya saat mereka dewasa kelak.”

Klik di sini untuk membaca lebih banyak cerita luar biasa dari keseharian mereka yang mengubah industri minyak kelapa sawit.

| | |