Ruang Berita

Teknologi dan R&D

Lima capaian utama Golden Agri-Resources/Sinar Mas Agribusiness and Food di tahun 2017


“Sebagai perusahaan agribisnis terdepan, keberlanjutan merupakan bagian penting dari bisnis kami yang tidak terpisahkan. Hal ini bukan sebuah pilihan, namun suatu keharusan dalam berbisnis. Agar kami dapat terus membudidayakan kelapa sawit di berbagai wilayah tempat kami beroperasi di seluruh Indonesia, GAR harus menjaga lingkungan serta menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat di sekitar area tersebut.”-  Chairman dan CEO Golden Agri-Resources (GAR) Franky Widjaja.

Tahun 2017 merupakan tahun yang mengesankan bagi perjalanan keberlanjutan GAR/Sinar Mas Agribusiness and Food. Kami telah mencapai berbagai hasil positif dan terus mengupayakan inisiatif keberlanjutan baru yang lebih baik untuk memberikan manfaat bagi industri ini. Masih banyak hal yang perlu kami lakukan di tahun 2018, baik bagi operasi kami sendiri maupun bagi rantai pasok kami dalam upaya perusahaan berbagi pengalaman dan pemahaman mengenai produksi kelapa sawit berkelanjutan. Berikut ini lima capaian utama kami di tahun 2017:

      1. Dow Jones Sustainability Indices 2017

        GAR mendapatkan pengakuan atas kepemimpinannya dalam keberlanjutan di industri minyak kelapa sawit dengan masuk dalam Dow Jones Sustainability Indices (DJSI) 2017 (Asia Pasifik). Ini adalah kali pertama GAR masuk dalam indeks keberlanjutan terkemuka di dunia sejak DJSI diluncurkan tahun 1999 lalu. GAR menjadi satu-satunya perusahaan minyak kelapa sawit Asia Tenggara dalam sektor Makanan, Minuman dan Tembakau di Asia Pasifik dan tercatat menjadi salah satu dari lima perusahaan yang terdaftar di bursa efek Singapura dalam indeks tersebut. Untuk informasi selengkapnya, baca di sini.

      2. Sustainable Business Awards Indonesia 2017

        GAR/Sinar Mas Agribusiness and Food berhasil meraih penghargaan Sustainable Business Awards Indonesia 2017 untuk kategori “Tata Guna Lahan, Keanekaragaman Hayati, dan Lingkungan” selama dua tahun berturut-turut. Kami memenangkan anugerah ini berkat program Desa Makmur Peduli Api, yang telah berhasil memberdayakan masyarakat setempat, mencegah kebakaran hutan dan lahan, serta meningkatkan ketahanan pangan untuk delapan desa di Kalimantan Barat dan sembilan desa di Jambi. Cari tahu lebih banyak tentang pemenang lainnya di sini.

      3. Best Green CEO 2017 (Kategori Perkebunan) – Daud Dharsono

        Direktur Utama Sinar Mas Agribusiness and Food Daud Dharsono meraih penghargaan Best Green CEO 2017 (Kategori Perkebunan) dalam penghargaan Warta Ekonomi “Social Business Innovation and Green CEO 2017”. Para pemenang dipilih berdasarkan penilaian terhadap praktik-praktik berkelanjutan perusahaan yang sejalan dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Untuk info lebih lanjut tentang penghargaan tersebut, simak di sini.

      4. Peluncuran terobosan material tanam Eka 1 dan Eka 2

        Pada Mei 2017, kami meluncurkan terobosan material tanam kelapa sawit dengan produktivitas tinggi bernama Eka 1 dan Eka 2. Melalui program bioteknologi yang mutakhir, kedua material ini dikembangkan di pusat penelitian perusahaan, SMART Research Institute (SMARTRI) dan SMART Biotechnology Centre. Terdaftar di Katalog Bibit Indonesia dan telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, bahan tanam tersebut berpotensi meningkatkan produktivitas ke level tertinggi dalam industri ini tanpa menambah luas areal lahan. Pelajari lebih lanjut tentang bibit tanam Eka 1 dan Eka 2 di sini.

      5. Peresmian pabrik oleokimia berbasis minyak kelapa sawit pertama Sinar Mas Cepsa di Indonesia

        Sinar Mas Cepsa adalah perusahaan patungan milik Sinar Mas Agribusiness and Food dan Cepsa, sebuah perusahaan energi terpadu yang terdepan di dunia dalam produksi alkilbenzena linier. Peresmian pabrik oleokimia pertama ini dilakukan di Dumai, Indonesia. Pabrik senilai Rp 4,77 Triliun ini memproduksi alkohol lemak dari minyak inti sawit berkelanjutan sebagai bahan utama untuk pembuatan produk sehari-hari seperti pembersih rumah tangga dan produk perawatan pribadi. Untuk informasi selengkapnya, baca di sini.

| | |