Ruang Berita

Lingkungan Hidup

Laporan Keberlanjutan melibatkan kontribusi luar biasa dari karyawan


Seperti tahun yang sudah-sudah, masa seperti sekarang adalah waktu di mana saya bisa bernapas lega setelah Laporan Keberlanjutan (SR) rampung dan diterbitkan. Biasanya, SR memuat sekumpulan besar data dan pembaruan informasi terkait komitmen keberlanjutan Perusahaan. Namun, tahun ini saya ingin menyoroti beberapa kontribusi istimewa dari para staf perusahaan.

SR2020 mencantumkan fitur khusus berjudul “Nature in the Palm Oil Industry (Alam dalam Industri Minyak Kelapa Sawit). Bagian ini menampilkan sejumlah foto terpilih yang diambil oleh staf lapangan di kebun, lingkungan masyarakat, area konservasi, pabrik kelapa sawit (PKS), dan kantor. Foto-foto tersebut merupakan hasil karya peserta lomba foto yang diadakan tahun lalu bagi karyawan Perusahaan di semua lini operasional.

Sebagai editor “Kami memiliki gagasan untuk mengadakan lomba foto sebagai cara melibatkan karyawan dalam kegiatan santai yang menyenangkan, khususnya di tengah pandemi yang benar-benar menyita energi ini. Respons yang masuk begitu luar biasa, dan membuat kami kebanjiran ratusan foto. Foto-foto tersebut menyajikan pemandangan unik tentang Perusahaan dan kegiatan lapangan dari sudut pandang karyawan,” ujar Karen.

Kupu-kupu cantik hinggap di atas bunga berwarna merah muda
Antigonon leptopus, atau bunga air mata pengantin, tumbuhan yang ikut menjaga keseimbangan antara hama dan pemangsa serta dapat mengurangi kebutuhan penggunaan bahan kimia; karya Ricki Hamdani Sinaga

Pengawas area konservasi mengabadikan banyak foto menarik dan menakjubkan tentang katak, kupu-kupu, burung, ular, serangga, bunga, dan tumbuhan lain (selain pohon kelapa sawit tentunya) yang beraneka warna. Beberapa di antaranya bisa dilihat dalam fitur spesial tersebut. Bagi saya, inilah bukti bahwa meski banyak beredar anggapan buruk tak berdasar tentang perkebunan kelapa sawit sebagai penyebab kerusakan habitat dan ekosistem berskala besar, pelestarian keragaman hayati dan konservasi hutan bukan hal mustahil dan saat ini sedang berlangsung di lapangan.

Katak bertengger di atas setangkai daun di area konservasi
Satwa unik yang tampak saat pemantauan area NKT (Nilai Konservasi Tinggi) oleh Nugroho Prasetyo Winasis

Keberhasilan konservasi hutan dan keanekaragaman hayati
Sesuai data terkini Perusahaan, saat ini kami terlibat langsung maupun tak langsung dalam upaya menggalakkan perlindungan dan pelestarian kawasan konservasi seluas lebih dari 220.000 hektar. Kawasan ini mencakup kawasan Stok Karbon Tinggi (SKT) dan Nilai Konservasi Tinggi (NKT) yang terdiri dari hutan-hutan di dalam konsesi kami, area konservasi pemasok, dan area yang telah disisihkan sebagai wilayah konservasi oleh masyarakat yang bekerja sama dengan Perusahaan. Inilah bukti komitmen kami terhadap konservasi yang berkesinambungan sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG). Fakta ini juga merupakan indikator keberhasilan kerja sama Perusahaan dengan mitra dan kolaborator selama bertahun-tahun.

Secara khusus, Perusahaan boleh berbesar hati karena dapat melaporkan bahwa banyak keberhasilan telah dicatat dalam upaya kami membantu pemasok guna memperkuat dan menuangkan kebijakan No Deforestation, No Peat, and No Exploitation (NDPE) dalam aturan formal. Sejak awal kerja sama dengan pemasok, sedikitnya 17 pemasok telah melakukan penilaian SKT dan NKT yang mewajibkan mereka meningkatkan upaya terkait alokasi sumber daya untuk mewujudkan tujuan tersebut. Inilah sebagian dari apa yang kami sebut sebagai “transformasi rantai pasok” yang sedang diupayakan bersama pemetaan keseluruhan rantai pasok Perusahaan. Kami telah mencapai 90% Kemamputelusuran hingga ke Perkebunan (Traceability to the Plantation/TTP) penuh untuk keseluruhan rantai pasok minyak kelapa sawit pada akhir tahun 2020 dan 94% pada triwulan pertama 2021. Hal ini melibatkan pendaftaran lebih dari 100.000 petani kelapa sawit dalam program Ksatria Sawit yang bertujuan meningkatkan TTP di kalangan pemasok Tingkat 2. Semua ini akan membantu Perusahaan  merangkul lebih banyak pemasok seperti petani kelapa sawit agar lebih bertanggung jawab dan menjadi produsen lestari, yaitu produsen yang memahami dan menerapkan prinsip konservasi hutan dan keanekaragaman hayati.

TTP untuk rantai pasok minyak kelapa sawit Perusahaan juga terdampak pandemi
Pencapaian 90% TTP di akhir 2020 untuk PKS milik Perusahaan dan PKS pihak ketiga.

Foto-foto yang tersaji dalam fitur SR2020 menunjukkan hal yang bertentangan dengan anggapan umum.Perkebunan kelapa sawit bukanlah gurun tanaman monokultur tanpa kehadiran beragam hewan, serangga, maupun tumbuhan lainnya. Sebaliknya, foto-foto tersebut mengungkapkan masih banyak spesies yang hidup dan dilindungi di sana berkat komitmen Perusahaan terhadap kelestarian yang terus diupayakan sekuat tenaga di seluruh rantai pasok kami.

Sebagai penutup, dengan gembira saya dapat menambahkan bahwa lomba foto ini mungkin akan menjadi kegiatan tahunan karena tingginya minat dan permintaan dari para staf. Saya berharap dapat menampilkan lebih banyak foto menarik yang diambil dari lapangan oleh staf kami yang menunjukkan kebanggaan terhadap karya dan tempat kerja mereka.

Kunjungi akun Instagram perusahaan untuk melihat seluruh karya peserta lomba foto.



Lim Shu Ling
Tentang penulis:
Lim Shu Ling telah bekerja di GAR sejak tahun 2015. Beliau bertanggung jawab dalam penyusunan dan publikasi Laporan Keberlanjutan (SR) Perusahaan setiap tahun. Di samping itu, beliau menangani pelaporan mengenai lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental, Social and Governance/ESG) GAR dan menyampaikannya di bebagai platform internasional seperti DJSI, FTSE4Good, CDP, Sustainalytics, SPOTT, dan lainnya. Bersama Investor Relations and Finance, beliau memberikan arahan terhadap pemangku kepentingan finansial tentang performa ESG GAR.
| | |