menu bar
close-grey

Lima sorotan utama dari Laporan Keberlanjutan GAR 2023

Posted: Jun 18, 2024 5 minute read SMART 3 Likes

Selamat atas kemajuan yang berarti dan inisiatif yang membawa dampak selama satu tahun penuh! Temukan pencapaian utama kami di bidang keberlanjutan sepanjang tahun 2023.

Daftar isi

Melacak setiap langkah: GAR catat 99 persen kemamputelusuran ke perkebunan

Kami mencapai 99 persen Kemamputelusuran ke Perkebunan (Traceability to the Plantation/TTP) untuk rantai pasok kelapa sawit di Indonesia. Hal ini merupakan prestasi besar dalam perjalanan keberlanjutan Perusahaan yang dibangun melalui upaya berkesinambungan selama bertahun-tahun sejak mengawali proyek kemamputelusuran di tahun 2015.

Saat ini kami sedang memperluas upaya kemamputelusuran ke seluruh rantai pasok global Perusahaan, baik untuk produk sawit maupun non-sawit, termasuk gula dan kedelai.

Mengapa kemamputelusuran sangat penting bagi kami?

Kemamputelusuran memudahkan pengelolaan risiko
Kemamputelusuran memberi pelanggan transparansi rantai pasok mereka
Kemamputelusuran membantu kami mengenal pemasok dan mengetahui cara terbaik untuk mendukung mereka, khususnya petani sawit
Kemamputelusuran membantu persiapan kami dalam memenuhi ketentuan perundangan mendatang, seperti Peraturan Bebas Deforestasi Uni Eropa (EUDR)

Mempersiapkan diri: Perjalanan menuju nihil emisi

Kami berkomitmen mencapai nihil emisi pada tahun 2050 dan menjaga agar kenaikan suhu global tetap di bawah 1,5°C. Komitmen ini menuntut penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) signifikan, termasuk emisi Ruang Lingkup 3, dari operasional kami maupun dari seluruh rantai pasok Perusahaan.

Pada tahun 2023, kami melakukan pendekatan komprehensif dan terstruktur dalam membangun strategi dekarbonisasi dan menyusun peta jalan untuk mengurangi emisi karbon di semua entitas utama (entitas yang minimal 50 persen sahamnya dimiliki Perusahaan).

Pendekatan kami meliputi empat bidang utama:

  • Pelaksanaan komitmen Anti Deforestasi (No Deforestation) dan Tidak Membangun di Lahan Gambut (No Peat)
  • Pelaksanaan sekuestrasi karbon dalam inisiatif penghapusan karbon
  • Menghindari pembentukan dan memanfaatkan metana
  • Energi terbarukan untuk panas dan listrik

Bagaimana berfokus pada bidang-bidang ini dapat membantu mencapai target penurunan emisi?

Komitmen Anti Deforestasi dan Tidak Membangun di Lahan Gambut

Dengan melestarikan hutan dan lahan gambut, kami meningkatkan kapasitasnya menyimpan karbon sehingga jejak karbon berkurang.

Sekuestrasi karbon

Melalui sekuestrasi karbon, yaitu proses penangkapan dan penyimpanan CO₂ di atmosfer, kami dapat mengurangi kadar CO₂ atmosfer sehingga mengurangi dampak pemanasan global.

Menghindari pembentukan dan memanfaatkan metana

Dengan menyimpan metana dan mengubahnya menjadi energi, kami mencegah gas metana memasuki atmosfer sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap energi tak terbarukan.

Transisi menuju energi terbarukan

Dengan beralih ke energi terbarukan untuk pemanasan dan listrik, kami mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang menjadi kontributor terbesar emisi GRK.

Berinvestasi pada komunitas: Bright Future Initiative dorong perubahan

Pada tahun 2023, kami meluncurkan Bright Future Initiative sebagai sebuah program kemitraan transformatif dengan masyarakat. Melalui inisiatif ini, kami bekerja sama dengan masyarakat lokal untuk memberdayakan kesejahteraan ekonomi jangka panjang, memperkuat ketahanan dan kemandirian, serta mendukung upaya konservasi yang vital.

Petani nanas di Kampar, Riau merasakan manfaat Bright Future Initiative, yang membantunya berinovasi menghasilkan produk-produk baru, mengelola usaha, dan mengakses pasar yang lebih luas

Bright Future Initiative memberdayakan komunitas dengan beragam cara:

Mengajari mereka membudidayakan tanaman pangan yang sehat dengan metode organik

Memberikan pelatihan beternak hewan dan ikan dengan cara-cara baru dan lebih baik

Membantu mereka membudidayakan tanaman yang dapat dijual dengan keuntungan besar

Mengajari mereka cara meningkatkan operasional dan manajemen usaha

Menghubungkan mereka dengan pasar yang lebih luas

Berbagi pengetahuan dalam pengembangan produk turunan

Simak pengalaman langsung salah satu anggota komunitas kami yang berpartisipasi dalam Bright Future Initiative.

Transformasi Bu Ernawati dari ibu rumah tangga menjadi peternak ayam sukses di Desa Tanjung Harapan, Kalimantan Barat, adalah bukti kekuatan komunitas. Dengan dukungan Bright Future Initiative, bersama kelompok taninya ia mencoba beternak ayam, sebuah bidang yang dulu asing baginya.

“Gagasan mendapatkan telur segar setiap hari menarik minat kami untuk membudidayakan ayam petelur. Dengan bimbingan petani berpengalaman dan dukungan sumber daya Bright Future Initiative, kami tidak hanya menguasai keterampilan praktis, tetapi juga memperoleh wawasan tentang manajemen bisnis yang efektif,” katanya.

Saat ini, ia mengelola peternakan dengan laju produksi yang mengesankan yaitu 430 telur per hari, atau setara dengan hampir 13.000 telur per bulan.

Baca kisah lengkapnya di tautan ini.

 

Mengasah keterampilan: Program Sawit Terampil untuk kesuksesan petani sawit

Program Sawit Terampil Perusahaan mengatasi kesenjangan yang dihadapi petani sawit Indonesia dalam mengakses pelatihan dan sumber daya untuk meningkatkan metode bercocok tanam mereka. Upaya ini dilakukan dengan mempertemukan petani dengan para ahli yang membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkembang.

Petani sedang memanen TBS dengan metode budidaya yang baik, sebagai salah satu keterampilan yang diajarkan dalam Program Sawit Terampil

Keberhasilan program ini sudah terbukti. Pada akhir tahun 2023, lebih dari 7.000 petani telah merasakan manfaatnya.

Proyek Sawit Terampil:
Memperkuat keterampilan >7,000petani mandiri & membantu 270petani memperoleh sertifikasi RSPO

Salah satu kelompok tersebut adalah Perkumpulan Sejahtera Pelita Nusantara (PSPN), beranggotakan 270 petani dari Aceh Utara, yang memperoleh sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) pada bulan November 2023. “Meski pencapaian 270 petani yang memperoleh sertifikasi adalah hal yang patut dibanggakan, penting untuk dicatat bahwa ini barulah permulaan. Kami akan terus membantu lebih banyak petani lagi agar siap memperoleh sertifikasi pada masa mendatang,” jelas Fauzan Kurniawan, Head of Supplier Transformation GAR.

Pelajari lebih lanjut program Sawit Terampil di sini.

Meningkatkan kepatuhan: Lokakarya tentang hak asasi manusia untuk pemasok

11 lokakarya Hak Asasi Manusia untuk pemasok yang diikuti 310 peserta
Kami berupaya keras melindungi hak-hak tenaga kerja dan hak asasi manusia dalam rantai pasok Perusahaan. Salah satu caranya adalah membantu pemasok meningkatkan kualitas kebijakan ketenagakerjaan dan Prosedur Operasional Standar (SOP) mereka.
Sesi berbagi pengetahuan untuk membekali pemasok dengan keterampilan dalam penegakan standar yang telah ditetapkan, termasuk kebijakan ketenagakerjaan

Dukungan kami meliputi pemberian pelatihan terperinci untuk mencegah penggunaan pekerja anak, dan memastikan pemasok memiliki pengetahuan memadai dalam menegakkan standar yang telah ditetapkan. Bermitra dengan pelanggan utama dan sejumlah Organisasi Masyarakat Sipil, kami mengadakan lebih dari 11 lokakarya di bidang hak asasi manusia sepanjang tahun 2022-2023, yang menjangkau lebih dari 310 peserta dari lebih dari 400 pemasok.

Dengan memberdayakan pemasok melalui berbagai sarana dan pengetahuan, kami juga membantu masyarakat lokal untuk berkembang, agar kemajuan di bidang hak asasi manusia menjadi kemajuan bagi semua pihak terkait.

 

—————-

Baca Laporan Keberlanjutan Perusahaan 2023 selengkapnya dan temukan bagaimana kami melaksanakan transformasi untuk minyak sawit yang berkelanjutan.

—————-

fb twitter linkedin mail