Ruang Berita

Teknologi dan R&D

Keamanan konsumsi makanan bukanlah hal mudah


Punjung Renjani, Ahli Teknologi Pangan, 28 tahun, Marunda

“Sebagai seorang ahli teknologi pangan untuk Sinar Mas Agribusiness and Food, saya melakukan pengembangan produk, khususnya untuk produk margarin dan shortening. Kedua produk ini menggunakan bahan baku dari minyak kelapa sawit yang biasa digunakan dalam pembuatan aneka pastry dan kue.

Saya bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas produk kami. Perbaikan ini dapat dilakukan dalam berbagai aspek mulai dari kinerja, rasa dan kebutuhan nutrisi. Kami melakukannya dengan mengembangkan formula atau kondisi proses selama tahap produksi. Kami juga bekerja dalam menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan kami. Misalnya, bila ada kekhawatiran dari segi kesehatan tentang asam lemak trans, kami mereformulasikan kembali produk kami untuk menghilangkan semua asam lemak trans tanpa mengesampingkan kualitasnya.

Punjung meningkatkan kualitas produk margarin dan shortening.

Bekerja untuk pengoptimalan produk seperti ini biasanya dimulai dari laboratorium, di mana penelitian dan pengajian-pengajian awal dilakukan. Setelah berhasil, kami akan mencobanya lalu menerapkannya dalam skala yang lebih besar dengan bantuan tim Riset dan Pengembangan. Bagian penting lain dari pekerjaan saya adalah memantau perkembangan produk baru sampai proses evaluasi, dimana proses tes aplikasi produk, daya simpan, dan stabilitas produk dilakukan. Kami juga melakukan evaluasi sensoris pada tahap akhir, di mana, sesuai namanya, kami mengevaluasi produk akhir melalui tampilan visual, rasa, aroma dan teksturnya.

Bagian yang saya sukai dari pekerjaan saya adalah belajar tentang pengembangan dan komposisi rasa untuk memenuhi selera konsumen. Salah satu proyek yang paling saya banggakan dalam lima tahun terakhir adalah mengoptimalkan rasa yang digunakan untuk membuat margarin dan mentega. Pada awalnya terdapat sebanyak 25 rasa yang dipasok oleh sembilan kelompok rasa (flavor house). Ini menjadi tugas yang rumit untuk dilaksanakan, jadi kami menyederhanakannya menjadi tiga kelompok rasa untuk memberikan profil rasa yang serupa. Melalui kerja sama dengan flavor house, kami bekerja untuk mencocokkan rasa baru dengan yang asli, dan mencapai hasil yang positif dari 20 rasa, proses yang optimal, dan penghematan biaya yang signifikan.

Punjung di laboratorium.

Saya sangat menikmati peran saya sebagai wanita karir dan saya terus belajar bagaimana mengatur waktu saya dengan lebih bijak untuk menikmati keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Meski terkadang terasa melelahkan, saya yakin apa yang saya lakukan sangat berarti – membuat produk makanan lebih sehat untuk dikonsumsi adalah pekerjaan unik dan membutuhkan tanggung jawab yang besar.”

Klik di sini untuk membaca lebih banyak cerita luar biasa dari keseharian mereka yang mengubah industri minyak kelapa sawit.

| | |