Ruang Berita

Lingkungan Hidup

Lima momen terbaik perusahaan tahun 2018


Setiap tahun memiliki pasang surut masing-masing dan, bagi banyak orang, resolusi tahun baru yang telah dibuat pada awal tahun lalu masih jauh dari kata tercapai hingga bulan Desember telah tiba. Selagi mempersiapkan diri menyambut tahun 2019, Sinar Mas Agribusiness and Food berfokus pada beberapa hal yang telah berjalan baik agar semakin menginspirasi dan mendorong karyawan, serta pemasok untuk terus meningkatkan upaya keberlanjutan. Inilah beberapa momen terbaik perusahaan tahun ini:

1. Mencapai 100% kemamputelusuran hingga ke perkebunan bagi pabrik kelapa sawit perusahaan

Sinar Mas Agribusiness and Food mencapai Kemamputelusuran hingga ke Perkebunan (Traceability to the Plantation / “TTP”) sepenuhnya bagi 44 pabrik kelapa sawit(PKS)-nya yang mencakup lebih dari 600.000 hektar kebun pada tahun 2018. Melalui pencapaian ini, perusahaan dapat mengidentifikasi pemasok, melatih mereka dan lebih memahami situasi yang dihadapi untuk membantu upaya keberlanjutan pemasok. Dengan mencapai TTP sepenuhnya, perusahaan lebih siap untuk membantu PKS pihak ketiga dalam mencapai TTP sepenuhnya pada 2020. Baca lebih lanjut mengenai hal tersebut di sini.


2. Melanjutkan kerja sama dengan Orangutan Foundation International (OFI)

Perusahaan mengumumkan perpanjangan kerja sama dengan Orangutan Foundation International (OFI) yang telah menjadi mitra kerja sama perusahaan dalam upaya rehabilitasi dan pelestarian orangutan sejak tahun 2011. Dalam tiga tahun ke depan, perusahaan akan melepasliarkan 60 orangutan kembali ke alam dan memperluas lingkup kerja sama dengan mengedukasi masyarakat dan siswa sekolah tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati. Temukan lebih banyak info tentang kerja sama tersebut di sini.


3. Penghargaan Singapore Apex Corporate Sustainability Awards

Pada bulan November, perusahaan meraih penghargaan untuk kategori ‘Sustainable Business’ di ajang Singapore Apex Corporate Sustainability Awards. Diselenggarakan oleh Global Compact Network Singapore, cabang dari United Nations Global Compact (UNGC), kriteria penghargaan ditentukan berdasarkan Sepuluh Prinsip UNGC yang meliputi bidang lingkungan, Hak Asasi Manusia (HAM), dan ketenagakerjaan. Perusahaan dengan bangga menerima bentuk penghargaan tertinggi atas perusahaan-perusahaan di Singapura dalam bidang Keberlanjutan.


4. Pembaharuan Standar RSPO

Meskipun ini bukan pencapaian perusahaan, namun standar baru RSPO yang ditetapkan pada 15 November lalu adalah peristiwa yang sangat penting bagi seluruh industri minyak kelapa sawit dan perusahaan merasa bangga telah menjadi bagian dari pendekatan terhadap berbagai pemangku kepentingan (multi-stakeholder approach) untuk mengarah ke tonggak pencapaian ini. Terdapat beberapa elemen baru dalam standar tersebut, seperti:

  • Penggunaan perangkat High Carbon Stock Approach (HCSA) untuk beralih ke sektor minyak kelapa sawit yang bebas deforestasi,
  • Pengembangan standar khusus tersendiri bagi petani kelapa sawit mandiri,
  • Penguatan komitmen untuk melindungi hak-hak tenaga kerja melalui daftar yang jelas tentang hal-hal yang perlu dilindungi oleh perusahaan,
  • Prosedur dan dokumen yang lebih jelas terkait hak-hak masyarakat seperti persoalan proses alokasi lahan, kerangka waktu dan hasil yang diharapkan,

Seluruh hal ini akan lebih memperkuat pembangunan sosial, pelestarian lingkungan, dan kemakmuran ekonomi di seluruh rantai nilai minyak kelapa sawit berkelanjutan.

Baca laporan karyawan kami tentang proses menjelang pemungutan suara RSPO tersebut di sini.



5. Sinar Mas Oleochemical merayakan kesuksesannya selama 25 tahun

Pada bulan September 2018, bisnis produksi oleokimia perusahaan, Sinar Mas Oleochemical, merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tahun.

Sinar Mas Oleochemical telah memainkan peran penting dalam perkembangan dan diversifikasi bisnis perusahaan. Bermula dari usaha patungan dengan empat perusahaan lainnya pada 1993, Sinar Mas Oleochemical telah berkembang menjadi perusahaan global yang melayani konsumen di seluruh dunia melalui produk oleokimia berbahan dasar minyak kelapa sawit yang bermutu tinggi, mudah terurai secara biologis, dan terbarukan.

Pelajari lebih lanjut tentang penawaran produk oleokimia  di sini.

Untuk informasi lebih banyak tentang perjalanan perusahaan menuju produksi minyak sawit berkelanjutan, silakan berlangganan newsletter perusahaan di sini.

| | |