Ruang Berita

Lintas Berita

Sinar Mas Agribusiness and Food tembus DJSI 2017

Oleh: SMART Dirilis: September 22, 2017

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) menyoroti tonggak penting dan pengakuan praktik bisnis berkelanjutan perusahaan yang terdepan di industri kelapa sawit dengan masuknya perusahaan ke dalam Dow Jones Sustainability Indices (DJSI) untuk Asia Pasifik. GAR berhasil menembus daftar DJSI dan merupakan satu-satunya perusahaan kelapa sawit dari Asia Tenggara yang berhasil masuk dalam sektor Makanan, Minuman dan Tembakau di Asia Pasifik. GAR juga salah satu dari lima perusahaan yang terdaftar di bursa efek Singapura yang tercatat di DJSI tahun ini. Ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan keberlanjutan GAR secara keseluruhan untuk menekankan keberlanjutan sebagai bagian integral dari bisnis perusahaan.

Selengkapnya

Menperin: Kerja Sama Sinar Mas Group dan Cepsa Spain Dapat Perluas Pintu Ekspor

Oleh: SMART Dirilis: September 15, 2017

Sinar Mas Cepsa, perusahaan patungan antara Sinar Mas Agribusiness and Food dan Cepsa menambahkan portofolio bisnis keberlanjutannya dengan pabrik oleokimia pertama di Indonesia. Dengan investasi sebesar 300 juta euro atau setara dengan Rp 4,77 triliun rupiah, pabrik Sinar Mas Cepsa memiliki kapasitas produksi terpasang alkohol lemak atau fatty alcohol 160.000 ton per tahun dan memiliki pangsa pasar di kawasan Asia, Eropa Timur dan Eropa Barat. Pabrik Sinar Mas Cepsa secara langsung akan memberikan lapangan pekerjaan bagi 300 tenaga kerja Indonesia. Menteri Perindustrian Indonesia, Airlangga Hartarto mengatakan, “Kerja sama antara Sinar Mas Agribusiness and Food dengan Cepsa, perusahaan energi asal Spanyol ini tidak hanya dilihat dari sisi bisnis, namun dapat memperluas pintu ekspor sawit Indonesia ke pasar Eropa.”

Selengkapnya

Sinar Mas Agri Konservasi 7.000 Hektar Hutan Selama 2016

Oleh: SMART Dirilis: Juli 18, 2017

Sinar Mas Agribusiness and Food yang beroperasi dibawah Golden Agri-Resources (GAR) mengemukakan Laporan Keberlanjutan GAR 2016 dengan melakukan kemitraan perlindungan produksi dengan masyarakat setempat yang tinggal berdekatan dengan hutan yang diperuntukkan bagi konservasi sebagai kunci keberhasilan konservasi. Hingga akhir 2016, GAR telah mendapat kesepakatan untuk melindungi lebih dari 7.000 hektar hutan Ber-Stok Karbon Tinggi (HCS) pada 10 desa dan menerapkan pendekatan ini kepada semua konsesi miliknya. Selama dua tahun terakhir perusahaan telah menjaga lahan konsesinya dalam musibah kebakaran. Perusahaan akan melakukan berbagai upaya dan program-program ke depan akan membantu meningkatkan industri kelapa sawit dengan tetap menjaga lingkungan sekitar

Selengkapnya

Lebih dekat dengan biomassa

Oleh: SMART Dirilis: Juni 2, 2017

Dewasa ini bahan bakar nabati semakin populer sebagai alternatif yang lebih lestari dibandingkan dengan bahan bakar fosil karena bahan bakar nabati melepaskan gas rumah kaca yang lebih sedikit.

Ditayangkan di saluran CNBC sebagai film dokumenter dua episode, video ini menyorot fasilitas penelitian GAR/PT SMART Tbk, SMARTRI, dan upayanya untuk terus memproduksi minyak kelapa sawit yang berkelanjutan bagi dunia.

Tonton di sini Episode 1 dan Episode 2.

Ciptakan material tanam baru

Oleh: SMART Dirilis: Juni 2, 2017

Perusahaan mengembangkan material tanam kelapa sawit unggulan yang dikembangkan di pusat-pusat penelitian perusahaan, SMARTRI dan Pusat Bioteknologi perusahaan.

Bahan tanam ini, yakni Eka 2 dan Eka 2 telah terdaftar di Katalog Bibit Indonesia dan disetujui untuk dibudidayakan pada tanggal 21 April 2017 lalu oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian. Bahan tanam tersebut  memiliki rata-rata produktivitas mencapai lebih dari 10 ton per hektar per tahun.

Selengkapnya

Manajemen gudang modern abad 21

Oleh: SMART Dirilis: Maret 22, 2017 Tags:

Sistem manajemen gudang kini makin digemari seturut dengan potensinya untuk meningkatkan proses operasional perusahaan. Kode bar (barcodes) dan terutama Radio Frequency Identification (RFID) memberikan banyak kelebihan  dalam hal mengatur inventori perusahaan.

Simak bagaimana PT SMART Tbk. meningkatkan kinerja gudang unit Refinery Marunda dan mengatasi tantangan yang ada sehingga dapat meningkatkan produktivitas unit.

Selengkapnya

Investasi masa depan sektor pertanian melalui beasiswa pendidikan

Oleh: SMART Dirilis: Maret 17, 2017 Tags:

Selama satu dekade terakhir perusahaan telah banyak berinvestasi di sumber daya manusia. Tak kurang dari 1.000 beasiswa telah dibagikan ke pelajar Sekolah Menengah Atas dan Kejujuran (SMA/SMK) untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Beasiswa yang diberikan perusahaan adalah sebuah bentuk investasi bukan hanya bagi kebutuhan tenaga kerja perusahaan tetapi juga untuk masa depan sektor pertanian di Indonesia secara keseluruhan.

Selengkapnya