menu bar
close-grey

Laporan Keberlanjutan 2023 – Pesan dari Chairman

Posted: Jun 03, 2024 6 minute read SMART

Setelah tahun 2022 yang luar biasa, kami menunjukkan ketangguhan dan mencapai hasil solid pada tahun anggaran (TA) 2023.

Kinerja ini membuktikan kemampuan kami dalam menghadapi kompleksitas industri sawit, yang antara lain meliputi fluktuasi harga Minyak Sawit Mentah (Crude Palm Oil/CPO), cuaca yang tak terduga, kondisi geopolitik yang dinamis, dan perlambatan ekonomi global. Fokus strategis untuk mengoptimalkan margin di seluruh rantai nilai menjadi kunci keberhasilan kami, sehingga memperkuat ketahanan arus kas serta neraca Perusahaan.

Normalisasi harga minyak sawit dan penurunan output berdampak pada kinerja bisnis perkebunan. Kendati dihadapkan pada tantangan tersebut, kami mampu mencatatkan margin EBITDA yang sehat yaitu 24 persen atau setara USD 478 juta pada TA 2023. Perkebunan kami membukukan output produk sawit sebesar 2,94 juta ton, sedikit turun karena area lahan menghasilkan berkurang yang dipicu oleh kegiatan peremajaan tanaman dan tingginya curah hujan di awal tahun.

Walaupun begitu, produktivitas sawit kami mencapai 5,3 ton per hektar dan menjadi salah satu yang tertinggi di industri ini. Untuk menjaga pertumbuhan produksi perkebunan, perkebunan kami akan terus diremajakan melalui penanaman kembali dengan bahan tanam generasi baru berproduktivitas tinggi.

Memanfaatkan skala dan kemajuan teknologi dalam pertanian presisi masih tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi jangka panjang Perusahaan.

2.94 juta ton output produk sawit atau 5.3 ton per hektar
Operasional downstream tetap menunjukkan kinerja yang kuat dan memberikan kontribusi signifikan terhadap EBITDA terkonsolidasi. Dengan memanfaatkan fasilitas pemrosesan terpadu, kapasitas distribusi global, portofolio produk yang luas dan beragam, serta basis pelanggan yang besar, Perusahaan berhasil meningkatkan volume penjualan hingga ke lebih dari 100 negara. Dengan perolehan margin EBITDA yang solid sebesar 5,3 persen atau US$507 juta, segmen downstream mempertegas ketahanan dan adaptabilitasnya terhadap kondisi pasar yang terus berubah.

Peningkatan berkesinambungan dalam keberlanjutan

Kami memfokuskan upaya keberlanjutan kami pada tiga bidang utama: mengatasi risiko perubahan iklim, mendukung sektor kelapa sawit berkelanjutan melalui kemamputelusuran dan peningkatan kapasitas, serta mendukung pengembangan ekonomi masyarakat.

Mengatasi risiko perubahan iklim

Kemamputelusuran dan peningkatan kapasitas

Pengembangan ekonomi masyarakat

Demi kemajuan berkesinambungan, kami bergabung dengan Dewan Bisnis Dunia untuk Pembangunan Berkelanjutan (World Business Council for Sustainable Development/WBSCD) sebagai jaringan global yang terdiri dari 200 perusahaan yang berkomitmen untuk bertransisi menuju dunia yang lebih berkelanjutan. Hal ini akan memudahkan kami untuk belajar dari praktik terbaik serta berbagi perspektif sebagai perusahaan-perusahaan agribisnis di Asia.

Perusahaan akan berkontribusi pada Jalur Pertanian & Pangan (Agriculture & Food Pathway) dengan tujuan menggalakkan kerja sama di sektor tersebut dan mendukung alur kerja Penghidupan yang Berkeadilan (Equitable Livelihoods). Kami bertujuan mendukung terciptanya sistem pertanian dan pangan yang berkembang dan tangguh yang mendorong mata pencaharian yang adil bagi seluruh pekerja, dan menempatkan kesejahteraan petani sebagai inti sistem pangan.

Kami menyadari bahwa tindakan terkait perubahan iklim tidak hanya suatu keharusan, tetapi juga krusial bagi masa depan bisnis dan industri Perusahaan. Kami berkomitmen untuk mencapai emisi nol pada tahun 2050 dan berjanji untuk berupaya membatasi pemanasan global hingga 1,5°C. Sasaran ini menuntut pengurangan emisi GRK secara signifikan dari operasional Perusahaan dan emisi Lingkup 3 pada rantai nilai kami.

“Kami menyadari bahwa tindakan terkait perubahan iklim tidak hanya suatu keharusan, tetapi juga krusial bagi masa depan bisnis dan industri Perusahaan. Kami berkomitmen untuk mencapai emisi nol pada tahun 2050 dan berjanji untuk berupaya membatasi pemanasan global hingga 1,5°C.”

Perusahaan telah bersikap proaktif dalam mendukung Peta Jalan Sektor Pertanian menuju 1,5°C pada ajang COP27. Peta jalan ini merupakan sarana strategis yang dirancang untuk mempercepat upaya yang dilakukan saat ini di sektor komoditas pertanian untuk memerangi deforestasi. Selaras dengan peta jalan tersebut, seluruh volume produksi minyak sawit kami telah berada di jalur yang tepat untuk memenuhi kriteria kategori “Delivering” dalam Kerangka Pelaporan Implementasi NDPE (NDPE Implementation Reporting Framework) pada tahun 2025.

Kami sedang dalam tahap finalisasi strategi dan peta jalan dekarbonisasi untuk semua entitas yang minimal 50 persen kepemilikannya dipegang Perusahaan. Sebagai bagian dari upaya tersebut, kami juga telah memetakan jejak emisi karbon di seluruh Lingkup 1, 2, dan 3.

99 persen Kemamputelusuran ke Perkebunan (TTP) untuk rantai pasok sawit di Indonesia
Dengan bangga dapat saya laporkan bahwa kami telah mencapai 99 persen Kemamputelusuran ke Perkebunan (Traceability to the Plantation/TTP) pada rantai pasok sawit Perusahaan di Indonesia. Melalui kerja keras dan investasi di bidang teknologi, kami telah berhasil memetakan seluruh rantai pasok sawit Perusahaan di Indonesia. Kami juga telah memulai proses penelusuran produk-produk sawit maupun non-sawit pada rantai pasok global kami. Perusahaan akan memanfaatkan banyaknya pengalaman yang telah diperoleh menyangkut dukungan dan keterlibatan pemasok untuk memastikan semua pemasok kami selaras dengan komitmen keberlanjutan Perusahaan. Pencapaian ini sangat penting bagi kemampuan untuk menawarkan produk yang dihasilkan secara bertanggung jawab kepada pelanggan. Hal ini juga menempatkan Perusahaan pada posisi yang tepat dalam menanggapi regulasi pasar tujuan yang akan datang, seperti Regulasi Bebas Deforestasi Uni Eropa atau EU Deforestation Free Regulation (EUDR).
Memetakan seluruh rantai pasok sawit kami agar asal-usul produk dapat ditelusuri melalui TTP
117 desa dalam program bebas kebakaran: Desa Makmur Peduli Api (DMPA)
Meski risiko kebakaran meningkat pada tahun El Niño, langkah-langkah proaktif kami dan strategi pencegahan kebakaran yang ketat berhasil membatasi dampak kebakaran pada operasional Perusahaan. Kami menyadari bahwa masyarakat sekitar membutuhkan dukungan dalam mengatasi dan mencegah kebakaran, sehingga kerja sama jangka panjang dengan mereka pun terus diperluas melalui program Desa Makmur Peduli Api. Saat ini, 117 desa telah terdaftar di dalam program ini, yang memberikan pelatihan bagi masyarakat lokal untuk mencegah dan memadamkan kebakaran serta mendapatkan edukasi tentang bahaya kebakaran dan kabut asap.
Peran serta dalam pencegahan kebakaran jangka panjang melalui Desa Makmur Peduli Api (DMPA)
>100 desa dengan
>160 proyek Bright Future Initiative
Bright Future Initiative, yang bertujuan mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, terus memberi dampak positif dan berfokus pada peningkatan penghidupan serta pengembangan usaha masyarakat. Perusahaan telah mendirikan lebih dari 160 proyek di lebih dari 100 desa di seluruh operasionalnya di Indonesia, meliputi pertanian sayur organik, peternakan, dan budidaya tanaman komersial. Kami juga membantu meningkatkan keterampilan masyarakat lokal dan membantu memasarkan produk bernilai tambah yang berasal dari proyek-proyek tersebut guna meningkatkan pendapatan mereka. Hal ini juga membantu membangun ketahanan masyarakat lokal dengan menciptakan diversifikasi ekonomi dan peluang yang lebih besar bagi mereka.

Pencapaian-pencapaian ini menunjukkan komitmen Perusahaan terhadap keberlanjutan, praktik bisnis yang bertanggung jawab, dan keterlibatan dengan masyarakat. Harapan terhadap agribisnis agar beroperasi secara berkelanjutan dan bertanggung jawab terus berubah dan berkembang, dari standar yang bersifat sukarela pun menjadi persyaratan regulasi yang perlu dipenuhi. Komitmen dan investasi kami pada aspek keberlanjutan yang telah berlangsung sekian lama telah mempersiapkan Perusahaan dengan baik untuk menghadapi perubahan ini.

Budidaya tanaman komersial
Budidaya tanaman komersial – salah satu keterampilan yang diajarkan di Bright Future Initiative untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat

“Harapan terhadap agribisnis agar beroperasi secara berkelanjutan dan bertanggung jawab terus berubah dan berkembang, dari standar yang bersifat sukarela pun menjadi persyaratan regulasi yang perlu dipenuhi. Komitmen dan investasi kami pada aspek keberlanjutan yang telah berlangsung sekian lama telah mempersiapkan Perusahaan dengan baik untuk menghadapi perubahan ini.”

Upaya berkesinambungan kami juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) PBB, terutama tujuan yang terkait dengan Tanpa Kelaparan (SDG2), Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (SDG12), Ekosistem Daratan (SDG15), dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (SDG17).

Melangkah maju dengan keyakinan

Seiring langkah maju kami, teknologi dan keberlanjutan menjadi landasan dalam upaya mencapai keunggulan. Perusahaan menyadari pentingnya memanfaatkan kekuatan transformatif teknologi untuk mendorong efisiensi, melahirkan inovasi, dan mendorong kami menuju ranah pertumbuhan baru. Selain itu, keberlanjutan tidak hanya pilihan ramah lingkungan, tetapi juga merupakan investasi strategis bagi masa depan, sehingga memperkuat posisi kami di pasar dan memastikan profitabilitas jangka panjang. Kami percaya bahwa Perusahaan bisa berkinerja baik sekaligus berbuat baik. Perjalanan kami menuju masa depan yang berkelanjutan pun terus berlanjut, dan kami berterima kasih atas dukungan pemegang saham, karyawan, dan para mitra dalam upaya bersama ini.

—————-
Jelajahi Laporan Keberlanjutan GAR 2023 secara lengkap dan kenali bagaimana kami mengubah industri kelapa sawit menjadi lebih berkelanjutan.
—————-

fb twitter linkedin mail